Perubahan Menarik Iklan Otomatis Adsense Oktober 2019

Di awal bulan september sampai dengan bulan Oktober ini Google Sepertinya sadang melakukan perubahan besar-besaran pada fitur-fitur miliknya, seperti Google Search Console, Google Analytics dan Google AdSense. Hal tersebut ditandai diantaranya dengan non-aktifnya satu persatu fitur Google Search Console Lama dan bertambahnya fitur baru pada Google Search Console Baru hingga saat ini alhasil Google Sudah benar-benar menerapkan dan mengarahkan pengguna untuk beralih ke Search Console Versi Baru dan Menonaktifkan Akses halaman Search Console Lama.

Begitupun juga AdSense yang banyak mengalami perubahan kebijakan, dimana beberapa minggu yang lalu sempat boming banyak terjadi kasus pembatasan iklan pada website yang dianggap perlu dilakukan peninjauan ulang berkaitan dengan syarat dan kebijakan Google AdSense.

Sekarang ini AdSense juga sudah menerapkan perubahan menarik pada iklan Otomatis. Setiap Pengguna atau Publisher AdSense akan menerima pesan email berisi pemberitahuan untuk mempersiapkan perubahan menarik pada iklan otomatis. Seluruh publisher AdSense sudah dipastikan akan mendapatkan pemberitahuan ini, dan untuk publisher AdSense dari Indonesia diberikan jangka waktu untuk meninjau dan menerapkan setelan Ikan Otomatis terbaru paling lambat tanggal 27 Oktober 2019.

Iklan otomatis baru kini berfungsi melalui kode iklan apa pun. Jika Anda telah mengaktifkan iklan otomatis untuk suatu situs, bahkan halaman yang hanya berisi unit iklan biasa akan mulai menampilkan iklan otomatis di situs tersebut secara otomatis dengan penempatan iklan terbaik bagi setiap situs.

Jadi terhitung mulai bulan Oktober 2019 ini, seluruh publisher AdSense dan Calon Publisher AdSense kedepannya tidak perlu lagi memasang kode unit iklan otomatis secara manual baik itu versi Non-Amp dan AMP. Jika sebelumnya untuk mengaktifkan iklan otomatis anda harus memasang kode iklan otomatis Non-AMP dan kode iklan otomatis AMP diarea kode HTML Template dengan penempatan kode dua titik yaitu diantara kode <head> dan </head> serta diantara kode <body> dan </body>. Untuk saat ini sudah tidak perlu menggunakan metode lama tersebut. Cukup hanya dengan menempatkan satu buah kode iklan otomatis di area <head> dan </head> yang akan saya bahas pada postingan ini.

Publisher AdSense juga menerima pesan Perubahan Menarik Iklan Otomatis AdSense pada Dashboard Account AdSense. Seperti tampak pada screenshot di atas dan dibawah ini:

Untuk mulai menerapkan perubahan menarik setelah iklan otomatis AdSense, pada notifikasi dashboard AdSense Klick REVIE,  maka akan terbuka jendela halaman baru.

Melalui halaman peninjauan setelah iklan ini, anda bisa melihat perubahan tampilan penempatan iklan otomatis terbaru baik versi Mobile dan Dekstop. Jadi sebelum memutuskan untuk mengaktifkan atau menolak penawaran fitur ini anda sudah diberikan gambaran dan pertimbangan.

Jumlah iklan otomatis yang nantinya muncul juga sudah diberikan jumlahnya, baik versi tampilan mobile dan dekstop. Perhatikan jumlah unit iklan otomatis yang saya beri tanda panah merah.

Untuk mengaktifkan perubahan menarik iklan otomatis sebelum habis batas waktu yang diberikan oleh pihak Team AdSense, Gulir ke kanan menu Optimalkan unit iklan yang ada seperti tampak pada secreenshot di bawah ini:

Klick Selesai untuk mengakhiri penerapan, hasilnya situs yang telah diterapkan pengaktivan perubahan iklan otomatis akan terchecklis hijau dan disebelah kanan menu Review berubah menjadi Edit.

Lakukan hal yang sama pada website anda lainnya untuk menerapkan perubahan menarik iklan otomatis AdSense.

Setelah selesai menutuskan mengaktifkan perubahan iklan otomatis pada beberapa website atau seluruh website anda klick Simpan dan Terapkan Setelan.

Klick Buka Ringkasan Situs untuk step selanjutnya. Akan muncul jendela sambutan tour AdSense Tingkatkan Pendapatan dengan iklan otomatis, memungkinkan google menampilkan iklan yang tepat di semua tempat terbaik untuk situs anda dan audiens anda.

Klick Mulai untuk mengakhiri penerapan perubahan iklan otomatis AdSense.

Dengan memberikan Izin Google menempatkan iklan dengan perubahan menarik pada iklan otomatis AdSense akan membuka peluang meningkatkan pendapatan klick iklan. Tentunya fitur terbaru tersebut sangatlah bermafaat bagi publisher, dan sebagai publisher adsense anda harus yakin bahwa Google akan memberikan solusi yang terbaik untuk anda.

Langkah selanjutnya adalah menempelkan kode iklan otomatis sebagaimana yang sudah saya singgung pada awal penjelasan postingan ini. Namun sebelumnya anda perlu mengetahui manfaat dan cara kerja Iklan Otomatis AdSense dengan perubahan yang menarik.

Manfaat dan Keuntungan iklan Otomatis, antara lain:

  1. Berpotensi meningkatkan pendapatan. Iklan otomatis akan menganalisis halaman dan menemukan tempat baru untuk menampilkan iklan berdasarkan tata letak, konten, dan iklan Google yang ada.
  2. Mudah digunakan. Anda hanya perlu menempatkan satu potongan kode iklan untuk memulai. Setelah Anda menempatkan kode tersebut, iklan Otomatis akan secara otomatis menyesuaikan dengan setiap perubahan yang Anda buat pada situs dan setelan iklan.
  3. Memungkinkan Anda menyesuaikan iklan dengan situs. Setelan iklan Otomatis memberi Anda kontrol terhadap tempat penayangan iklan di situs Anda.
  4. Mobile-friendly. Iklan Otomatis secara otomatis menyesuaikan dengan setiap ukuran layar. Iklan Otomatis juga menyertakan format khusus seluler seperti iklan anchor dan vinyet.

Cara kerja iklan Otomatis

  1. Iklan Otomatis menggunakan teknologi cerdas Google untuk Memahami struktur halaman Anda
  2. Mendeteksi iklan Google yang ada di halaman Anda. (Perhatikan bahwa kami tidak dapat mendeteksi iklan dari jaringan iklan lainnya.)
  3. Menempatkan iklan baru secara otomatis berdasarkan elemen yang berbeda seperti tata letak halaman, jumlah konten di halaman, dan iklan Google Anda yang ada.
  4. Jika Anda membuat perubahan pada situs, kami akan mendeteksi dan menganalisis ulang halaman Anda.

Klick Dapatkan Kode, maka akan muncul jendela halaman kode Iklan Otomatis AdSense versi terbaru. Salin kode tersebut dan tempelkan di area kode HTML Template tepatnya di bawah kode <head>. Klick Simpan Tema untuk menerapkan.

Berikut ini hasil penerapan Iklan Otomatis AdSense dengan perubahan menarik versi terbaru, tampak pada area di bawah tombol navitasi muncul unit iklan display banner persegi panjang.

Dan pada halaman home page Berbagi Tutorial dengan tampilan Grid, tampak iklan otomatis berada di sela-sela konten postingan. Yang saya beri tanda panah merah merupakan iklan manual yang saya pasang sebelumnya.

Dengan adanya perubahan menarik pada Iklan Omatis AdSense ini sangatlah bermanfaat dan memudahkan publisher adsense dalam penempatan iklan. Dimana google akan menempatkan iklan di situs anda pada area terbaik penempatan unit iklan secara otomatis. Semoga saya dengan perubahan baru ini akan lebih mensejahterakan publisher adsense dimasa yang mendatang.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.