Cara Mudah Mengatasi Android Vivo Bootlop Stuck di Logo

Beberapa hari yang lalu Admin mendapatkan job service handphone Android merk Vivo dengan masalah kerusakan handphone tiba-tiba saja mati ketika digunakan untuk menelpon dan ketika dihidupkan kembali hanya mentok di logo Vivo saja dengan kata lain handphone mengalami bootlop. Sayangnya pemilik tidak mengetahui type dari handhphone  miliknya dan Admin pun juga tidak begitu faham untuk type-type handphone merk Vivo.

Biasanya kasus bootlop seperti ini hanya bisa diatasi dengan cara flash ulang, namun pada waktu itu pemilik sepertinya enggan dan berat untuk meninggalkan (menitipkan) handphone sementara waktu untuk dilakukan service karena pada waktu itu kondisinya sudah sore dan hampir menjelang shalat magrib. Iseng-iseng agar pemilik handphone mau meninggalkan sementara handphone Admin coba lakukan hard reset untuk meyakinkan bahwa pengerjaannya harus diflash ulang sehingga tidak bisa ditunggu. Jika gagal di hard reset berarti handphone harus ditinggal sementara waktu karena untuk mengetahui type dan download frimeware jika ternyata belum ada dalam koleksi master flash.

Ternyata dan ternyata kasus bootlop handphone Vivo ini bisa diatasi hanya dengan melakukan hard reset, awalnya setelah handphone admin lakukan hardreset melalui menu recovery dan restart ulang tiba-tiba saja handphone mendadak mati dan tidak hidup ulang secara otomatis. Kemudian Admin coba hidupkan melalui tombol power, hidup namun blank hitam tidak ada booting logo, karena penasaran bisa jadi kondisi batteray low dalam kondisi hidup blank admin sambungkan pengisi daya.

Ketika pemilik handphone sudah melihat hasilnya dan setelah dihard resset justru hanpdhone hidup dalam keadaan blank, pemilik pun memutuskan untuk menyerahkan proses service sampai dengan selesai. Namun belum sempat pemilik memutar balik motornya handphone menyala dengan tampilan penyiapan device baru. Alhamdulillah .... tidak jadi flash ulang.



Jika Anda pengguna handphone Vivo dan mengalami kasus yang sama seperti dalam tutorial ini maka cobalah untuk melakukan hard reset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan flash ulang.

Caranya dalam kondisi handphone mati, hidupkan kembali dengan menekan tombol power dan volume UP secara bersamaan. Ketika muncul Logo Booting Vivo lepaskan penekanan tombol power dan tetap tekan tombol Volume Up. Maka Handphone akan menyala dan masuk ke mode Recovery



Pada menu Recovery gunakan tombol volume Up dan Down untuk memilih atau berpindah menu dan tombol power untuk konfirmasi perintah. Pilih Menu Wipe Data



Kemudian pilih Wipe Cache Partition, muncul konfirmasi Wipe Cache Partition konfirmasi dengan menekan tombol power.





Tunggu beberapa saat sampai rposes Formating data Cache selesai, setelah itu pilih menu Wipe Data



Muncul Konfirmasi Wipe data silahkan diconfirmasi kembali dengan tombol power.




Tunggu proses Wipe Data sampai dengan selesai, setelah selesai seperti gambar di atas, silahkan kembali ke menu awal recovery kemudian pilih Roboot System.



Handphone akan menyala kembali dan masuk dalam mode Persiapan Pengguna Baru karena telah dilakukan penyetelan ulang system melalui hard reset recovery. Silahkan lakukan pengaturan persiapan pengguna mengikuti prosedur yang ada.



Akhirnya proses setelan penyiapan penggunan device baru selesai dan handphone Vivo kembali normal dapat digunakan kembali sebagaimana mestinya.



Kesimpulan:
Untuk mengatasi kasus Bootlop dimana hanphone ketika dinyalakan hanya mentok di logo saja pada handphone merk Vivo ternyata dapat diatasi dengan cara direset/disetel ulang melalui Recovery tanpa harus melakukan flash ulang.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.