Cara Flash Redmi 2 Prime 2014811 Test Point EDL Qualcomm

Redmi 2 Prime merupakan Android keluaran Xiaomi dengan tahun produksi sekitar tahun 2015. Anehnya saya baru saja mendapatkan job service dari pelanggan yang baru saja membeli Android Redmi 2 Prime. Padahal secara logika, seharusnya untuk unit baru Redmi 2 Prime yang sudah 5 tahun yang lalu diproduksi sudah tidak ada, kalau pun ada sudah pasti sangatlah jarang yang memiliki stoknya.

Singkat cerita sang pemilik Redmi 2 Prime mengelukan dimana Redmi 2 Prime yang baru saja dibelinya tidak ada layanan sinyal sama sekali. Awalnya sang pemilik mengira bahwa itu disebabkan kartu SIM yang bermasalah, namun setelah yang bersangkutan beberapa kali membeli kartu perdana barulah sadar bahwa sebenarnya permasalahan ada di dalam Android Redmi 2 Prime yang baru dibelinya.

Saya pun sudah bisa menebak, pasti Redmi 2 Prime yang dibelinya merupakan Android Rekondisi. Dimana Case menggunakan case baru namun untuk mesin sudah pasti rekondisi. Benar saya setelah saya buka dan lihat kondisi mesin tampak seperti pada foto di bawah ini:



Setelah saya coba searching google memang khusus untuk  Redmi 2 Prime pada umumnya banyak yang bermasalah di signal yang suka hilang, terutama yang baru saja diflash ulang berganti versi MIUI entah itu dari Developer ke Global atau Upgrade dan Downgrade ROM.

Langkah pertama yang saya coba berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari searching google adalah melakukan flash ulang dengan cara Downgrade ke MIUI 7. Untuk proses flash Android Xiaomi yang menggunakan chipset Qualcomm, proses flashingnya paling mudah ada menggunakan metode Test Point EDL Qualcomm.



Ada 2 cara untuk bisa masuk ke mode EDL Qualcomm Redmi 2 Prime. Yang pertama adalah dengan menekan tombol volume Up dan Down secara bersamaan, maka secara otomatis Redmi 2 Prime akan masuk ke mode Download EDL. Yang kedua adalah melalui Test Point, dengan titik Test point yang bisa kalian lihat pada foto di atas.

Setelah Android Redmi 2 Prime 2014811 terhubung dengan komputer dalam mode EDL Qualcomm, jalankan Mi Flash Tool. Saya rekomendasikan untuk menggunakan MiFlash 2014. Karena sebelumnya saya sudah mencoba menggunakan MiFlash Tool versi baru selalu terkendala error sampai-sampai Redmi 2 Prime sempat bootloop stuck di logo Mi  dan mati total.

Kemudian untuk peletakan Frimeware, berdasarkan pengalaman tidak bisa ditaruk sembarangan, jadi khusus pada saat akan melakukan proses flashing Redmi 2 Prime 2014811 file Frimware kalian letakkan di Drive C dengan membuat Folder MIUI seperti tampak pada sreenshot di bawah ini:



Klick Flash setelah selesai mengarahkan source Frimware dan Device Redmi 2 Prime 2014811 terdetekis di Mi Flash. Apabila mengalami kendala error seperti Hello Packet, lepaskan batrai dan coba lakukan test point ulang. Untuk Frimware Redmi 2 Prime kalian bisa searching google sendiri ya! tenang aja banyak kok yang post dan mudah untuk menemukannya.



Setelah proses Flash Selesai, cabut konektor USB dan lepaskan batrai, kemudian pasang kembali batrai dan coba nyalakan. Singkat saja, setelah saya flash downgrade  menggunakan MIUI 7 ternyata masala sinyal yang hilang tidak teratasi. Awalnya saya mengira hal ini disebabkan karema tidak cocokan frimeware, selanjutnya saya mencoba lakukan flash ulang menggunakan Frimware MIUI 9.



Lakukan setting penyiapan penggunaan device Redmi 2 Prime After Flash sebagaimana biasanya



Dan ternyata setelah saya flash menggunakan Frimware MIUI 9 masih sama, Layanan Signal tetap tidak muncul alias hilang seperti tampak pada foto di bawah ini:



Saya pun kembali searching google untuk mencari informasi mengenai masalah ini, jika masalahnya bukan di Frimware berarti ada kendala lain dan hasinya banyak yang mengarah ke masalah Modem dimana harus dilakukan flash ulang modem secara khusus berdasarkan versi model Redmi 2 Prime yang bisa dilihat di belakang batrai dan juga berasarkan versi MIUI yang digunakan.

Untuk pembahasannya kalian bisa lanjut ke postingan saya berikutnya yang berjudul Cara Fix Signal Redmi 2 Prime MIUI 7 dan Cara Fix Signal Redmi 2 Prime MIUI 9.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.