Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Cara Membuat Botable Multi Fungsi Repair Windows Tools

    Zaman dahulu diera pertama kali komputer mulai berkembang dan di kenal masyarakat indonesia khususnya di dunia pendidikan proses penyimpanan master  windows masih menggunakan Disket, disusul setelah itu munculah CD dan DVD, kemudian muncullah yang namanya Flasdisk sebagai media penyimpanan external yang lebih simple dan multi fungsi. Dimana Flasdisk bisa jadikan sebagai pengganti media penyimpanan master windows menggantikan Disket dan CD atau DVD. 

    Untuk saat ini jarang sekali para teknisi komputer dan laptop yang masih menggunakan master instaler windows dalam bentuk CD dan DVD selain karena tingkat keefesienan yang kurang praktis, master instaler windows CD atau DVD lebih rentan mengalami kerusakan, diantarnya kotor karena debu atau cacat fisik CD atau DVD akibat goresan benda asing. Tentnya CD atau DVD yang sudah mengalami cacat fisik akan mengalami kendala ketika dipakai untuk instal ulang. Disisi lain dengan menggunakan Flasdisk sebagai master instaler windows proses transfer data akan lebih ringan dan cepat dibandingkan dengan menggunakan master inslater windows dalam bentuk CD atau DVD. 

    Disini Admin akan berbagi ilmu pengetahuan bagaimana cara menjadikan atau membuat flasdisk menjadi master Botable yang multi fungsi tidak hanya untuk master windows, bahkan bisa digunakan untuk master botable Repair Tools  System Windows seperti HirenCD, BartPE, Norton Ghost, DLC, Acronis TrueImage dan lain sebagainya tanpa harus melakukan format dan erase data flasdisk. Cukup hanya dengan menghapus file master System sebelumnya dan mengisi ulang dengan master system Windows atau Repair Tools Flasdisk bisa langsung digunakan dan dapat terbaca sebagai system oleh perangkat komputer atau laptop. 


    Langkah Membuat Bootable Flasdisk dengan Microsoft DiskPart tanpa Program Software Tambahan

    Jalankan Microsoft DiskPart dengan cara menekan kombinasi Tombol Keyboard Win + R, maka akan muncul kolom pengisian perintah Run isi dengan "diskpart" tanpa tanda kutip lalu tekan Enter Klick OK atau Enter kembali untuk mengizinkan.


    Pada dialog jendela Diskpart Command Prom ketikkan perintah "List Disk" tanpa tanda kutip, maka akan muncul list disk yang terpasang pada system windows.

    Pilih Filasdisk yang akan dijadikan botable biasanya muncul di baris terakhir dengan label size MB, pada contoh gambar di atas flasdisk berlabel Disk 3. Ketikan "Select Disk 3" tanpa tanda kutip kemudian tekan Enter.

    Selanjutnya adalah proses penghapusan partisi FlashDisk, ketikkan perintah "clean" tanpa tanda kutip kemudian tekan Enter. Proses clean partisi FlashDisk akan berlangsung beberapa detik dan akan muncul notifikasi bahwa proses clean berhasil DiskPart Suceeded in Cleaning the Disk.

    Selanjutnya adalah proses pembuatan ulang partisi FlasDisk, ketikkan perintah "Create Partition Primary"tanpa tanda kutip kemudian tekan Enter. Proses akan berjalan beberapa detik kemudian muncul notifikasi DiskPart Suceeded in Creating the Specified Partition

    Selanjutnya adalah proses pengaktivan partisi agar tampak seperti Disk Active System dengan cara ketikan perintah "Active" tanpa tanda kutip lalu tekan Enter.

    Selanjutnya adalah proses pemformatan FlashDisk type Fat32 atau NTFS ketikkan perintah "Format fs=fat32 label=Windows quick" tanpa tanda kutip kemudian tekan Enter. Untuk label "Windows" bisa kalian ganti sesuka hati sesuai dengan keinginan.

    Sampai tahap ini kita sudah berhasil membuat flasdisk menjadi Botable Disk Aktif, langkah selanjutkan adalah memasukkan file system yang ada pada master iso Windows atau Repair Tools dengan cara mengekstrack file ke media penyimpanan FlashDisk. 

    Jika sewaktu-waktu file system master windows yang ada diflashdisk corrupt karena terinfeksi virus atau ada komponen file yang terhapus kalian tidak perlu melakukan tahap-tahap di atas, langsung saca copy paste atau ekstrak langsung file system dari master iso ke dalam flasdisk. 
    Langkah Membuat Bootable Flasdisk dengan Bantuan Program Software Tambahan

    Membuat Bootable Flasdisk selain dengan cara manual seperti yang sudah Admin jabarkan di atas, dapat juga dengan menggunakan bantuan Program Sofware Tambahan. Cara ini terbilang lebih praktis namun ada kelamahannya. Yaitu dimana ketika Mater Botable Flasdisk rusak maka kalian harus melakukan format ulang menggunakan bantuan sofware yang digunakan sebelumnya atau juga jika ingin berganti ke system windows lain harus mengulangi proses dari awal (format ulang flashdisk).

    Salah satu software yang banyak digunakan adalah Rufus. Dengan Rufus kita dengan sangat mudah dapat membuat botable  Flashdisk Master Windows baik itu type format disk MBR maupun GPTUntuk caranya sangat gampang sekali silahkan ikuti prosedur berikut ini:

    Botable Master Windows FlashDisk type MBR Fat32

    Terlebih dahulu silahkan download Program Software Rufus

    Kemudian jalankan Sofware Rufus


    Pastikan pada type Partition Scheme and target System Type GPT Partition Scheme for BIOS or UEFI kemudian pada file system pilih FAT32 (Default)


    Masukkan file master iso melalui icon CDRoom

    Klick Star untuk memulai proses, apabila muncul notifikasi seperti di atas pilih OK


    Tunggu proses pembuatan file system sedang berlangsung, dilanjutkan dengan proses copying ISO File Master Windows / Repairt Tools.

    Proses pembuatan Botable FlashDisk selesai, dengan adanya notifikasi "READY" SECARA otomatis flashdisk akan berisi system bootloader disini admin membuat botable DLC Repair Tools

    Botable Master Windows FlashDisk type NTFS UEFI
    Jalankan Sofware Rufus


    Pada tab Partiion Scheme and target system type pilih GPT Partition Scheme for UEFI dan pada File System pilih NTFS. Masukkan file Iso seperti cara sebelumnya melui icon menu CDROOM kemudian klick Star untuk memulai proses.



    Proses pembuatan Bootable Windows type hardisk GPT system File NTFS selesai. Untuk cara kedua ini adalah cara membuat bootable flasdisk yang digunakan untuk instal ulang pc atau laptop serti terbaru dimana sudah tidak mensuport hardisk type MRB dan system Fat32. Penggunaan Flasdisk pun harus melalui usb 3.0 jika kalian mengkoneksikan flasdisk mode suport GPT UEFI pada usb 2.0 maka ketika proses instalasi akan terjadi eror Driver System HDD target instal tidak ditemukan.


    Sampai disini tutorial cara membuat Flasdisk menjadi Botable Mutli Fungsi Bootloader System Master Windows Instaler atau Master System Repair Tools. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: