Cara Bongkar Case dan Mengganti Timing Belt Epson L360

Mengganti Timing Belt Epson L360 Putus. Salah satu resiko penggunaan Printer banyak tangan adalah besarnya peluang kerusakan printer lebih cepat. Bisa diakibatkan karena penggunaan printer yang tidak sesuai prosedur karena minimnya pengetahuan, bisa juga akibat kecerobohan dan kelalaian pengguna. Seperti beberapa hari yang lalu saya sempat menangani kasus Printer Epson L360 dengan kondisi Timing Belt yang putus.



Entah bagaimana ceritanya sampai-sampai Timing Belt yang cukup ulet bisa-bisanya putus. Untuk mengganti Timing Belt yang putus Anda harus membongkar case printer secara hampir keseluruhan.



Cara Bongkar Case Printer Epson L360

1. Pertama-tama lepaskan satu buah baut yang ada di area atas pengunci box scanner



2. Congkel Pengunci case yang berada di area baking kertas seperti tampak pada gambar di bawah ini




3. Lepaskan satu buah baut yang berada di sisi sebelah kanan printer seperti tampak pada foto di bawah ini, lokasinya dekat dengan baut yang pertama kali di lepas sebelumnya namun berada di bawah box scanner.



4. Cabut kabel flexibel scanner, kemudian angkat box scanner




5. Buka case penutup bagian samping kiri, congkel ke 2 buah pengunci yang ada di sudut kiri dan kanan berdekatan dengan kaki karet penyangga printer dan 1 buah pengunci di bagian case yang menjorong ke dalam berdekatan dengan adaptor power supply.



6. Di area bagian atas ada juga pengunci yang posisinya diberi tanda > seperti tampak pada foto di bawah ini. Jadi ketika menarik case penutup sebelah kiri ada 4 pengunci yang terdiri dari 3 pengunci di bagian bawah dan 1 pengunci di area atas.



7. Lepaskan juga satu buah baut pengunci case bagian kiri seperti tampak pada screenshot di bawah ini yang posisinya agak tersembunyi.



Untuk posisi penginci case lebih jelasnya silahkan perhatikan foto case bagian samping kiri di bawah ini yang sudah berhasil saya lepas.




8. Selanjutnya saatnya melepas case penutup samping kanan. Lepaskan penutup area selang infus seperti tampak pada foto di bawah ini



Ada 4 buah pengunci, hati-hati jangan dipaksa untuk menghindari pengunci case patah




9. Lepaskan baut dudukan engsel Scanner seperti tampak pada foto di bawah ini



10. Congkel 2 buah pengunci di area bawah kanan dan kiri seperti tampak pada foto di bawah ini



11. Case penutup bagian kanan berhasil di lepas, untuk detail posisi pengunci case silahkan perhatikan screenshot di bawah ini.



Cara Mengganti Timing Belt Epson L360

Untuk mengganti Timing Belt Anda terlebih dahulu harus melepas Head Printer. Silahkan ikuti panduan berikut ini untuk melepas rumah head printer epson L360.

1. Lepaskan konektor 2 buah kabel flexibel yang menamcap di mainboard.
2. Lepas Pengunci Kabel Flexibel yang mengarah ke head
3. Lepaskan Sensor Pita Panjang
4. Lepas pengunci selang infus
5. Lepas dinamo printer
6. Lepas 1 buah baut pengunci palat tempat melekatnya rumah head sebelah kanan
7. Angkat plat perlahan-lahan kemudian geser Rumah Head ke kanan dan lepaskan dari plat
8. Rumah Head berhasil di lepas, selanjutnya ganti Timing Belt



9. Pasang kembali komponen printer seperti semula dan lakukan test Printer
10. Selesai, Printer Epson L360 siap digunakan kembali untuk mencetak dokumen

Demikianlah Tutorial Cara Bongkar Case Printer Epson L360 sekaligus cara mengganti Timing Belt Epson L360 yang putus. Semoga dapat memudahkan Anda yang belum pernah dan ingin mencoba membongakr case Printer Epson L360 sendiri.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.