Tutorial Cara Mengatasi Printer Canon G Series Error 5B00

Printer Canon G series merupakan printer keluaran versi terbaru dari canon yang meniru gaya Printer Epson L Series dilengkapi dengan Tabung Ink Tank yang sudah menyatu dengan Body Printer. Sehingga pengguna lebih mudah untuk Refiil Tinta sekaligus cek level penggunaan tinta tanpa harus melakukan modifikasi Tabung Infus seperti yang dilakukan pada printer Canon selama ini. Printer Canon G Series sendiri untuk saat ini sudah tersedia dalam beberapa Type diantaranya Sery G1000, G2000, G3000 dan G4000.

Salah satu type error atau kendala yang sering dialami pengguna Printer Canon khususnya type G Series adalah error 5B00. Error 5B00 biasanya terjadi pada penggunaan printer dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena InkPad Counter sudah menyentuh ambang batas maksimal penyimpanan counter sehingga munculnya error 5B00 yang biasanya di layar Dekstop akan muncul notofikasi pemberitahuan dengan icon tabung tinta yang meluber.


Perlu diketahui bahwa sampai dengan saat ini belum tersedia Software Resetter Inpad Counter Printer Canon G Series. Sehingga untuk mengatasinya harus secara manual diantaranya; mereset IC dengan Alat Resetter Khusus (IC harus dilepas dari mainboard), Mengganti IC EEPROM dengan unit baru atau mencoba Tips berikut ini yang akan saya bagikan. Namun tidak menjamin akan berjalan sesuai harapan dalam kata lain tidak menjamin benar-benar bisa menjadi solusi semua tergantung hoky masing-masing.


Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk dicoba, sebagai alternative Langkah pertama dalam kondisi darurat misalnya Ketika Anda sedang banyak Job Print Dokumen tiba-tiba saja Printer Canon Seri G milik Anda Error 5B00, mungkin saja Langkah ini bisa menjadi solusi pertolongan pertama. Berikut ini Tutorial Cara Reset Manual Printer Canon G1000, G2000, G3000 dan G4000:

  1. Matikan Printer, siapkan kertas di Baking Kertas Printer 
  2. Tekan dan Tahan tombol STOP kemudian tekan tombol power 
  3. Lepaskan Penekanan Tombol STOP namun tetap menekan tombol power kemudian tekan tombol STOP secara berturut-turut sebanyak 5 Kali dan lepaskan penekanan kedua tombol secara bersamaan. 
  4. Apabila prosedurnya benar maka Printer akan masuk ke mode save MODE Indikator Lampu menyala hijau dan diam. 
  5. Tekan tombol STOP sebanyak 5 kali dan tombol power 1 kali printer akan melakukan proses print dokumen. 
  6. Tekan tombol STOP 3 kali dan tombol power 1 kali Printer akan print dokumen 
  7. Reset Manual Pinter berhasil 
  8. Matikan Printer dan nyalakan Kembali, maka Printer akan Kembali Normal dan bisa digunakan untuk mencetak dokumen

Apabila setelah menerapkan metode di atas masalah error 5B00 pada printer anda tidak teratasi, langkah satu-satunya yang dapat Anda lakukan adalah mengganti IC EEPROM. Demikianlah Panduan Tutorial Cara Mengatasi Error 5B00 pada Printer Canon G1000, G2000, G3000 dan G4000 dengan cara direset manual.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.