Cara membuat saluran pembungan tinta epson L120

Jumpa lagi di new tutorial Blog Wahana Belajar dan Berbagi, terima kasih telah berkunjung kali ini admin mau bagi-bagi cara bagaimana membuat pembuangan tinta epson L120. Buat sobat bloger mungkin ada yang belum tahu apa si fungsi dari pembuatan pembuangan tinta sebuah printer?

Tujuan utamanya adalah agar tinta hasil cleaning atau tinta buangan dari sebuah printer dimodivikasi sedemikian rupa sehingga tidak lagi menggunakan box penampung buangan tinta bawaan printer (dibuat saluran pembuangan keluar), lalu kenapa harus dibuat sementara sebelumnya sudah ada tempat penampung pembuangan tinta di dalam unit printer itu sendiri?

Sebuah printer meski sudah ada tempat penampung buangan tinta dengan adanya beberapa unit busa resapan pasti suatu saat busa tersebut lama kelamaan tidak akan bisa menampung lagi banyaknya tinta buangan yang makin hari makin bertambah volumenya sehingga mengakibatkan lubernya tinta buangan ke luar dari area resapan. Sudah barang tentu hal tersebut akan menjadi suatu masalah, selain buangan tinta akan luber kemana-mana bahkan sampai ke area cetak dan lebih parahnya lagi jika lubernya tinta buangan tersebut mengenai unit mainboard printer bisa-bisa printer akan mengalami konsleting yang mengakibatkan rusaknya mainboard printer itu sendiri.

Membuat pembuangan tinta sebuah printer tidak terlalu sulit, bahkan bisa dibilang mudah. Sobat blogger tidak perlu membawa printer ke Tukang Service, bisa dikerjakan sendiri tanpa harus mengeluarkan uang service.



Kebetulan beberapa hari kemaren admin dapet job diatas, Yuk... langsung saja kita praktekin ikuti step by stepnya hasil dokumentasi kerjaan admin.

Langkah pertama siapkan unit printer yang akan dibongkar, lepaskan 2 unit baut yang ada di bagian atas body printer



Langkah Kedua lepaskan baut Printer yang posisinya ada dibelakang, seperti gambar di bawah ini



Langkah Ketiga Lepaskan 2 baut yang ada di sisi kanan dan kiri cover tabuanag tinta, lalu buka cover tabung tinta dengan sedikit menekan lock yang ada di bagian sisi kanan kiri bagian bawah printer.



Langkah Keempat lepaskan dua baut yang ada di sisi kanan dan kiri tabung tinta bagian bawah




Langkah Kelima silahkan sobat blogger sambung selang tinta buangan yang berwarna hitam dengan sehelai selang infus modivikasi atau bisa selang lain yang sesuai ukurannya.



Langkah Terakhir pasang cover printer seperti sedua kala dan jangan lupa sebelum dipasang buatlah lobang pada cover printer yang telah dilepas untuk mengeluarkan selang tinta buangan seperti gambar berikut ini:



Mudah sekali kan sobat blogger, jangan lupa like coment dan share agar lebih bermanfaat

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.