Tips Cara Mengatasi Laptop Bootloop Stuck Recovery

Masalah Laptop yang error Stuck di Recovery merupakan suatu masalah atau kendala yang sering dijumpai pengguna Laptop baik itu merk Acer, Asus, Toshiba atau Laptop merk lainnya. Contohnya sperti foto dibawah ini, ketika laptop dinyalakan muncul jendela untuk memilih Opsi Booting.
Meskipun sudah dimatikan dihidupkan kembali, laptop akan kembali menyala dalam posisi Recovery. Kali ini kasus Laptop Stuck Recovery tidak bisa masuk jendela windows menimpa pengguna Laptop Asus type X441M.
Seperti biasa, salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi Laptop yang Stuck Recovery tidak bisa masuk jendela windows adalah dengan isntall ulang. Tentunya agar Laptop Asus X441M bisa booting melalui Bootable Installer Windows 10 Flasdisk kita perlu mengubah setingan Boot Prioritynya.
Masuk jendela Bios dengan cara Hidupkan Laptop, ketima muncul Logo Asus segera tekan F2 maka Laptop akan booting BIOS. Ubah Boot Priority dari Windows Boot Manager ke Bootable Installer Windows 10 Flashdisk.
Cara kedua yang lebih mudah agar Laptop boot melalui Bootable Flasdisk adalah dengan memilih Opsi use a Device pada Opsi Coose an Option.
Klick Use a Device sesuai dengan merk dan Bootable Installer Windows yang kalian Gunakan.
Untuk menyelamatkan Data User yang ada di dalam Driver C sebelum dilakukan Install Ulang Gunakan Aplikasi Mini Windows seperti Hirent Boot CD, DLC Boot CD, Sargei atau ITPS. Belum punya Aplikasinya? temukan artikel yang membahas cara backup data laptop dengan fitur pencarian blog ini
Laptop Asus X441M  dalam posisi booting menggunakan Mini Windows Sargei, kita bisa membackup/memindah data file user yang ada di Drive C ke Drive D agar aman tidak terhapus ketika dilakukan install ulang windows.
Dalam proses Install Ulang, sebaiknya Format Drive OS, Tujuannya agar benar-benar bersih dan terinstall hanya system windows baru.
Setelah saya coba Install ulang ternyata Laptop Asus X441M tetap Stuck di Recovery, berulang kali saya coba install ulang dengan ganti-ganti Bootable Windows dan partisi ulang hardisk hasilnya Laptop X441M tetap stuck di Recovery, disini saya merasa cukup pusing dibuatnya.
Saya coba ubah-ubah settingan BIOS namun tidak membuahkan hasil, kemudian ada teman saya yang menyarankan untuk check keyboard, barang kali Keyboradlah biang keladinya. Ternyata benar sekali, setelah saya copot keyboad bawaan dan saya pasang keyboard baru Laptop Asus X441M bisa menyala dengan normal dan tidak stuck recovery lagi.
Berdasarkan pengalaman saya di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi Laptop yang Bootloop stuck di Recovery ada 2 cara yang dapat dicoba. Yang Pertama coba Install Ulang Windows dengan membackup data user terlebih dahulu. Dan yang kedua coba cek dan pastikan bahwa keyboard tidak mengalami kendala. Sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari solusi laptop stuck di Recovery dan membutuhkan tutorial ini.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.