Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Cara Membuat Format Pengisian Label Undangan Corel Draw X7

    Memiliki keahlian  dalam teknik mengisi Nama dan Alamat pada label undangan adalah suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh penyedia jasa percetakan undangan, baik itu undangan pernikaham, khitanan, ulang tahun dan acara-acara resmi lainnya. Banyak cara atau teknik dalam mengisi nama dan alamat pada label undangan, mulai dari menggunakan program Ms. Word, Ms. Exel, PhotoShop dan Corel Draw mungkin juga ada program lainnya yang bisa digunakan. Namun sampai saat ini baru ke-4 program tersebut yang pernah Admin gunakan.

    Diantara ke-4 program yang sudah pernah Admin gunakan dalam mendesain format atau blanko pengisian label undangan Corel Draw adalah program yang paling mudah dan cepat dalam pengerjaan pengisian nama dan alamat pada label undangan. Dengan Coral Draw kita dapat dengan mudah mengisi label mengisi label nama dan alamat undangan dan akan lebih cepat lagi dengan metode Load Data Base Ms. Exel karena kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu secara manual pada form kolom label undangan corel draw. Kita hanya cukup mengetik nama dan alamat pada Ms. Exel dengan  penyimpanan file type  Exel 97-2003 Workbook. Hasil pengetikan di Ms. Exel ini akan kita gunakan sebagai data base yang nantinya kita load secara otomatis pada form pengisian label undangan corel draw. 

    Pertama-tama buka program Corel Draw, buat dokumen baru dengan cara klick icon New Dokumen kemudian pada dialog Creat New Document setting pagestup/ukuran media kertas width 201 mm dan Height 136.5 mm ukuran ini adalah panjang dan lebar kertas label yang akan kita isi setelah itu klick OK untuk melanjutkan. 



    Sekarang kita sudah berhasil membuat lembar kerja dengan ukuran kertas yang sesuai dengan media aslinya seperti tampak pada gambar di bawah ini




    Scand label undangan dalam bentuk JPG kemudian copy dan pastekan pada lembar kerja yang telah ktia buat, untuk memposisikan gambar hasil scand label undangan dengan lembar kerja gunakan tombol "P" pada keyboard jika ternyata tidak presisi gunakan tombol geser panah atas bawah kanan kiri pada keyboard. 



    Kita akan menggunakan gambar hasil scand label sebagai patokan penulisan format pengisian Nama dan Alamat label undangan. Gunakan simbol huruf A pada deretan tools menu yang ada di samping kiri untuk memulai penginputan text.




    Isi semua kolom label undangan dengan text nama dan alamat seperti gambar di bawah ini






    Setelah selesai mengisi setiap kolom label dengan text nama dan alamat, hapus gambar label yang kita gunakan sebagai patokan karena sudah tidak dibutuhkan lagi dengan cara aktifkan layer gambar label dengan cara click pada area gambar dimana saja (jangan klick pada area text). Setelah layer gambar label aktif hapus dengan cara menekan tombol Del pada keyboard.



    Sampai disini kita sudah selesai membuat form pengisian label undangan, form ini sudah bisa langsung kita gunakan secara manual dengan cara mengganti nama dan alamat secara manual satu persatu. 



    Langkah selanjutnya adalah print out form pengisian label undangan yang sudah kita buat, klick menu file pilih menu Print atau dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard CTRL + P. 



    Pada dialog Print, pilih Preferences, kemudian pilih User-Defined. Disini kita akan mensetting ukuran kertas pada pagestup printer agar sama dengan ukuran lembar kerja dan kertas label undangan sebenarnya. Karena jika tidak maka hasil print out akan bergeser jauh dan tidak bisa tepat pada kolom label undangan sesungguhnya. 



    Pada dialog User-Defined Paper, sesuaikan/samakan ukuran Paper Width dan Height dengan ukuran lembar kerja seperti tampak pada gambar di bawah ini. 



    Setelah Selesai Klick OK dan OK untuk menyesaikan setting size paper print, kemudian Klick OK untuk ketiga kalinya untuk memulai mencetak hasil kerja. Gunakan kertas HVS untuk uji coba, setelah print out berhasil coba ukur dengan kertas label undangan apakah posisi text sudah tepat pada masing-masing kolom label undangan. Tempatkan kertas label udangan di belakang kertas HVS samakan posisi sudut atas dan kiri kertas kemudian terawang apakah posisi sudah  text pas. Jika ternyata sudah pas, itu berarti kita sudah berhasil membuat format pengisian label undangan menggunakan corel draw secara manual. Lakukan print sesungguhnya dengan kertas label udangan, ganti nama dan alamat secara manual untuk mengisi label undangan berikutnya.

    Jika kalian ingin berkreasi form pengisian label undangan di atas bisa dipercantik tampilannya dengan menambahkan border bingkai seperti gambar di bawah ini. Letakkan border bingkah pada 3 kolom form label undangan paling atas. Atur dan sesuaikan panjang dan lebar border bingkainya agar masing-masing text berada di tengah border bingkai. 



    Aktifkan ketiga border bingkah dengan cara tekan tombol Shif pada keboard kemudian klick satu persatu border bingkai.



    Lakukan duplikat untuk memperbanyak border bingkai dengan cara kombinasi tombol CTRL + D




    Posisikan border bingkai pada area text di bawahnya, sehingga semua kolom format pengisian label memiliki border bingkai. 


    Untuk mempermudah peletakkan posisi border bingkai gunakan filture ruler (garis bantu) dengan cara klick pada area ruler tahan dan tarik ke bawah jika horizontal dan ke kanan untuk garis vertikal. 



    Agar posisi border bingkai tidak berada di atas text (menghalangi pegaktifan text ketika kita klick area text, sementara yang aktif justru border bingkai) aktifkan semua border bingkai dengan cara tekan tombol shift tahan kemudian klick satu persatu border bingkai.



    Setelah semua border bingkai aktif, tekan tombol PgDn beberapa kali sehingga poisi border bingkai ada di bawah/dibalik text. Dengan cara ini setiap kali kita klick area text maka text akan langsung aktif dan dapat diedit ulang. 



    Sama seperti cara di atas, sebelum melakukan print lakukan setting ukuran pagesetup print, samakan ukuran lembar kerja dengan paper size printer.







    Demikianlah tutorial cara membuat format pengisian label undangan dengan corel draw degan pengisian nama dan alamat secara manual. Langkah selanjutnya adalah membuat form pengisian label secara otomatis. Namun karena tutorial ini akan terkesan sangat panjang Admin akan membagi menjadi dua postingan, klick LEWAT DISINI untuk menyimak tutorial selanjutnya. 
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: