Cara Menghapus URL Halaman Usang Yang Tidak Ditemukan

Salah faktor yang mengurangi nilai SEO sebuah blog atau website adalah adanya URL halaman konten yang sudah usang (Outdated Content Page) di Google atau lebih dikenal dengan URL halaman tidak ditemukan Error Code 404. Semakin banyak URL halam yang tidak ditemukan (outdated conten page) maka akan mengurangi tingkat kesehatan dan memperburuk citra sebuah website di mata search engine terutama google.

Jika sebelumnya kita dapat dengan mudah menghapus URL halaman yang tidak ditemukan melalui search console versi lama, untuk saat ini sudah tidak semudah itu. Karena seperti kita ketahui bersama saat ini Google sudah menerapkan Google Search Console versi baru, dan menutup halaman google search console versi lama.

Sayangnya pada Google Search Console (Google Webmaster Tool) versi terbaru saat ini, menu ... tidak tidak tersedia dan tidak dapat diakses lagi. Menu penghapusan url pada halaman Google Search Console versi terbaru masih masuk dalam kategori laporan fitur lama dan untuk penggantinya fitur baru belum tersedia saat ini.

Saya sendiri sempat bingung bagaimana jika ingin menghapus URL halaman konten yang sudah usang tidak ditemukan dan tidak bisa diakses oleh pengunjung blog. Sementara url tersebut masih terindex dan ditampilkan pada hasil pencarian pengguna di google.

Secara tidak sengaja saya menemukan halaman  penghapusan konten usang kita saya dihadapkan pada masalah Blog yang terindex namun pada hasil penelusuran tidak ada informasi atau deskripsi tentang situs yang ditampilkan. Saya mencoba mengakses beberapa rekomendasi dari google, dan saya diarahkan ke halaman Webmaster Tool Removals.

Ternyata fitur penghapusan URL halaman yang tidak ditemukan dan tidak dapat diakses karena  halaman telah dihapus oleh pemilik namun masih terindex oleh Google masih tersedia dan tidak lagi menyatu berada di halaman Google Search Console versi lama.

Jika Anda membutuhkan fitur URL Removals Google ini untuk menghapus halaman atau postingan yang telah anda hapus sebelumnya dan ingin menghapusnya secara permanent agar tidak lagi tampil pada hasil pencarian pengguna anda dapat mengakses halaman Google Removals URL Links dengan mengetikkan url Google.com/webmasters/tools/removals pada adressbar browser.

Masukkan Reques penghapusan URL halaman usang dengan format penulisan berikut ini:

https://www.google.com/url?url------ tempelkan url yang ingin dihapus disini ------------

Kemudian klick REQUEST REMOVAL untuk mengkonfirmasi permohonan anda.

Google akan melakukan scand terhadap url yang ingin anda hapus, kemudian akan muncul jendela konfirmasi apakah anda benar-benar ingin menghapus url halaman dari status index google.

Pilih Yes dan Klick Next untuk melanjutkan , muncul kembali jendela hamanan analisa url yang akan dihapus, klick Next untuk melanjutkan.

Muncul kembali jendela halaman konfirmasi penghapusan URL, salin url yang telah dianalisa kemudian tempelkan pada area konfirmasi url dengan catatan url yang dihapus sama persis dengan url active hasil analisa.

Agar tidak terjadi kesalahan penulisan, salin url yang ditampilkan dan tempelkan ke area kolom konfirmasi penghapusan url kemudian Klick Request Removal.

Akan muncul pesan Thanks you for your submission, permohonan penghapusan telah terkirim dan akan diproses kemudian.

Klick OK untuk menutup jendela, dan akan muncul status request penghapusan url halaman usang yang tidak dapat diakses karena tidak ditemukan.

Status penghapusan pending akan berubah menjadi sukses selah beberapa jam atau hari kemudian terhitung dari dikiramnya permohonan penghapusan dan Judul Halaman beserta Urlnya tidak akan lagi ditampilkan dalam hasil penelusuran.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.