Google merupakan mesin pencari online yang menduduki posisi terbaik dan paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Terbukti dengan hampir 90% trafik pencarian organik sebuah blog berasal dari Google dan sisanya berasal dari mesin pencari online lainnya seperti Bing dan Yandex. Bagi anda seorang blogger tentunya mengoptimalkan blog di mesin pencari google adalah hal yang sangat penting dan merupakan target utama agar bisa mewujudkan memiliki blog yang dapat mendatangkan banyak pengunjung dan ada banyak cara mengoptimalkan keberadaan blog di google yang masuk dalam kategori SEO salah satunya adalah mengaktifkan Kotak Penelusuran Sitelink.

Pernah anda ketika mencari sebuah blog dengan keyword nama domain, kemudian pada hasil pencarian muncul blog dengan beberapa informasi judul halaman dan konten postingan blog?

Seperti tampak pada Screenshot di atas pada hasil test pencarian blog Berbagi Tutorial Online muncul halaman about, contact us, sitemap serta beberapa judul konten yang telah dipublikasikan. Tampilan hasil penelusuran blog seperti di ataslah yang dinamakan kotak penelusuran sitelink.

Lalu pertanyaannya, Apa Itu Sitelinks?

Sitelinks adalah tampilan hasil pencarian yang memiliki karakteristik berbeda dan cenderung lebih informatif dengan tampilan beberapa rangkuman kumpulan beberapa link hasil penelusuran bersusun atau bertingkat dan condong kedalam dari Judul Blog dan Url Domain utama. Biasanya sitelink diberikan google kepada pemilik website yang berhasil memiliki satu atau beberapa konten yang masuk halaman page one hasil pencarian pengguna.

Jadi meskipun anda sudah membuat dan mengaktifkan kotak penelusuran sitelink blog dan pada halaman dasboard Google Search Console sudah muncul menu Kotak Penelusuran Sitelink dengan informasi jumlah postingan yang valid sitelink tidak menjamin sitelink tersebut muncul dihasil penelusuran google dengan keyword Judul atau domain website anda. Karena seperti yang sudah saya sampaikan di atas pada umumnya sitelink yang muncul dihalaman penelusuran google di dapatkan oleh Blog yang memang sudah memiliki trafik organik yang tinggi dan stabil.

Untuk jumlah tampilan sitelink sendiri berbeda-beda untuk setiap website. Ada yang hanya dua kolom, empat kolom, enam kolom, bahkan ada beberapa situs lebih dari itu. Tidak ada informasi Google yang jelas bagaimana pemberian sitelinks ini kepada sebuah website, begitu juga dengan jumlah sitelinks yang diberikan.

Apakah Sitelinks Itu Penting?

Jika Anda perhatikan, Google hanya akan menampilkan sepuluh baris situs dihalaman pertama pencarian untuk kata kunci tertentu. Apabila blog Anda mendapatkan sitelinks, minimal dua baris saja, itu berarti peluang Anda mendapatkan kunjungan jauh lebih besar, karena sisa situs yang akan ditampilkan Google tinggal delapan saja.

Bayangkan jika Google memberikan Anda enam sitelinks pada hasil penelusuran website anda. Situs lain yang akan ditampilkan pada halaman pertama pencarian tentunya akan lebih sedikit. Dengan adanya sitelinks pada blog Anda juga akan menarik perhatian pengunjung untuk klick dan membaca beberapa judul postingan yang ditampilkan di sitelink, sehingga dapat meningkatkan trafik organik website anda.

Dapat disimpulkan bawah Sitelink merupakan teknik SEO yang penting dan harus diterapkan, mengingat fungsi sintelink tersebut sangatlah berdampak pada organik tayangan halaman dan konten blog serta keberadaan website anda di hasil penelusuran google.

Cara Membuat dan Mengaktifkan Kotak Penelusuran SiteLink Blog di Google Search Console.

Kotak Penelusuran Sitelink pada halaman penelusuran webiste di Google berdasarkan keyword judul atau domain sebuah webiste tidak muncul begitu saja, begitu juga menu kotak penelusuran sitelink pada Google Search Console juga tidak serta merta muncul begitu saja, perlu adanya tindakan penerapan penamakan kode sitelink pada kode penyusun template.

Disinilah juga yang membedakan antara template versi Gratisan dan Premium. Kebanyakan template geratisan tidak menanamkan kode Meta SEO yang meliputi kode Breadcrumb dan Sitelink. Sementara untuk template Premium sudah dipastikan sudah menerapkan kode Meta SEO berikut kode pengaktifan Kotak Penelusuran Sitelink Blog. Jika anda termasuk dalam pengguna template gratisan dan ternyata template yang anda gunakan belum menerapkan pengaktifan kotak penelusuran sitelink, ikuti tutorial cara membuat dan mengaktifkan kotak penelusuran sitelink berikut ini:

Silahkan anda salin kode pengaktifan Kotak Penelusuran Sitelink berikut ini:

 
<!-- Google's Sitelinks Search Box On Your Website -->
<script type='application/ld+json'> { &quot;@context&quot;: &quot;http://schema.org&quot;, &quot;@type&quot;: &quot;WebSite&quot;, &quot;url&quot;: &quot;https://www.bloggerseoscience.us/&quot;, &quot;potentialAction&quot;: { &quot;@type&quot;: &quot;SearchAction&quot;, &quot;target&quot;: &quot;https://www.bloggerseoscience.us/search?q={search_term_string}&quot;, &quot;query-input&quot;: &quot;required name=search_term_string&quot; } } </script>
<!-- Google's Sitelinks Search Box On Your Website -->

Tempelkan kode di atas </head> kemudian klick Simpan Tema untuk menerapkan.

Agar penerapan kotak penelusuran sitelink segera aktif dan diindek oleh Google anda perlu melalukan submite ulang Url blog ke menu Inspect elemen pada Google Search Console.

Pastekan Url blog anda kemudian tekan Enter untuk memulai scan penelusuran status indek url.

Jika muncul pesan url sudah ada di google, klick URL Aktif untuk perayapan ulang url aktif dengan perubahan yang diterapkan, kemudian klick minta pengindeksan.

Sampai disini Anda sudah berhasil membuat kotak penelusuran sitelink blog dengan menanam kode pengaktifan Sitelink. Tunggu beberapa hari sampai dengan google melakukan index ulang perubahan pada website anda. Biasanya setelah proses pengindekan ulang berhasil pada halaman dasboard search console akan muncul Kotak Penelusuran Sitelink Blog.

Agar Sitelink benar-benar aktif dan muncul di hasil penelusuran google, tingkatkan trafik blog anda dan perbaiki kwalitas SEO Blog agar Blog anda lebih SEO dan Ramah dengan Google dengan cara membuat konten yang berkwalitas original unique dan memperbaiki page score on page SEO Blog melalui situs penyedia Analysis SEO Online untuk mengetahui hal apa saja yang perlu anda perbaiki.

Aturan Komentar : Tanyakan Di Kolom Komentar Apabila Ada Yang Kurang Jelas. Komentar Dengan Sopan . Apabila Ada Yang Kurang Sopan. Admin Akan Otomatis Hapus Komentar Anda.
Disqus Comments