Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Cara Cek Kecepatan Load Halaman Blog Terbaru dari Google

    Halaman blog yang ringan dengan kecepatan load halaman kurang dari 2,5 detik merupakan bagian dari tolak ukur sebuah halaman blog atau website dianggap memenuhi kriteria mobile seo friendly. Optimasi kecepatan load halaman blog juga merupakan metode SEO On Page. Artinya optimasi ditujukan dan ditargetkan pada halaman blog agar sesuai dengan berbagai jenis perangkat serta memiliki kecepatan load halaman yang memenuhi standar google.

    Pada umumnya kebanyakan blogger melakukan pengecekan kecepatan website (load halaman website) menggunakan GTmetrix, Page Speed Insight, dan Mobile SEO Friendly Test yang merupakan produk lama google.

    Baru-baru ini Google meluncurkan Website Mobile Testing Tool yang dapat anda gunakan untuk mengecek dan mengetahui seberapa cepat load halaman blog anda? apakah sudah Mobile SEO Frindly atau sebalinya halaman anda terdeteksi kurang SEO Mobile Friendly karena adanya beberapa point yang memberikan beban load halaman yang perlu diperbaiki.

    Langsung saja buka halaman Think With Google. Masukkan URL Website atau Blog anda kemudian tekan Enter untuk memulai analisa.


    Kemudian setelah hasil analisa halaman website anda selesai, akan muncul informasi kecepatan halaman seluler dengan nominal beberapa detik sesuai dengan koneksi jaringan yang anda gunakan.

    Sebagai bahan uji coba praktik saya mencoba test seberapa cepat load halaman salah satu website milik saya pribadi yaitu Blogger SEO Knowledge. Hasilnya sedikit mengecewakan tidak sesuai dengan Judul Label Blog ternyata Website Blogger SEO Knowledge memiliki kecepatan halaman yang tidak memenuhi kriteria Mobile SEO Friendly dan tergolong lambat yaitu 2,9 detik pada koneksi jaringan 4G Indosat Ooredo.

    Hal tersebut disebabkan oleh Template yang saya gunakan bukanlah Versi AMP dan juga terlalu banyak konten postingan yang mengandung gambar. Bagaimana tidak, untuk memperjelas tutorial yang saya bagikan, saya sengaja melampirkan gambar screenshot pendukung untuk memperjelas penjelasan setiap poin bahasan. Belum lagi semua gambar pendukung yang berupa screenshot dengan type file PNG ketika saya lampirkan tanpa melalui proses minimiz resolusi dan size terlebih dahulu. Memang terlihat bodoh, dan itulah kesalahan fatal yang telah saya lakukan.

    Selain itu adanya banner iklan juga mempengaruhi kecepatan load halaman situs. Semakin banyak iklan banner yang dipasang maka beban load halaman akan semakin bertambah. Itulah konsekuensi memasang jaringan pengiklanan pada website meskipun anda sudah menerapkan metode lazy load, tetap saja ada efek samping beban load halaman.

    Anda dapat menggulir menu laporan di samping tampilan halaman webiste untuk mengetahui lebih banyak dan detail laporan mengenai kecepatan load situs anda.

    Anda dapat juga mendapatkan laporan lebih banyak serta rekomendasi mengenai kecepatan load halaman situs atau website anda secara berkala melalui langganan laporan melalui email. Klick Hasilkan Laporan, maka akan muncul kolom langganan laporan yang berisi hasil dari semua alat yang diselesaikan pada halaman website anda.

    Masukkan alamat email anda, kemudian checklist berlanganan menerima pesan email dari Think dengan Google untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk google terkait. Klick Kirim untuk request laporan secara berkala melalui pesan singkat email.


    Anda akan menerima pesan email dari Think With Google berisikan laporan kecepatan load halaman webiste anda serta beberapa tips rekomendasi yang dapat diterapkan untuk mengatasi halaman load website yang lambat.

    Disini dapat disimpulkan bahwa hal yang paling berpangaruh serta menentukan kecepatan load halaman website agar Mobile SEO Friendly adalah adanya gambar pendukung/banyaknya halaman yang mengandung gambar serta Banner Iklan yang terpasang dalam sebuah webiste. Kedua point tersebut memang susah untuk dihindari, terkecuali postingan anda memang benar-benar hanya berupa teks saja dan anda tidak menjadi publisher iklan apapun.

    Hal yang bisa dilakukan adalah mengurangi jumlah banner iklan yang dipasang baik pada halaman home page maupun halaman konten, memperkecil ukuran size atau resolusi gambar sebelum di menyisipkannya ke dalam konten postingan dengan menggunakan software converter/minimizer atau melalui website converter/minimizer image online. Salah satu type file yang dapat anda pilih dengan kualitas atau resolusi gambar yang dapat dipertahankan namun size yang kecil adalah eksentensi webp setelah dilakukannya penurunan size file.

    Sejak ditulis dan dipublikasikannya tulisan ini saya akan melakukan ujicoba mengkompres semua gambar yang akan menjadi lampiran pendukung konten Blogger SEO Knowledge dengan eksetensi .webp karena ukuran size Kb filenya yang sangat kecil untuk membuktikan apakah dengan melakukan penurunan ukuran file dapat meningkatkan kecepatan load halaman. Kita buktikan saja, dan tunggu konten pembahasan hasilnya dimasa yang akan datang.


    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: