Cara Agar Laptop Tidak Sleep Otomatis All Windows

Untuk menghemat penggunaan daya Listrik atau Batrai secara otomatis biasanya Komputer ataupun Laptop dengan system Operasi Windows akan Sleep secara otomatis saat tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan perhitungan waktu sleep default system windows. Namun terkadang dengan adanya fitur system sleep otomatis dapat mengganggu kenyamanan pengguna dan bahkan bisa juga merugikan terutama bagi Anda yang sedang mendownload file dengan ukuran besar yang membutuhkan proses download yang cukup lama.

Dengan sleep otomatis ketika Anda sedang mendownload file ukuran besar denga jangka waktu hitungan menit, tentu akan membuat Anda repot untuk sering mengecek status persentase download file, dan apabila pada saat download file ukuran besar komputer ataupun laptop sleep terlalu lama melebihi batas waktu yang ditentukan biasanya komputer ataupun laptop akan berhenti bekerja yang mengakibatkan proses download akan bermasalah bahkan gagal karena putusnya koneksi downlaod file dari internet.

Namun untuk dapat positifnya seperti yang telah saya sebutkan di awal, fitur auto sleep windows di komputer dan laptop dapat menghemat penggunaan listrik dan daya batrai serta dapat meminimalisir suhu panas dari perangkat komputer dan laptop karena terlalu lama digunakan secara terus menerus. Untuk komputer dan laptop dengan system pendingin yang kurang bagus performanya, tentunya fitur ini sangatlah bermanfaat.

Cara Setting Laptop Windows 11 Agar Tidak Sleep Secara Otomatis

  1. Klick Windows
  2. Klick Settings
  3. Klick System
  4. Klick Power & Sleep
  5. Pada Opsi When Plugged in, turn off after pilih Never
  6. Pada Opsi When Plugged in, PC goest to Sleep After Pilih Never
  7. Selesai, tutup jendela Setting

Cara Setting Laptop Windows 10 Agar Tidak Sleep Secara Otomatis

  1. Klick Windows
  2. Klick Settings
  3. Klick System
  4. Klick Power & Sleep
  5. Pada Opsi When Plugged in, turn off after pilih Never
  6. Pada Opsi When Plugged in, PC goest to Sleep After Pilih Never
  7. Selesai, tutup jendela Setting

Cara Setting Laptop Windows 8 Agar Tidak Sleep Secara Otomatis

  1. Tekan tombol Keyboard Windows dan R secara bersamaan
  2. Ketikan powercfg.cpl Lalu Tekan Tombol Enter
  3. Klick Opsi Change plan settings pada Opsi Preferred Plan 
  4. Pada Opsi Put the computer to sleep, Setting ke pilihan Never
  5. Klic Save changes
  6. Selesai

Cara Setting Laptop Windows 7 Agar Tidak Sleep Secara Otomatis

  1. Klick Windows
  2. Ketik Power Options
  3. Buka Opsi Power Aptions
  4. Cari dan Temukan Opsi Change when the computer sleep
  5. Setting semua opsi ke Never
  6. Klic Save changes
  7. Selesai

Apabila kalian telah mengubah pengaturan sleep di atas, maka seharusnya komputer ataupun laptop kalian tidak akan pernah sleep otomatis dan akan tetap menyala sampai kapanpun kecuali terjadi pemadaman listrik atau daya baterai laptop habis. 

Untuk mensetting agar komputer ataupun laptop sleep dengan jangka waktu sesuai yang kalian inginkan maka kalian dapat memilih opsi waktu yang tersedia selain pilihan Never.

Tag: Cara Laptop Tidak Sleep saat ditutup, cara agar Laptop tidak Sleep Otomatis Windows 10, Cara Agar Laptop tidak Sleep Windows 11, Cara Agar Laptop tidak Sleep ketika ditutup, Cara agar laptop tidak Sleep Otomatis Windows 7, Cara agar Laptop tidak Sleep Windows 7, Cara agar Laptop tidak Sleep Windows 8, Cara Laptop sleep Otomatis,cara laptop nyala terus.

Itulah Panduan tutorial singkat cara setting agar komputer dan laptop tidak sleep otomatis yang bisa kalian coba praktikkan dan terapkan sendiri pada komputer ataupun laptop kesayangan kalian. Selamat mencoba dan pasti kalian bisa!