Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Berbagi Tutorial Online Open Add Partner Blog dan Pasang Artikel Backlink DoFollow Murah Berkualitas, Bagi yang berminat silahkan baca Syarat dan Ketentuannya

    💘Cara Mengatasi Perangkat Kehabisan Ruang Xiaomi Redmi Note 5A Prime

    Munculnya notifikasi layar Perangkat Kehabisan Ruang merupakan salah satu kendala atau masalah handphone Android yang sering terjadi pada handphone dengan kapasitas internal memory dibawah 2GB terutama yang paling sering terjadi pada handphone Merk Samsung dan Advand. Dimana jika notifikasi ini sudah muncul dan handphone dalam kondisi kehabisan ruang system internal biasanya aplikasi-aplikasi yang terinstal seperti game atau aplikasi media sosial seperti WhatsApp akan terpengaruh tidak berjalan sebagaimana mestinya dan notifikasi peringatan memory internal ini akan terus menerus muncul, tentunya hal ini sangat-sangat tidak nyaman. 


    Kebanyakan kasus meskipun sudah dihapus file-file foto, vidio dan dokumen lainnya sampai habis, bahkan aplikasi-aplikasi tambahan diluar bawaan system frimeware juga sudah dihapus juga, masalah Perangkat kehabisan Ruang tidak teratasi dan memory internal masih dalam kondisi penuh. Tentunya bagi pengguna Android yang pemula ini cukup membingungkan dan akhirnya menyerahkan masalah ini kepada teknisi handphone. Padahal jika Anda mengetahui penyabab inti dan cara penanganannya yang cukup mudah, Anda tidak perlu repot-repot ke tempat teknisi handphone dan harus mengeluarkan uang jasa service.

    Sebagai contoh cara penanganan kasus Perangkat Kehabisan Ruang pada handphone Android, berikut ini Admin berikan tutorial cara mengatasinya yang terjadi pada hanpdhone Xiaomi Redmi Note 5A Prime. 

    Sebelum melakukan langkah pembersihan data internal Handphone sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu data-data Aplikasi Media Sosial yang Anda anggap penting seperti contohnya data chat WhatsApp dan Data Contact. 

    Untuk data Chat WhatsApp agar tidak hilang silahkan dibackup terlebih dahulu melalui menu pengaturan/setelah pilih menu Chat (Cadangan, Riwayat, Walpaper) Tab Cadangkan Chat untuk memulai Backup data Chat WhatsApp anda ke dalam Drive Account Google. 

    Jika ketika Anda mencoba mencadangkan Chat WhatsApp ternyata muncul peringatan bahwa proses tidak dapat dilanjutkan karena Perangkat Kehabisan Ruang, maka Anda harus mengkosongkan data History dan Cache Aplikasi terlebih dahulu. 

    Dengan cara mengakses Aplikasi Keamanan atau masuk ke pengaturan pilih pengaturan Aplikasi, maka akan muncul daftar aplikasi yang teristal/terpasang pada perangkat Android Anda seperti tampak pada gambar berikut ini: 

    Pada setiap Apliksai akna muncul jumlah Ruang yang digunakan dengan satuan MB, silahkan pilih beberapa aplikasi dengan penggunaan Ruang/MB yang besar biasanya aplikasi youtube dan browser yang paling sering digunakan oleh pengguna Android. 

    Untuk mengurangi penggunaan ruang Internal Andorid pilih menu yang ada disudut kanan bawah  pada setiap aplikasi yang Anda pilih "HAPUS DATA". Setelah itu coba kembali Backup data Chat Aplikasi WhatsApp, Jangan lupa juga untuk membackup data Contact sebelum melakukan reset ulang system Android. Jika Anda belum mengetahui caranya dapat mengakses tutorial berikut ini: Tutorial Cara Backup Contact Handphone Android

    Sampai tahap ini sebenarnya Anda sudah berhasil mengatasi masalah Perangkat Kehabisan Ruang dengan cara menghapus data hystori dan cache pada semua aplikasi yang terinstal di Internal Hanphone. Namun apabila kurang puas, dan ingin benar-benar bersih dimana Memory Internal hanya terpakai oleh System Saja Anda bisa melakukan Resset Ulang (Kembali ke Pengaturan Pabrik) melalui menu Kembali Pengaturan Pabrik di pengaturan atau dengan cara hard reset via Recovery melalui kombinasi tombol power dan volume UP. 

    Sebelum Anda memutuskan untuk mereset ulang perangkat, terlebih dahulu Aktifkan Menu Buka Kunci OEM agar perangkat tidak terkunci FRP Google Account ketika dilakukan Reset. 

    Anda dapat mengaktifkan Buka Kunci OEM melalui menu pengembang dengan sebelumnya mengaktifkan OPSI PENGEMBANG dengan cara buka menu Tentang Polsel kemudian Tab Versi MIUI atau pada handphone merk lain Versi Pembentukan 7x maka fitur Opsi Pengembang akan aktif dan dapat diakses pada menu Setelan Tambahan. 

    Setelah Buka Kunci OEM dipastikan sudah aktif, matikan handphone kemudian masuk ke mode Recovery degnan cara menekan kombinasi tombol Power + Volume Up secara bersamaan, ketika handphone hidup dan muncul logo merk handphone lepaskan Tombol Power dan tetap tekan Tombol Volume UP. 

    Setelah masuk ke menu Recovery pilih Menu WipeData, kemudian pilih Wipe Data All, gunakan tombol volume UP dan Down untuk memilih menu dan tombol Power untuk konfirmasi perintah.

    Konfirmasi Wipe Data All


    Setelah selesai kembali ke menu awal recovery kemudian Pilih Robot Device Now.


    Proses Wipe Data User selesai handphone akan melakukan penyiapan device baru setelah dilakukannya Reset System. Proses penyiapan berlangsung agak lama bisa lebih dari 5 menit tergantung merk dan type handphone untuk handphone Xiaomi biasanya butuh waktu minimal 5 menit. 


    Muncul halaman pembuka penyiapan Device baru, silahkan lakukan setting mengikuti prosedur yang ada, apabila ada menu lewati silahkan dipilih agar lebih cepat dalam proses penyiapan. 


    Handphone sudah siap digunakan kembali dalam kondisi layaknya baru, semua aplikasi yang sudah terinstal hilang dan hanya ada aplikasi default bawaan system. Silahkan instal kembali aplikasi yang anda butuhkan. 

    Kesimpulan: 
    Masalah Memory Internal Penuh dengan notifikasi Perangkat Kehabisan Ruang sering terjadi di kalangan pengguna Andorid dengan kapasitas memory internal yang kecil antara 8 GB - 16 GB. Hal ini disebabkan karena banyaknya data File Hystori dan Cache dari Aplikasi yang terinstal, dan umumnya pengguna Android tidak menyadarinya dan tidak melakukan penghapusan data aplikasi secara berkala.  Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News Berbagi Tutorial Online Menerima Request Tutorial dan Guest Post bagi Siapa Saja yang hoby menulis Tutorial dan ingin membagikan hasil karya Anda melalui Blog Berbagi Tutorial silahkan Baca Syarat dan Ketentuan Guest Post Konten Kreator
    Artikel Terkait: