Cara Pembayaran STR Online dengan Kode Billing

Postingan ini merupakan lanjutan dari Tutorial Bagaimana Cara Daftar Usulan dan atau perpanjangan STR bagi Tenaga Kesehatan. Apabila pada postingan sebelumnya saya sudah membahas bagaimana urutan langkah-langkan proses Pendaftaran Usulan Penerbitan STR dan Juga Cara mengajukan Perpanjangan STR, untuk selanjutnya disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara membayar biaya pembuatan dan pencetakan serta pengiringiman STR sebesar Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) menggunakan kode Billing.

Kode Billing Pembayaran STR baru akan diberikan setelah Ajuan STR dinyatakan valid dan memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh Pihak Penerbit STR yaitu KTKI Kemkes Indonesia. Notifikasi disetujuinya ajuan STR bisa dilihat pada menu Cek Status pada Akun Aplikasi STR Online Ver.2 dan juga bisa didapatkan melalui pesan email. Contohnya seperti tampak pada sreenshot di bawah ini:


Cara Pembayaran STR dengan Kode Billing melalui Aplikasi Livin Mobile Banking by Mandiri Online

Setelah Anda mendapatkan kode Billing pembayaran STR buka Aplikasi Livin Mobile Banking Online. Pilih Menu Bayar kemudian Lanjut Pembayaran Baru dan pilih Penerimaan Negara.

Tentukan Rekening Sumber Pembyaran, Penyedia jasa (Pilih Intitusi) dan Isi Deskripsi yang bersifat Opsional boleh diisi atau dikosongkan.

Pada Opsi Pilih Penyedia Jasa Pilih IDR Pajak/Pnpb/Cukai

Pada Jendela Konfirmasi Nama Pembayaran masukkan Kode Billing pembayaran STR laku Konfirmasi

Pada Jendela Penerimana Negara Isi Deskripsi yang sifatnya Opsional, boleh diisi atau dikosongkan laku tekan Lanjut

Maka akan muncul jendela Konfirmasi pembayaran, yang bersikan informasi seputar tagihan pembayaran sesuai dengan kode Billing pembayaran STR tekan Konfirmasi


Masukkan PIN untuk mengkonfirmasi pembayaran tagihan STR, maka akan muncul jendela informasi bahwa Transaksi telah berhasil.


Anda juga akan menerima rincian pembayaran (dana keluar) melalui pesan email dari system Livin' by Mandiri seperti tampak pada sreenshot berikut ini:

Lakukan Refresh halaman Status Akun pada jendela Aplikasi STR Online, maka akan muncul pemberitahuan bahwa pembayaran lunas.

Anda juga akan memperoleh pesan email dari Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia yang menginformasikan bahwa telah berhasil melakukan pembayaran seperti tampa pada screenshot di bawah ini:

Demikianlah Panduan Langkah-langkah Pembayaran STR online menggunakan Kode Billing melalui Aplkasi Mobile Banking Online Livin by Mandiri yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang membutuh petunjuk pembayaran STR menggunakan kode Billing secara mandiri tanpa harus pergi ke ATM atau Kantor Bank.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.