Untuk pertama kali saya mendapatkan keluhan pengguna handphone Oppo A37 yang error masuk recovery mode terus menerus ketika dinyalakan. Awalnya error ini saya kira diakibatkan oleh system yang crash seperti pada kasus handphone xiaomi yang masuk ke mode recovery atau fastboot ketika dinyalakan dan dapat diatasi dengan  cara flash ulang.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah melakukan flash ulang Oppo A37 yang error masuk ke mode recovery terus menerus. Namun hasilnya setelah dilakukan flash ulang Oppo A37 tetap auto masuk mode recovery ketika dinyalakan.

Setelah mencoba searching google mengenai masalah Oppo A37 masuk mode recovery, barulah saya menemukan jawabannya. Hal ini ternyata disebabkan karena tombol volume down yang konslet hingga perangkat mendeteksi perintah dari volume down itu sendiri.

Solusinya yaitu dengan mengganti tombol volume atau menjampernya. Untuk membuktikannya saya mencoba memotong tombol volume down. Sebelum saya potong, saya mencoba membuka pin volume down barang kali bisa diperbaiki namun gagal setiap dinyalakan Oppo A37 tetap masuk recovery. Tidak ada pilihan lain selain mencoba memotong (membuang) pin tombol volume down. Dan setelah saya potong hasilnya sesuai harapan, dan memang benar tombol volume down mengalami short yang mengakibatkan error tersebut.

Oppo A37 yang sebelumnya sempat saya flash ulang dapat menyala kembali dengan normal setelah dibuangnya tombol volume down.

Demikianlah pengalaman cara mengatasi handphone andorid Oppo A37 yang masuk recovery mode secara terus menerus ketika dinyalakan yang ternyata diakibatkan oleh tombol volume down yang konslet sehingga ketika dinyalakan seperti ada perintah untuk masuk ke mode recovery.

Aturan Komentar : Tanyakan Di Kolom Komentar Apabila Ada Yang Kurang Jelas. Komentar Dengan Sopan . Apabila Ada Yang Kurang Sopan. Admin Akan Otomatis Hapus Komentar Anda.
Disqus Comments