Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Cara Penulisan Postingan Blog yang Baik dan Benar

    Melanjutkan postingan sebelumnya Tutorial Cara Mengatasi Link Url Blog Not Secure dengan Memasang Link HTTPS Blog, pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi Tutorial Cara Membuat dan Menulis Postingan yang Baik dan Benar menurut pandan Admin secara Pribadi. 

    Dalam membuat dan menulis postingan Blog kita tidak boleh asal-asalan yang penting jadi, ada teknik penulisan postingan yang harus diperhatikan agar nantinya postingan kita tampil baik, rapi, dan ramah mudah dikenal serta disukai oleh Google. 

    Sebelum sobat blogger membuat postingan atau artikel pada blog, Admin sarankan pertama kali tentukan tema, kira-kira apa nie yang akan akan kita bahas dalam postingan yang akan dibuat. Buat tema yang menarik dan jika bisa jarang dibahas atau sedikit yang bahas tema tersebut. Juga buatlah postingan yang manfaatnya mencakup kalangan luas (banyak yang membutuhkan) serta tidak cepat habis ditelan masa. Postingan yang tingkat ketenarannya hanya sementara dan manfaatnya tidak jangka panjang secara automatis akan menjadi sampah pada blog kita. Sedikit postingan akan tetapi kaya dan manfaatnya jangka panjang akan lebih membuat blog kita mampu bertahan dengan jumlah visitor stabil. Karena dengan begitu postingan kita akan unik dengan sendirinya dan lain dari pada yang lain. Tujuannya yaitu agar postingan kita memiliki peluang besar tampil di halaman depan pencarian google. 

    Catatan Penting: Jika sobat membuat sebuah postingan blog, usahakan postingan tersebut benar-benar matang dan tidak ada keraguan dalam membuatnya. Jangan sampai ketika postingan tersebut sudah dibuat dan dipublikasikan kepada publik terpikir oleh kita rasa penyesalan atau rasa ketidak tepatan dan atau ketidak puasan terhadap postingan yang sudah dipublikasikan yang kemudian kita berniat dan bahkan menghapus postingan tersebut, sementara postingan sudah sempat terindex oleh search engine google. Hal ini akan memberi dampak yang negatif kepada blog kita, dengan adanya postingan yang sudah terindex lalu kita hapus maka secara otomatis akan mengakibatkan adanya broken link. Broken link adalah link postingan blog yang eror  tidak dapat diakses karena pemilik blog telah menghapus postingan tersebut sementara google masih mengindexnya. Untuk mengatasinya kita harus rajin-rajin melakukan yang namanya request penghapusan broken link eror pada Google Search Consule (Google Webmater Tools) untuk totorialnya akan admin bahas dilain waktu. Jadi kesimpulannya jika membuat postingan usahakan jangan sampai nantinya kita menghapusnya setelah dipublikasikan kepada publik karena hal-hal yang admin sebutkan di atas. 

    Setelah menentukan tema yang tepat, siapkan bahan-bahan pendukung yang dibutuhkan, seperti jika sobat blogger membuat postingan bertemakan totorial, maka siapkan gambar-gambar screenshot atau photo hasil dokumentasi tutorial yang akan dibuat. Jika postingan berupa artikel maka, siapkan kerangka dan point-point penting dari artikel yang akan dibuat, agar nantinya kita hanya perlu memperluas penjelasan dan bermain kata-kata agar terlihat menarik dan profesional. 

    Seperti biasa untuk membuat postingan blog baru, masuk ke menu dasboard blogger kemudian klick Postingan kemudian buat Entri Baru. 

    POINT PERTAMA Untuk mengawali pembuatan post baru, silahkan isi Judul Postingan. Buat judul postingan yang menarik dan unik jika sobat bloger ingin kombinasi judul yang baik sebelum menulis rangkaian judul postingan bisa mencoba melakukan test keyword melalui halaman pencarian google. Ketikan saja kata-kata yang merupakan bagian dari judul yang akan dibuat. Jika kata-kata tersebut secara keseluruhan sudah banyak yang membahas buat judul dengan rangkain kata baru yang lain agar tidak sama atau bisa menggabungkan judul-judul yang ada pada hasil pencarian sebagai kombinasi gabungan. 



    POINT KEDUA Ketika melakukan penulisan postingan setiap paragraf baru usahakan berikan line space, apa itu line space? line space adalah jarak satu kali enter antar paragraf sehingga tulisan kita tidak akan terkesan sambung menyambung tanpa adanya pembatas. Ini juga menurut pengetahuan Admin akan menjadi celah munculnya Iklan diantara paragraf ketika nanti blog kita sudah terdaftar sebagai publisher iklan terutama GoogleAdsense




    POINT KETIGA Setelah selesai penulisan postingan, buat label. Buatlah label dengan kata-kata yang tepat dan tidak terlalu panjang yang mewakili inti dari postingan.




    POINT KEEMPAT Buatlah link postingan yang baik, baik disini yaitu link yang tidak terlalu panjang tetapi mewakili keseluruhan judul. Secara default link postingan akan terbuat dengan sendirinya akan tetapi link tersebut akan terpotong dengan sendirinya sesuai batas maximal digit huruf defauld. Jadi sebelum klick publikasikan coba cek link apakah sudah lengkap tidak ada kata yang terpotong. Jika terpotong dan dirasa tidak tepat bisa kita ketikkan secara manual dengan memilik menu "Tautan Permanen Khusus" 

    Contohnya begini misalnya judul postingan admin : Tutorial Cara Membuat SiteMap Blog pada Google Search Consule maka secara otomatis Link Tautan Permanen Otomatis akan terisi : 

    https://www.berbagitutorialonline.com/2018/12/tutorial-cara-membuat-sitemap-blog-pada.html

    Pada akhir atau ujung link ada kata yang tidak tepat, yaitu kata "pada" jika tidak ada kata selanjutnya maka akan terkesan tidak tepat dan timbul  tanda tanya "pada apa?" 

    Maka kita bisa memodifikasinya melalui Tautan Permanen Khusus dan mengetik link secara manual dengan pemisah antar kata tanda baca "-" untuk membenahinya kita cukup ketikan

    "tutorial-cara-membuat-sitemap-blog-pada-google" atau cukup dengan "tutorial-cara-membuat-sitemap-blog" ingat penulisannya tiap kata dipisah tanda baca "-" dan bukan huruf Kapital

    Kenapa tidak ditulis lengkap sekalian? jawabannya adalah link dengan kombinasi kata yang terlalu panjang tidak begitu disukai Google, artinya link tersebut tidak SEO Fiendly. Jadi jika judul postingan panjang buatlah link yang tidak terlalu panjang dan tepat sesuai judul postingan.



    POINT KELIMA pada sub menu setelan entri "Deskripsi Penelusuran" silahkan tuliskan kombinasi kata kunci dari postingan yang dibuat singkat, padat, dan jelas serta mewakili inti dari postingan.



    POINT KEENAM sebenarnya ini lebih tepat point KEDUA akan tetapi Admin terlanjur mengambil screnshot  yang kurang tepat. Setiap kali membuat postingan disarankan buatlah link yang mengkaitkan judul postingan sebelumnya. Tujuannya agar postingan kita seperti mata rantai sambung menyambung dan ini merupakan salah satu trik barang kali dengan adanya penjelasan judul postingan sebelumnya dengan disertai link akan menarik minat pembaca untuk mengklick postingan sebelumnya. secara otomatis akan meningkatkan trafik blog. 



    POINT KETUJUH dalam membuat penulisan kata-kata postingan, usahakan gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar berdasarkan ejaan EYD, diperbolehkan menggunakan bahasa gaul sehari-hari. Akan tetapi jangan terlalu banyak memakai kata-kata yang tidak berdasarkan ejaan yang benar menurut kamus bahasa indonesia. Karena hal ini juga berpengaruh terhadap kualitas postingan yang kita buat, postingan dengan kata-kata yang didominasi bahasa gaul kemungkinan kurang dimengerti oleh Google, dan bahkan tidak sukai. 

    Demikianlah Tutorial Cara Penulisan Postingan Blog yang baik dan benar menurut pandangan Admin secara pribadi, apabila banyak yang kurang tepat mohon dimaklumi karena Admin bukan seorang ahli SEO atau Blogger yang profesional. Sampai jumpai di tutorial selanjutnya
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: