Cara Mengetahui Platform Blog Dengan Mudah

Platform murupakan sebuah tempat atau situs yang menyediakan pembuatan akun  website atau blog. Ada banyak platform yang menyediakan pembuatan blog secara gratis saat ini seperti; blogger, wordpress, joomla, druppal, dan lain-lain anda dapat menemukannya melalui pencarian google.

Disini saya tidak akan membahas secara detail dan panjang lebar mengenai apa itu Platform, saya hanya ingin berbagi tutorial bagaimana cara mengetahui platform suatu website atau blog tanpa harus bertanya kepada pemiliknya. Jadi ketika anda merasa tertarik, kagum dan penasaran dengan sebuah website yang bagus secara tampilan dan kwalitas konten anda dapat dengan mudah mengetahui platform atau tempat asal mula website yang ingin anda ketahui pembuatannya dimana apakah wordpress, blogger atau yang lainnya.

Saya sendiri sering mengalami hal tersebut, merasa penasaran dengan blog-blog besar yang sudah sukses mendatangkan banyak trafik pembaca dan penghasilan dari pemasangan iklan. Sebagai seorang blogger pemula yang sedang merintis membangun sebuah blog, saya juga bercita-cita mejadi seorang blogger sukses. hal itulah yang memotivasi saya dan membuat saya semakin penasaran untuk ingin mengetahui sebenarnya platform apasih yang mereka gunakan?



Ternyata caranya sangat mudah dan siapa saja bisa mempraktikkannya, ternyata ada ekstensi khusus Google Crome yang dapat digunakan untuk check jenis platform sebuah blog atau website dengan mudah namanya Wappalyzer.



Anda bisa mendapatkan ekstensi Wappalizer dengan mudah dan gratis tentunya di Google Webstore. Buka halaman website Google Webstore pada kolom pencarian ekstensi ketikkan keyword "Wappalyzer" kemudian tab cari atau enter.



Muncul hasil pencarian Ekstensi Wappalyzer, dan disana ada menu Tambakan ke Crome, klick untuk menambahkan ekstensi di Browser Google Crome yang anda gunakan.



Muncul Jendela Notif Konfirmasi pemasangan Ekstensi Wappalyzer, klik Add Ekstension



Secara otomatis Ekstensi Wappalyzer akan terinstal di Browser Google Crome anda, dan terbuka halaman webiste resmi developer Wappalyzer, perhatikan di area sudut broswser sebelah kanan akan muncul icon ekstensi Wappalyzer.

Sekarang anda sudah bisa cek semua website atau blog yang ingin anda ketahui dari jenis platform yang digunakan. Sebagai contoh disini saya akan mencoba mengunjungi beberapa webiste Blogger Sukses Indonesia.



Yang Pertama saya mencoba mengunjungi Blog Bang Adhy Suryadi yaitu KompiAjaib.com, hasilnya ekstensi Wappalyze menunjukkan bahwa Blog Kompi Ajaib di buat menggunakan plaatform Blogger.



Untuk selanjutnya saya mencoba mengunjungi Mas Sugeng yaitu sugeng.id, hasilnya ekstensi Wappalyze menunjukkan bahwa Blog Kompi Ajaib di buat menggunakan platform Wordpress yang pada awalnya blog mas sugeng ini menggunakan Blogger.



Ketiga kalinya saya mencoba mengunjungi blog Mas Timon Adiyoso yaitu mastimon.com, hasilnya menunjukkan bahwa blog Mas Timon dibuat menggunakan platform Blogger.



Kemudian saya mencoba mengunjungi blog Mbak Igniel salah satu blogger cewek terkenal di Indonesia, hasilnya menunjukkan bahwa blog Igniel.com dibuat menggunakan platform Blogger.

Mudah sekali ya ternyata kita bisa tahu platform blog orang tanpa harus bertanya kepada pemiliknya.

Sekarang giliran anda mencoba mempraktikkannya, untuk mengetahui platform yang digunakan oleh webiste yang sampai saat ini belum anda ketahui dan anda merasa ingin mengetahuinya. Terima kasih sudah berkunjung, jika postingan ini bermanfaat tolong donk bantu like fanspage dan share ke teman-teman blogger lain.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.