Cara Mengatasi Canon MP237 Eror E03 Paper Jamed

Printer Canon MP287 merupakan salah satu printer All in One keluaran Perusahaan Canon yang laris manis di pasaran, dengan harga yang terjangkau dan multi fungsi serta kwalitas mesin yang lumayan awet serta teknik penyervisan yang dibilang paling gampang bila dibandingkan merk printer lain membuat printer ini memiliki daya tarik sendiri.


Seperti pada umumnya dan sudah menjadi hukum alam, suatu alat elektronik apabila digunakan secara terus menerus sudah pasti akan mengalami namanya kerusakan. Kali ini kasusnya adalah Printer Canon MP287 yang eror paper jame dengan notifikasi kode E03 serta pada dekstop muncul notifikasi paper jamed ketika digunakan untuk mencetak.


Kasus eror E03 seperti ini jika admin telusuri searching google kebanyakan memvonis printer sudah saatnya direset menggunakan sofware resetter. Namun setelah Admin coba praktekkan ternyata cara ini gagal dan tidak mengatasi masalah E03. 

Ketika printer sudah masuk mode save mode dan sofware resetter dijalankan, Aplikasi Resetter seperti hank dan blank kemudian apabila ditunggu beberapa saat akan muncul notifikasi Eror code 006. Ini berarti kerusakan printer bukan diakibatkan oleh penuhnya memory mmc Ink Absorber Counter melainkan disebakan oleh kerusakan pada komponen lain.


Biasanya Eror Paper Jamed diakibatkan oleh Rusaknya Sensor Kertas, Maka dari itu kita harus mengganti sensor kertas yang berada di dalam unit case printer, lebih tepatnya diarea bawah scanner. Langsung saja mari kita bongkar case printer Canon MP287nya.




Buka cover penutup bagian belakang priner dengan membuka dua buah buat dan menarik ke atas diiringi sedikit congkelan pengait pada area tengah bawah case.


Buka Case penutup Tombol Control Printer dengan mencongkel atau menarik bagian tepinya ke atas


Buka Case penutup saming Kanan dengan menariknya secara perlahan dan melepaskan beberapa pengait pengunci yang ada di area bawah case printer.


Buka Case penutup samping kiri seperti cara sebelumnya, lepaskan beberapa pengunci pengait yang ada di area bawah case printer.


Lepaskan dua buah baut pengunci Box scanner yang ada di kiri dan kanan


Lepaskan konektor kabel Flexibel Scanner dan tombol Control Panel Printer, kemudian lepaskan panel control printer.


Lepaskan dua buah baut pengunci case Box scanner yang berada di bagian depan kiri dan kanan kemudian angkat box scanner


Lepaskan Sensor Kertas yang bermasalah dan ganti dengan sensor kertas yang baru atau bisa diambil dari kanibalan printer canon lain.


Untuk lebih jelasnya berikut ini penampakan sensor kertas Canon MP287


Sekarang saatnya test, jangan langsung memasang cover printer kembali sebelum dilakukan test. Hal ini untuk menghindari bongkar pasang case yang unfaedah. Pasang kembali kabel fleksibel Scanner dan Tombol Control Panel Printer ala kadarnya yang peting bisa terhubung.


Hidupkan Printer, Ketika Printer menyala secara otomatis Rumah Head Printer akan bergerak ke tengah, hal ini karena tidak terpasangnya scanner sebagaimana mestinya sehingga pelatuk indikator scanner terdeteksi dibuka.


Untuk mengatasinya ganjal lobang pelatuk, dengan benda apa saja untuk menekannya, misalnya disini kita ganjal dengan tissue.


Sekarang Posisi Head sudah berada di sebelah Kanan, dan printer siap untuk ditest mencetak dokumen


Tara.....aaa...printer sudah kembali normal status displai menunjukkan Angka 1, tanpa adanya Eror E03 dan dapat mencetak dokumen sebagaimana mestinya.

Demikianlah Tutorial Cara Mengatas Problem Eror Printer Canon MP287 eror Code E03 Paper Jamed yang tidak bisa direset ulang. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa untuk berkunjung kembali di lain waktu.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.