Cara Pasang Custom Domain TLD Blogspot Niaga Hoster

Beberapa minggu yang lalu saya baru saja mengupgrade domain Blog saya Fathlani.blogspot.com ke custom domain TLD sehingga url blog saya menjadi fathlani.com. Custom domain TLD tersebut saya beli dari Niaga Hoster seharga 143.000,-/tahun. Oleh karena itu disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara mengganti domain blogspot menjadi domain TLD misalnya .com, .id, .net dan lain sebagainya.

Setelah kita berhasil membuat akun dan menentukan domain serta melakukan pembayaran atas pembelian domain TLD di Niaga Hoster silahkan masuk ke menu Dashboard Home Page Akun NIAGA HOSTER kemudian pilih Opsi Menu Domain seperti tampak pada sreenshot di bawah ini:

Kemudian pilih Opsi Kelola Domain

Kemudian pada Jendela Pengaturan Domain pilih Tab menu DNS Management

Kemudian pilih Opsi Blogspot

Kemudian masukkan CNAME 2 blogspot yang dapat dilihat dan diperoleh melalui halaman dashboard blogger kita.

Pada halaman Dashboard Blogger pilih Opsi Menu Setelan, kemudian pilih Opsi Memublikasikan dan klick Opsi Domain Kustom.

Masukan custom domain TLD blognya, contohnya punya saya fathlani.com kemudian klick Simpan

Disini terjadi kesalahan dimana saya tidak menginputkan url www pada awalan domain, jadi awali penginputan link blog dengan awalan www. seperti tampak pada sreenshot di bawah ini lalu klick Simpan

Akan muncul jendela kodeCNAME 2 blogspot, kode inilah yang nantinya digunakan untuk sinkron dengan domain yang telah kita beli di Niaga Hoster.

Masukkan kode CNAME 2 blogspot sesuai pada tempatnya lalu Klick Save Record

Tunggu Proses Sinkroniasi

Done, sampai disini kita berhasil mensinkronkan dan memasang Custom Domain TLD blog

Kembali ke halaman Dashboard Blogger lalu Klick Simpan, apabila muncul notifikasi Tidak dapat memperbaharui setelan, tunggu sejenak lalu coba lagi sampai dengan berhasil.

Klick Simpan untuk menerapkan Custom Domain Blog

Jangan lupa untuk mengaktifkan opsi alihkan domain, ketesediaan HTTPS dan Pengalihan HTTPS

Sampai disini kita sudah berhasil mengganti atau memasang custom domain TLD blogspot yang telah kita beli di Niaga Hoster. Apabila Blog tidak dapat diakses setelah penerapan Custom Doman TLD jangan panik, silahkan tunggu saja beberapa menit atau jam ke depan.

Namun apabila setelah ditunggu berjam-jam blog kalian tetap tidak dapat diakses silahkan hubungi Customer Service Niaga Hoster melalui Chat di Akun Niaga Hoster kalian. Sampaikan keluhan dan Team Niaga Hoster akan segera membantu dan memperbaiki masalah yang sedang kalian hadapi. Selamat mencoba dan semoga sukses tidak ada kendala dalam proses mempraktikkan tutorial ini.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.