Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Cara Merakit Solid State Driver (SSD) External Layaknya Flashdisk

    Pada postingan sebelumnya saya telah membahas bagaima caranya gar dapat memasang SSD M.2 SATA NGFF dan SSD M.2 NVMe pada Komputer dengan Mainboard keluaran lama yang belum memiliki Slot SSD M.2 dengan judul Cara Pasang SSD M.2 III SATA & NVMe Mainboard Tanpa Slot SSD M2. Untuk selanjutnya pada postingan ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat atau lebih tepatnya menggunakan kata merakit Media Penyimpanan External seperti Flasdisk dan HardDisk External menggunakan SSD 2.5 Inch, SSD M.2 SATA NGFF dan SSD M.2 NVMe.



    Tentunya SSD External M.2 ini akan sangat mantab jiwa mempesona apabila dilihat dari sudut pandang kecepatan tranfser data. Sebagaimana kita ketahui media menyimpanan data berkecepatan tinggi saat ini adalah type SSD yang terdiri dari 3 jenis SSD. Yang pertama SSD 2.5 Inch, SSD M.2 III SATA NGFF dan SSD M.2 NVMe yang bisa dirakit menjadi Penyimpanan External layaknya Flasdisk. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini untuk membedakan ke 3 SSD yang saya maksudkan:



    Bagi kalian yang menginkan media penyimpanan external data dengan kecepatan tinggi dapat memilih salah satu dari 3 jenis SSD yang saya sebutkan di atas. Kalian bisa menyesuikan mana yang kalian butuhkan berdasarkan daya beli kalian masing-masing. Type SSD 2.5 Inch cocok buat kalian yang memiliki Bajet kelas menengah kebah, dan untuk Type SSD M.2 SATA NGFF dan SSD M.2 NVMe cocok buat kalian yang punya Bajet lebih.

    Yang kita butuhkan dalam membuat (merakit) Penyimpanan External menggunakan SSD adalah yang pertama SSD itu sendiri pilih salah satu dari ke 3 Jenis SSD yang telah saya sebutkan sebelumnya dan yang kedua adalah Case SSD sebagai Media untuk menanam SSD agar dapat digunakan dan berfungsi sebagai media penyimpanan external.

    Berikut ini Jenis-jenis Case SSD yang bisa kalian beli melalui Toko-Toko Belanja Online Seperti; BukaLapak, TokoPedia, Shoope, Lazada, dst.

    1. Case SSD 2.5 Inch

    Ada banyak pilihan Case SSD 2.5 Inch yang tersedia dalam berbagai merk. Kalian bisa membeli di toko-toko Komputer Offline atau Online dan Toko-Toko Belanja Online mulai dari harga yang murah sampai dengan yang mahal.



    Belilah Case SSD yang tidak terlalu murah, saya rekomendasikan harga menengah ke atas karena Harga Biasanya mempengaruhi dan menentukan kwalitas suatu barang. Semakin mahal harga suatu barang, pada umumnya untuk kualitas material, daya tahan barang dan juga fungsinya akan lebih baik bila dibandingkan dengan barang dengan harga di bawahnya.

    2. Case SSD M.2 III SATA/NGFF

    Sama seperti case SSD 2.5 Inch, ada banyak model varian Case SSD Case SSD M.2 III SATA/NGFF dari berbagai merk. Belilah Case SSD M.2 III SATA/NGFF sesuai dengan selera kalian masing-masing dengan menyesuaikan kemampuan daya beli yang kalian miliki.



    Sama seperti sebelumnya, saya rekomendasikan untuk membeli Case SSD M.2 III SATA/NGFF yang material dasarnya bagus namun dengan harga yang terjangkau dengan catatan tidak terlalu murah. Case SSD M.2 III SATA/NGFF merupakan media penyimpanan yang cukup berkelas dari segi kualitas barang dan harga jadi jangan asal dalam memilih rumah yang tepat untuk barang yang sudah kalian beli dengan harga yang cukup mahal, tetep ingat harga biasanya mempengaruhi dan menentukan kualiatas suatu barang.

    3. Case SSD M.2 NVMe

    Berbeda dengan model Case SSD 2.5 Inch dan SSD M.2 SATA/NGFF yang rata-rata terdiri dari banyak sekali pilihan CASE dalam aneka bentuk tampilan dari berbagai merk dengan harga yang bisa dibilang tidak terlalu tinggi (mahal), untuk Case SSD M.2 jumlah pilihan Casenya tidak terlalu banyak, namun meskipun demikian tampilan dari bentuk Case SSD M.2 NGVe rata-rata lebih elegan, keren, profesional dan menggunakan material yang lebih bagus bila dibandingkan material Case SSD 2.5 Inch dan SSD M.2 SATA/NGFF.



    Karena dari Segi kwalitas material dan bentuk case SSD NVMe yang lebih profesional, tentunya harganya pun cukup Waw untuk orang-orang yang memiliki Bajet kelas menengah ke bawah.

    Dari ke 3 Jenis Media Penyimpanan External menggunakan SSD tersebut di atas, yang paling power full mantab jiwa mempesona adalah SSD M.2 NVMe. Sesuai dengan harganya yang paling mahal dibandingkan dengan SSD 2.5 Inch dan SSD M.2 III SATA/NGFF selalu ingat Harga Menentukan Kualitas.

    Case SSD M.2 NVMe rata-rata memiliki kecepatan transfer data 10Gbps / upto 1.100 MB/S. Sedangkan Case SSD 2.5 Inch dan SSD M.2 SATA NGFF memiliki kecepatan transfer data 5Gbps / upto 550 MB/S.

    Untuk proses perakitan (pembuatan) Solid State Driver External (SSD External) menggunakan ke 3 jenis case SSD diatas cukup mudah, kita hanya perlu membuka Case yang biasanya dilengkapi dengan baut kemudian memasang SSD di dalam case dengan menghubungkan SSD dengan konektor atau slot SSD dari Case itu sendiri. Selanjutnya melakukan test dengan menghubungkan SSD External dengan komputer menggunakan kabel konektor Case SSD.
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: