Cara Mengatasi Error 5B02 Printer Canon MX497

Sedikit Mukodimah Printer Canon MX497 merupakan salah satu produk Printer dari Canon All in One yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Terbukti konsumen pengguna printer ini cukup banyak di Indonesia. Printer Canon merupakan Produk Printer yang merajai penjualan di pasar Indonesia sampai dengan saat ini, disusul printer merk Epson dan Brother yang akhir-akhir ini mulai naik daun. Dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa dibilang paling bersahabat bila dibandingkan dengan produk printer competitor, membuat Printer Canon populer di Indonesia.

Printer merk Canon merupakan printer yang paling mudah penangannya dalam hal service, untuk ketahanan/keawetan pemakaian cukup baik dan bandel. Namun sayangnya hal tersebut tidak diimbangi dengan kwalitas keawetan ketrid, dimana sudah tidak menjadi rahasia umum cartrid printer canon saat ini kwalitasnya berkurang mudah aus dan untuk harga pembelian catrid Printer Canon makin lama makin tinggi harganya, hal inilah yang menyebabkan banyak pengguna printer canon untuk saat ini mulai melirik dan beralih menggunakan printer merk lain.


Masalah Error 5B02 pada Printer Canon MX497 biasanya muncul setelah pemakaian Printer dalam jangka Panjang. Hal ini disebabkan karepa Pad Counter sudah sampai pada ambang batas maksimum penyimpanan IC Eeprom sehingga perlu dilakukan penyegaran ke titik 0 kembali menggunakan softwar resitter khusus agar Printer dapat digunakan Kembali untuk mencetak dokumen. Biasanya Printer Ketika dinyalakan akan Error Blink Indikator Orange, tidak bisa digunakan untuk print dan muncul informasi Absorber Ink is Full error 5B02 pada jendela Dekstop.

Panduan Tutorial Cara Reset Printer Canon MX497

Berikut ini panduan Langkah-langkah untuk mereset Printer Canon MX497 yang error 5B02 (The Ink Absorber Almost is Full) menggunakan Software Resetter Service Tool V3400:

  1. Matikan Printer 
  2. Tekan dan tahan Tombol RESET kemudian disusul tekan tombol POWER
  3. Dalam kondisi Tombol Reset dan Power ditekan, lepaskan penekanan Tombol Reset kemudian tekan Tombol reset kembali sebanyak 5 kali berturut-turut
  4. Setelah menekan tombol resume sebanyak 5 kali berturut-turut, lepaskan penekanan kedua tombol secara bersamaan.
  5. Printer akan merespon dan menyala normal pada mode Service Mode, ditandai dengan adanya notifikasi Found New Hardware di Jendela Dekstop
  6. Jalankan Resetter Canon MX497
  7. Klick Set pada tab menu Cleare Ink Counter, muncul jendela konfirmasi Klick OK. Maka printer akan mencetak 1 lembar dokumen
  8. Klick Set pada tab Ink Absorber Counter, muncul jendela konfirmasi Klick OK. Maka untuk kedua kalinya printer akan mencetak 1 lembar dokumen 
  9. Proses Reset Printer Canon MX497 selesai, matikan Printer dan tutup palikasi Resetter

Setelah dilakukannya Reset menggunakan Resetter Service Tool V3400, printer Canon MX497 yang sebelumnya Blink Error 5b02 The Ink Absorber Almost is Full akan Kembali normal dan dapat digunakan untuk mencetak Kembali dokumen sebagaimana mestinya. Lakukan Reset Kembali di kemudian hari apabila printer sudah tiba waktunya untuk direset ulang Kembali. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.