Cara Mengatasi Printer Canon Error Code 5100 atau Blink Orange 3 Kali

Dari sekian banyaknya problem pada penggunaan Printer Canon IP 2770 yang paling susah dalam penanganannya adalah printer eror blink power dan resume 3 kali dan pada layar dekstop muncul pemberitahuan kode eror 5100. Untuk lebih jelasnya perhatikan Screen Shot berikut ini: 



Untuk mengatasi Printer Canon IP 2770 eror 5100 kita harus mengetahui beberapa kemungkinan penyabab eror type ini diataranya: 




  1. Terjadinya tumpahan tinta disekitar area konektor chip ketrid dan chip rumah ketrid 
  2. Terjadinya tumpahan tinta di sensor pita panjang atau sensor bulat encorder 
  3. Adanya benda asing yang menghalangi pergerakan rumah ketrid atau mekanik 
  4. Rusaknya konektor chip pada rumah ketrid Rusaknya kabel pita flexsibel yang menghubungkan rumah ketrid dengan mainboard


Hal yang paling mudah pertama kali dilakukan untuk mengatasi eror 5100 adalah dengan cara: 


  1. Cek dan pastikan tidak ada tinta yang mengenai konektor chip ketrid dan chip rumah ketrid, apabila ternyata terkena tinta bersihkan dengan tissu kering. 
  2. Cek dan pastikan tidak ada tinta yang mengenai sensor pita panjang atau sensor bulan encorder, jika terkena tinta bersihkan dengan tissu kering. 
  3. Apabila setelah dibersihkan tinta tetap menempel tebal coba ganti dengan sensor kanibal pengganti sebelum masuk ke step ke tiga.  
  4. Cek dan pastikan tidak adanya benda asing yang masuk di area mekanik printer yang mengakibatkan terhambatnya pergerakan mekanik printer. Bisa juga hal ini disebabkan oleh printer yang sudah dimodifikasi infus, kemungkinan penempatan selang infus kurang tepat sehingga menghambat laju pergerakan rumah ketrid.  
Apabila ketiga poin di atas udah dipastikan tidak bermasalah kemungkinan besar kerusakan terletak pada kabel flexibel atau chip konektor pada rumah head yang sudah short/konslet. Langkah paling mudah untuk poin ini adalah dengan cara mengganti satu paket rumah ketrid dan kabel flexibel beserta besi dan mekanik tempat melekatnya rumah ketrid.

Demikianlah tutorial cara mengatasi problem printer canon dengan kode eror 5100. Semoga tutorial ini dapat membantu mengatasi problem eror kode 5100 printer kalian, dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya. 

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.