Cara Menghilangkan ?m=1 dan ?m=0 pada Url Blog

Pernahkah kalian melihat perbedaan antara hasil Url suatu halaman Blog yang diakses melalui Windows (Komputer & Laptop) dengan Url halaman Blog yang diakses melalui Handphone Android pada adressbar browser? 

Taukah kalian? jika ternyata Url dari suatu blog apabila diakses menggunakan kedua system perangkat tersebut di atas mengalami perbedaan? Jika belum atau tidak tahu maka cobalah cek, maka kalian baru akan sadar bahwa hal tersebut benar-benar terjadi adanya. 

Semua halam blog atau website yang secara default dengan belum adanya modifikasi mengenai hal ini pada kode HTML template apabila diakses menggunakan perangkat handphone Android maka pada ujung url blog yang tampil pada Adressbar sudah dapat dipastikan terdapat kode ?m=1 atau ?m=0. 



Berdasarkan informasi yang Admin dapatkan ternyata hal tersebut merupakan suatu masalah, karena dapat mempengaruhi kecepatan loading suatu blog ketika diakses oleh perangkat android. Sayangnya sumber referensi tidak menyebutkan secara detail bagaimana pengaruh dari kode tersebut dan mengapa bisa terjadi secara detail.

Untuk mengatasi hal tersebut di atas kita perlu melakukan sedikit setting pada Kode HTML template dengan menambahkan Source Kode Khusus pada code HTML Template. 

Buka halaman Dasboard Blogger, pilih menu Tema kemudian pilih Edit HTML. Cari kode </head>  untuk memudahkan dalam proses pencarian gunakan filture pencarian dengan menekan kombinasi tombol keyboard CTRL + F. 

Setelah kode </head> kalian temukan, pastekan kode dibawah ini tepat diatas kode </head> 
 
<script type='text/javascript'>
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("%3D","%3D") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("%3D"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("%3D%3D","%3D%3D") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("%3D%3D"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("&amp;m=1","&amp;m=1") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("&amp;m=1"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
</script>


Klick Simpan untuk menerapkan. 



Sekarang coba kalian test Akses halaman Blog kalian menggunakan Browser Handphone Android, dan lihat hasilnya pada ujung Url halaman sudah tidak lagi muncul kode ?m=1 atau ?m=0. 

Semoga saja dengan metode ini, blog kita benar-benar menjadi bertambah fast loading dan SEO tentunya. Jangan lupa like atau share jika dirasa bermanfaat, akhir kata Terima Kasih telah berkunjung.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.