Tutorial Cara Instal Ulang Windows 7 beserta gambar lengkap

Jumpa lagi sobat blogger…. Terima kasih banyak tetep pantengin postingan blog admin. Dalam kesempatan ini melanjutkan tutorial sebelumnya Tutorial Backup Data Sebelum Instal Ulang Windows Agar Tidak Hilang kali ini admin bagi tips lagi bagaimana cara install ulang step by step yang benar dan sesuai prosedur install ulang windows pada komputer atau laptop. Disini admin akan coba praktik dengan menggunakan sytem operasi windows 7 hasil modifikasi admin sendiri.

Oke tak perlu banyak mukodimah langsung saja yuk…. Kita simak tutorial selengkapnya.
Pertama-tama dan paling utama adalah siapkan master windows bisa berupa CD atau bootable Flasdisk. Siap juga komputer atau laptop dalam posisi siap beroprasi cek kabel2 colokkan semua komponen komputer yang dibutuhkan.

Hal yang wajib sebelum install ulang adalah menyeting bios pada boot hardrive jadi disini kita akan menentukan dan memilih hardrive mana yang akan digunakan atau dibaca ketika pertama kali windows dinyalakan setelah informasi bios.

Colokkan bootable Fashdisk atau CD Bootable lalu hidupkan komputer dan ketika system komputer masih berada di startup bios segera masuk ke mode bios dengan menekan tombol DEL/F12/FN + F12 atau Esc tergantung merek dari Mainboard yang dipakai karena masing-masing merek mempunyai metode yang berbeda-beda.




Setelah masuk ke menu bios cari settingan booting prioritas yang akan dipakai ketika pertama kali komputer dihidupkan. Di dalam tutorial ini admin menginstal komputer dengan merek Mainboard Azus dan tipenya tergolong sudah baru jadi mungkin akan sedikit berbeda dengan tampilan bios sobat blogger.



Biasanya setting boot prioritas ada di menu advanced boot cari menu boot hardrive priority rubah dan pilih boot hardrive yang akan digunakan. Jika menggukan CD maka pilih Hardrive CD ROOM dan jika menggunakan bootable flasdisk pilih hardrive sesuai merek flasdiks sobat blogger.

Setelah kita mensetting bootpriority maka langkah selanjutnya adalah menyimpan setting dan dengan mencari menu save atau menu exit and save setting atau bisa juga dengan menekan tombol F10 diakhiri dengan tombol enter. Komputer akan merestart dengan sendirinya.

Tibalah saatnya install ulang…..

Setelah komputer berhasil membaca master install windows kita akan tampak dialog seperti ini, silahkan sesuaikan selera mulai dari pilihan bahasa, pengaturan waktu dan pengaturan input keyboard.



Langkah selanjutnya pilih Local Drive yang akan dijadikan Local Drive System Windows



Agar hasil install ulang lebih jose super clean setelah menentukan dimana system windows akan di install pilih atau slect lalu masuk ke menu Drive Option (Advanced)



lalu pilih Delete maka akan muncul dialog peringatan klick saja OK



hapus juga Drive System Reserved windows sebelumnya dengan menslect dan klick tombol Detele jika ada peringatan seperti di atas klick saja OK




Disini kita sudah mendapati Partisi Drive yang masih kosong belum digunakan (Unallocated Space) untuk membangun kembali Local Drive kita klik menu New lalu Apply.



Sekarang kita sudah selesai membuat Partisi baru atau juga bisa dibilang partisi ulang Drive yang akan digunakan system windows dan sudah membuat partisi Derive System Reserved Windows baru. Pilih local Drive yang baru kita buat letaknya dibawah local drive System Reserved lalu next.



Proses install windows berjalan tunggu sampai kurang lebih 30 menit. Setelah proses install mencapai Completing maka komputer akan restar dengan sendirinya. Jika menemui dialog seperti ini di bawah ini santay saja tidak perlu panic ini terjadi karena system windows yang diinstal berbeda dengan system windows sebelumnya. Yang tadinya menggunakan Windows 10 admin install dengan Windows 7 biar saja sampai komputer merestart otomatis.



Masih dalam proses Penyelesaian Instal Windows silahkan tunggu.



Sekarang kita masuk di tahap menentukan nama pengguna user, silahkan isikan sesuai keinginan lalu klick tombol next



Pada tahap ini klick next saja jika tidak ingin memberi password pada user windows



Pada pengaturan Help Protect Komputer Pilih Use Recommended Setting



Tunggu sejak sampai proses install windows benar-benar selesai




Setelah proses install windows selesai maka langkah pertama yang paling penting adalah menginstal Driver dari pada hardrive yang terpasang di komputer kita. Hal ini sangat penting karena jika saja tidak diinstal drivernya maka akan ada komponen komputer yang tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya seperti USB yang tidak aktif pada laptop, tidak adanya output suara dan lain sebagainya.

Dalam tutorial ini admin menggunakan WanDrv untuk mengintal Driver Driver Hardware Komputer bisa juga menggunakan Driver Pack silahkan dipilih mana suka.



Sampai disini tutorial bagaimana cara menginstal sendiri komputer atau laptop tanpa perlu datang ke Teknisi sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.