Menulis Blog Menghasilkan Uang

Mendapatkan penghasilan berupa uang dari blog merupakan harapan dan mimpi besar bagi setiap blogger yang memang dari awal membuat dan mengelola blog dengan target menghasilkan uang dari internet. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan blog ke AdSense kemudian mulai menayangkan iklan dan memperoleh penghasilan dari Klick Iklan AdSense.

Daftar Isi

Langkah Membuat Blog Bagi Pemula

Untuk memulai membuat blog ada beberapa langkah awal yang harus anda lakukan dalam proses membangun sebuah blog, diantaranya:

1. Menentukan Platform tempat Membuat Blog

Untuk memulai membuat sebuah blog anda perlu menentukan platform atau situs penyedia pembuatan blog mulai dari yang geratis dan berbayar silahkan disesuaikan dengan kemampuan dan daya beli masing-masing. Ada 2 platform tempat membuat blog yang popuer di Indonesia yaitu Blogger dan Wordpress.

Keduanya sama-sama gratis namun khus untuk wordpress dibutuhkan budget yang lumayan karena harus membeli hosting, plugin premium dan SSL. Berbeda dengan Blogger anda dapat menggunakannya secara full geratis tanpa modal hanya bermodalkan akun Google, karena blogger tidak memerlukan hosting dan apabila ingin blog anda tampil lebih kece dan powerfull anda dapat membeli Template Premium dan Upgrade Domain ke Top Lovel Domain (TLD).

2. Menentukan Niche Blog
Menentukan Topik pembahasan blog atau lebih dikenal Niche Blog di kalangan Blogger merupakan langkah yang paling penting setelah memilih Platform tempat membuat blog. Pilih Topik atau Niche blog sesuai dengan keahlian yang anda kuasai, atau anda dapat memilih niche blog sesuai dengan hoby anda sehari-hari. Dengan memilih Niche Blog sesuai dengan keahlian atau hoby akan mempermudah anda dalam mengisi konten postingan blog. Atau anda dapat menentukan niche blog berdasarkan topik yang sedang akan anda pelajari, anda merasa penasaran dan serius untuk mempelajarinya. Sehingga secara tidak langsung anda dapat belajar kemudian menuangkan hasil dari apa yang anda pelajari ke Blog dalam bentuk postingan.

3. Menentukan Judul dan Nama Unik Blog (Domain)
Setelah menentukan Platform tempat pembuatan blog dan Niche Blog, langkah selanjutnya adalah menentukan Judul dan Domain Blog sebagai identitas Blog Anda. Domain juga dapat diartikan sebagai alamat blog, jadi anda harus menentukan domain yang sesuai dengan Niche Blog agar terlihat seperti satu kesatuan yang mengidentifikan isi dan target tujuan blog anda. Sehingga pengguna atau pembaca dapat mengetahui gambaran isi dari blog anda hanya dengan melihat nama dan domain yang digunakan.

4. Menentukan Tema atau Template Blog

Agar blog anda tampil menarik baik dari segi tata letak dan tampilan perlu pemilihan tema yang tepat. Sehingga pembaca akan merasa nyaman ketika menikmati konten yang anda bagikan. Selain itu pemilihan tema juga harus disesuaikan dengan niche blog anda. Pilih Template yang SEO Friendly yang dapat menyesuaikan tampilan sesuai dengan perangkat yang digunakan. Templat yang SEO Friendly adalah template yang memiliki kemampuan menyesuaian tampilan dalam berbagai jenis Perangkat serta ringan dengan loading yang cepat. Dengan menggunakan tema yang SEO Mobile Frindly Blog anda akan tampil lebih powerfull dan memiliki peluang besar dapat bersaing di mesin pencari Google sehingga dapat mendatangkan banyak pembaca.

Baca Juga: Cara Menjadi Blogger Dan Menghasilkan Uang Dari Internet
5. Buat Konten Postingan Yang Berkualitas dan Memberikan Manfaat Bagi Pembaca

Membuat konten postingan yang berkualitas dalam arti konten banyak diminati dan dibutuhkan orang, memberikan solusi dan manfaat bagi pembaca dan mengandung informasi yang jelas serta dapat dibuktikan keberannya. Sebelum menulis konten postingan berdasarkan ide baru yang anda dapatkan, sebaiknya lakukan riset keyword menggunakan Judul Postingan yang akan ada buat. Hal ini untuk mengukur seberapa besar volume pencarian dari postingan yang akan anda buat. Apakah memiliki volume pencarian tinggi atau sebaliknya volume pencarian pengguna sangat rendah.

Dengan melakukan Riset keyword terlebih dahulu anda dapat memperikiran dan memperoleh gambaran apakah nantinya postingan yang anda buat dapat mendatangkan banyak pembaca atau tidak. Jika berpotensi dapat mendatangkan banyak pembaca berdasarkan volume pencarian di google yang tinggi, postingan yang akan anda buat sudah bisa dikatakan tepat sasaran dan tidak akan membuang-buang waktu anda menulis sesuatu yang sedikit peminatnya.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Pengunjung Blog Dan Visitor Organik Dari Google
Konten Postingan merupakan penentu keberhasilan dalam membangun sebuah blog. Membuat Konten Postingan harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna google. Apa yang banyak dicari dan dibutuhkan pengguna itulah yang harus anda buat dan sediakan.

Jika dalam membuat postingan anda hanya sekedar menyalurkan apa yang ada di benak anda dan yang penting bisa rutin update postingan, tanpa adanya tindakan analisa apakah yang anda tulis banyak dibutuhkan orang dan dapat memberikan manfaat serta memiliki volume pencarian yang tinggi sudah dapat dipastikan konten yang anda buat tidak akan dapat mendatangkan banyak pembaca dan hanya akan membuang-buang waktu anda saja.

6. Membagikan Konten Postingan Blog ke Media Sosial
Setelah anda selesai membuat konten postingan dan mempublikasikannya, pastikan postingan yang anda buat sudah terindeks di Google dengan cara submite URL Postingan ke Google Webmaster Tools. Kemudian lakukan share konten postingan blog anda ke media sosial. Hal ini bertujuan untuk menarik lebih banyak pembaca selain dari hasil Organic Trafik hasil penelusuran pengguna di mesin pencari seperti Google.

Media Sosial untuk saat ini merupakan sarana yang paling tepat untuk mempromosikan Blog. Hal ini disebabkan karena pada saat ini orang-orang lebih cenderung menghabiskan waktunya untuk sekedar update status atau membaca status orang lain di aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan apalikasi media sosial lainnya. Anda dapat mempengaruhi pembaca yang berasal dari media sosial dengan status yang berisikan cuplikan Judul dan Deksripsi postingan blog yang baru saja anda publikasikan.

Setelah anda menyiapkan beberapa point dasar membuat dan membangun Blog di atas. Barulah Anda  siap untuk mulai memperoleh penghasilan dari mengelola blog. Perlu anda ketahui bahwa, setelah anda berhasil membuat blog dengan banyak konten, mendapatkan pembaca atau visitor blog, tidak menjamin anda akan dapat dengan mudah memperoleh penghasilan. Butuh kesabaran ekstra dan usaha yang konsisten, tidak mudah menyerah dan putus asa menghadapi penghasilan dari klick iklan AdSense yang kadang sangat rendah hanya ratusan rupiah atau ribuan saja. Banyak visitor bukan berarti dapat menghasilkan banyak penghasilan, namun berpeluang mendapatkan penghasilan lebih banyak.
Kembali ke Daftar Isi


Sumber Penghasilan Mengelola Blog

Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk dapat menghasilkan uang dari mengelola blog. Pada umumnya para blogger pemula mengira bahwa sumber penghasilan blog satu-satunya adalah dari AdSese. Padahal masih banyak alternatif lain yang dapat menjadi pilihan tambahan atau pengganti apabila ternyata Blog susah untuk diterima AdSense, berkali-kali mengajukan namun selalu ditolak.

1. Penghasilan dari AdSense

Mendaftarkan blog menjadi publisher Iklan AdSense merupakan langkah yang tepat. Karena untuk saat ini hanya AdSense yang benar-benar dapat diandalkan dan membayar atas perolehan klick  dan tampilan iklan per 1000 tampilan. Untuk penyedia jasa iklan lainnya jarang sekali yang membayar iklan dengan metode CPC rata-rata menggunakan metode CPS dan CPA.

2. Penghasilan dari Affiliasi

Mendaftarkan blog menjadi publisher affiliate perusahaan penyedia protam affiliate juga bisa menjadi pilihan tambahan atau pengganti. Tugas dari publisher affiliate adalah mempromosikan produk suatu perusahaan dan akan dibayar/memperoleh imbalan apabila terjadi transaksi pembelian barang melalui link iklan yang dipasang di blog. Nilai imbalan pun bervariasi biasanya dalam bentuk persentase dari harga jual produk. Apabila anda bisa menarik banyak minat dan meyakinkan pembeli untuk melakukan transaksi pembelian dari produk perusahaan yang anda promosikan, sebenarnya metode affiliasi lebih menjanjikan. Namun sayangnya jarang sekali orang yang mau membeli produk melalui iklan affiliate. Pengalaman saya banyak klick namun tidak ada satupun transaksi yang terjadi.

Baca Juga: Cara Cepat Menghasilkan Uang Dari Internet Dengan Program Affiliate

3. Pengasilan dari Influencer

Selalain dari mendaftarkan blog ke program pengiklanan seperti AdSense dan Affiliate ada juga alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan dari blog yaitu dengan bergabung ke protram Infulencer. Yaitu sebuah proses mempromosikan produk memalui tulisan, yang mendeksripsikan suatu produk perusahaan dan sekaligus mempromosikannya melalui artikel yang mengulas produk tertentu. Apabila artikel anda memenuhi syarat anda akan mendapatkan bayaran dengan mempublikasikan artikel dari pihak perusahaan atau anda diminta untuk membuat sendiri artikelnya.

4. Penghasilan dari Jual Beli Backlink

Apabila anda sudah berhasil membangun blog yang besar dan sukses mendatangkan banyak pembaca setia blog anda. Salah satu cara lain untuk memperoleh penghasilan dari mengelola blog adalah dengan menjual backlink do follow atau anda juga dapat bergabung ke situs penyedia jual beli backlink. Biasanya untuk harga artikel dengan link backlink do follow yang tertanam di dalamnya  seharga ratusan ribu rupiah tergantung tingkat nilai DA dan PA blog. Semakin tinggi nilai DA dan PA blog maka harga backlink do follow akan semakin mahal.
Kembali ke Daftar Isi


Demikianlah ulasan singkat mengenai bagaimana menulis di blog menghasilkan uang bukan sekedar menyalurkan hoby menulis dan berbagi informasi di media sosial. Semoga apa yang saya bagikan dapat memberikan informasi dan motivasi bagi anda yang belum memiliki blog dan sedang berencana untuk membuat dan membangun blog. Selamat mencoba  dan semoga berhasil.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.