Salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya kecepatan load halaman website diantaranya adalah adanya atau banyaknya gambar pendukung dalam sebuah konten postingan. Sementara gambar-gambar tersebut ketika ditambahkan dalam postingan tidak terlebih dahulu dilakukan optimasi ukuran size (Penurunan Size Gambar).

Efeknya gambar dengan size yang lumayan besar akan memberikan efek buruk menurunnya kecepatan akses halaman karena besarnya beban load halaman. Sementara google menyatakan bahwa halaman yang dimuat lebih dari 2.5 termasuk dalam kategori lambat dan tidak Mobile SEO Friendly.

Pada postingan ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara memperkecil ukuran size gambar postingan agar tidak terlalu memberikan beban load pada halaman blog home page maupun konten sehingga mobile seo friendly. Yaitu dengan cara mengubah ektensi gambar dari JPG atau PNG ke ekstensi Webp. Untuk saat ini gambar dengan ekstensi Webp merupakan gambar dengan size paling kecil dan ringan namun resolusinya tetap baik meskipun telah mengalami penurunan ukuran size gambar.

Salah satu alat atau converter  yang dapat diandalkan adalah nsspot.herokuapp.com. Yaitu sebuah website converter gambar masal ke webP. Untuk converter gambar JPG dan PNG ke webP yang offline berbentuk software saya belum menemukannya. Jadi disini untuk menconvert gambar ke webP harus secara online.

Kunjungi situs nsspot.herkuapp.com, akan muncul halaman converter image, anda dapat mengimpor gambar melalu Google Drive atau add secara manual melalui drive computer.

Input gambar yang akan anda convert melalui menu Choose Files, anda bisa memasukkan banyak gambar sekaligus dan mengconvertnya dalam satu kali kerja.

Menu Konversikan file ini untuk input gambar satuan atau terpilih, dan Konversi Semua untuk convert banyak gambar sekaligus.

Dalam hitungan beberapa detik dan menit saja tergantung jumlah gambar yang anda diinput file gambar dengan ekstensi webP siap untuk diunduh.

Coba anda lihat perbandingannya antara ukuran asli ekstensi JPG dengan hasil Convert ekstensi webP sangat berbeda ukurannya bisa kurang dari setengah ukuran gambar sebelumnya. Klick Unduh sebagai ZIP untuk mendownload semua gambar yang telah diconvert sekaligus.

Maka akan muncul link downlaod gambar yang sudah disatukan menjadi satu file ZIP Lengkap, Klick Unduh untuk mendapatkannya.

Extract gambar hasil convert ke manapun anda kehendaki, dan sekedar info untuk type file ekstensi webP Thumbbail gambar hanya tampak blank dan tidak dapat dilihat melalui menu default preview image windows. Meskipun demikian gambar akan tetap dapat ditampilkan dan muncul previewnya ketika anda upload ke halaman kerja postingan.

Aturan Komentar : Tanyakan Di Kolom Komentar Apabila Ada Yang Kurang Jelas. Komentar Dengan Sopan . Apabila Ada Yang Kurang Sopan. Admin Akan Otomatis Hapus Komentar Anda.
Disqus Comments