Tutorial Cara Edit Seleksi Rambut Ganti Background Foto di Photoshop

Masih dalam seputaran tutorial Photoshop, jika sebelumnya Admin sudah membahas Tutorial Cara Seleksi dan Ganti Background Foto Photoshop tanpa tambahan edit seleksi rambut, pada postingan ini Admin akan membahas bagaimana cara menyeleksi bagian rambut pada objek foto yang akan diganti backgroundnya. Hal ini dilakukan agar hasil editan foto sedikit terlihat alami dengan adanya helain rambut yang berhasil kita selamatkan, jika tidak maka pada bagian rambut akan terkesan rata dan hasilnya tentunya kurang memuaskan terkesan editan tulen. 

Untuk melakukan penyeleksian objek yang akan kita ambil agar lebih mudah gunakan Pen Tool, dengan menggunaka pentul akan memudahkan kita menyeleksi pada lekukan-lekukan objek dan juga apabila kita pada saat menyeleksi terjadi salah seleksi maka bisa dilakukan Back undo dengan kobinasi CTRL + Z. Apabila kita menggunakan Polygonal Lasso Tool kelemahannya adalah ketika terjadi salah seleksi mau tidak mau kita harus mengulang dari awal.




Lakukan seleksi objek dari titik awal sampai dengan titik akhir dengan menggabungkan/penyambungan dua titik awal dan akhir seperti gambar di bawah ini:



Setelah selesai menyeleksi, lanjutka ndengan mengaktifkan seleksi dengan mengklick menu selection



Kemudian Klick Menu Select lalu pilih Refine Edge atau kombinasi tombol Alt+Ctrl+R



Pada Menu Refine Edgi bagian View Mode pilih On Layers (L)




Kemudian karena disini Tutorial berbentu Screnshot gambar admin tidak bisa mendokumentasikan penggunaan brus (kuas) pada Refine Edge silahkan sobat blogger gunakan Brus dengan kursor lingkaran usapkan pada area rambut yang akan diambil helainnya yang sebelumnya tidak masuk dalam area seleksi Pen Tool. Hasilnya seperti gambar di bawah ini: 



Kemudian Klick OK jika dirasa sudah mantab



Untuk memisahkan objek seleksi dan background yang akan dibuang klick Layers yang ada di sebelahkanan 2x berturut-turut apabila muncul dialog Layer Style langsung saja OK



Sekarang Layer 0 sudah tidak bericon Gembok artinya kita sudah dapat membuang background, klick icon kamera pada Box Layer



Dan inilah hasil terakhirnya sobat blogger, kita sudah berhasil menyeleksi objek yang akan kita ganti backgroundnya. Langkah selanjutnya tentukan bacground yang akan digunakan sebagai latar baru kemudian drag Layer hasil seleksi ke target Bacgroud.




Hasilnya seperti gambar dibawah ini, foto tidak terlalu kaku dan terkesan editan tulen, nambak helain rambut meski tidak secara keseluruhan dapat kita ambil hal ini dikarenakan warna rambut target pada tutorial ini kurang berwarna hitam serta resulusi gambar (kualitas gambar) kurang tajam.



Demikianlah Tutorial Cara menyeleksi Rambut pada proses ganti Bacground Foto di Photoshop, semoga mudah dimengerti dengan bahasa yang ala kadarnya. sampai jumpa di tutorial selanjutnya

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.