Cara Mengajukan Sanggah Gagal Lulus Administrasi CPNS

Salah satu syarat untuk dapat mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahap ke 2 atau lebih dikenal dengan Ujian CPNS System CAT adalah peserta harus lulus seleksi Administrasi yaitu berupa pengecekan kesesuaian antara data yang diinput dengan bukti fisik dokumen yang diupload apakah sesuai dan pada tempatnya mengikuti juknis yang telah ditetapkan.

Apabila ternyata ada kesalahan dalam input data, kesalahan upload dokumen tidak pada tempatnya, dokumen yang diupload buram tidak jelas, dokumen yang diupload tidak sesuai ketentuan seperti contohnya surat lamaran dan pernyataan yang harus di tulis tangan atau diketik komputer maka peserta akan dinyatakan gugur. Masing-masing instansi memiliki peraturan dan ketentuan yang berbeda-beda. Sehingga peserta CPNS harus mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh instansi tempat dimana formasi dilamar.

Baca Juga: Tutorial Cara Cek Jumlah Total Pendaftar CPNS 2019 Untuk Setiap Instansi dan Formasi

Meskipun masing-masing instansi telah mengumumkandan menerbitkan dokumen peraturan-peraturan atau prosedur yang harus diikuti dan ditaati oleh pelamar, tetap saja akan ada peserta yang gagal pada tahap seleksi berkas karena melakukan kesalahan baik karena ketidak tahuan, atau ketidak telitian dalam membaca petunjuk pendaftaran CPNS.



Pada kesempatan ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara mengajukan sanggahan menindaklanjuti kegagalan pendaftar CPNS Tahun 2019 pada tahap Adminstrasi karena belum memenuhi persyaratan adminsitrasi intansi yang dilamar. Setiap pendaftar yang dinyatakan tidak lulus pada tahap administrasi akan memperoleh pemberitahuan mengenai apa yang menyebabkan dinyatakan tidak lulus salah satunya seperti tampak pada screenshot di bawah ini:




Pada screenshot di atas peserta CPNS dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi karena melakukan kesalahan dalam penulisan surat lamaran, dimana surat lamaran peserta seleksi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia seharusnya diketik komputer sementara pelamar justri menulis lamaran dengan tulis tangan.

Kesempatan masa sanggah diberikan dengan jangka waktu 3 hari terhitung sejak pengmumuman hasil seleksi administrasi dan untuk pengumuman hasil sanggah diumumkan kembali setelah 7 hari sejak batas waktu masa sanggah berakhir. Untuk mengajukan sanggahan klick Menu AJUKAN SANGGAH pada halaman Resume Account , maka akan muncul Form Sanggah seperti screenshot berikut ini:



Form Sanggah sendiri berbeda-beda tampilannya, seperti tampak pada scrnshot di atas dan di bawah ini antara penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian berbeda form. Intinya isi alasan mengapa anda harus diberi keringanan dan kesempatan kedua untuk bisa mengikuti seleksi tahap ke 2 Ujian CPNS System CAT.


Contoh Sanggah Untuk Kualifikasi Pendidikan pada STR dan Ijazah yang tidak Sama dengan alasan TMS dari verifikator: STR yang di upload tidak liner dengan jenjang pendidikan D-IV Kebindanan.


Contoh Gagal Lulus Seleksi Berkas Karena Lupa mengunggah STR (Menjadikan satu file PDF antara STR dengan Ijazah)

Tidak Mengunggah STR dengan Alasan TMS Verifikator: SCAN STR Tidak Ada atau Tidak Mengunggah STR

Berikut ini Contoh Sanggahannya, yang mungkin bisa menjadi bahan Anda yang juga mengalami kesalahan gagal Upload STR:

Berikan alasan yang masuk akal dan bahan pertimbangan kepada Team Seleksi untuk memaafkan kesalahan Anda karena kesalahan yang mengakibatkan Anda dinyatakan tidak lulus bukanlah karena anda tidak membaca dan memperhatikan petunjuk pendaftaran melainkan karena suatu hal yang memang tidak anda mengerti atau ketahui. 



Jumlah karakter kata pada kolom sanggahan tidak bisa panjang lebar, karena memiliki batas maksimal karakter. Jadi rangkailah kata-kata seefisien mungkin namun tepat sasaran (Singkat, Padat, Jelas dan Meliki Bobot Pertimbangan). Jika anda menggunakan jasa orang lain, jangan anda sebutkan, karena pada dasarnya proses pendaftaran CPNS tidak boleh melalui bantuan atau jasa orang lain. Buatlah alasan sebaik mungkin dan seolah-olah anda mendaftar sendiri dan anda yang melakukan kesalahan itu. 

Setelah Anda selesai mengisi Form Sanggahan, Checklist Persetujuan kemudian Klick Akhiri Proses Sanggah. Sebelum mengakhiri Proses Sanggah baca kembali ajuan sanggah anda, bila perlu baca sampai berulang kali, usahakan alasan yang anda ajukan benar-benar tepat sasaran dan bisa menjadi bahan pertimbangan Team Seleksi untuk mengabulkan sanggahan anda.

Demikianlah Tutorial Cara Mengajukan Sanggahan pada tahap seleksi Administrasi CPNS Tahun 2019 karena belum memenuhi persyaratran administrasi yang dilamar dan dinyatakan tidak lulus.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.