Tips Cara Flash Redmi 6A Cactus Non UBL dan Non Auth

Redmi 6A Cactus merupakan salah satu type produk Android keluaran Xiaomi yang menggunakan Chipset Mediatek yang belum lama ini dirilis di tahun 2019. Berbeda dengan produk Android Xiaomi sebelumnya baik itu yang berchipset Qualcomm ataupun Mediatek dimana proses flash tidak memerlukan Auth.

Android Xiaomi keluaran terbaru saat ini untuk proses flashnya tidaklah semudah produk Android Xiaomi sebelumnya. Dimana Flash Android Xiaomi keluaran terbaru saat ini harus menggunakan User ID dan Pasword Authencitation (Auth) yang tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. Tidak jauh berbeda dan nyaris sama seperti cara flash Produk Android Oppo keluaran terbaru saat ini yang juga harus menggunakan User ID dan Pasword Flashtool.

Kembali ke Topik Redmi 6A Cactus, untuk proses Flash Redmi 6A Cactus yang belum Unlock Bootloader harus menggunakan Auth, tanpa Auth proses flash tidak bisa dilakukan meskipun menggunakan MiFlash Versi Baru ataupun yang lama atau menggunakan SP Flash Tool untuk Android Xiaomi dengan Chipshet Mediatek (MTK).


Disini saya akan berbagai pengalaman, bagaima cara Flash ulang Redmi 6A Cactus yang Stuck di Recovery. Jadi Redmi 6A Cactus ketika dihidupkan akan langsung masuk mode Recovery dan tidak bisa dinonaktifkan menggunakan tombol power. Cara penonaktifannya harus dengan cara melepas konektor batrai. Efeknya Redmi 6A Cactus akan berulang kali restart dan masuk ke mode Recovery sampai dengan daya batrai benar-benar habis. Apabila diisi daya maka secara langsung akan masuk mode Recovery dan tidak bisa masuk ke mode pengisian daya.

Hanya ada satu cara untuk mengatasi Android Redmi 6A Cactus yang stuck recovery dalam kondisi belum Unlock Boot Loader (Non-UBL) yaitu dengan cara Flash ulang menggunakan bantuan Aplikasi MiPCSuite (MIPhoneAsistent) dengan frimeware type Recovery bukan Fastboot.

Silahkan download terlebih dahulu MI PC Suite (MI Phone Asisten) versi Cina melalui Link berikut ini: Free Download MI PC Suite China dan untuk frimewarenya disini: DOWNLOAD OFFICIAL MIUI ROMS FOR XIAOMI REDMI 6A (Note: apabila tidak yakin dengan kualitas frimeware yang disedikan disitus download ini, silahkan cari ditempat lain).

Setelah Anda download, langsung saja Install Mi PC Suite kemudian jalankan Aplikasinya dengan kondisi Windows terkoneksi jaringan Internet.


Koneksikan Redmi 6A Cactus dala mode Connect With MIAsistant, kemudian pilih menu tulisan China warna Biru  nomor 2 yang paling bawah.


Kemudian Pilih Menu Sebelah Kanan dengan Lambang Icon Petir




Secara otomatis akan terbuka jendela Load Frimeware, pilih Frimeware mode Recovery yang telah di download sebelumnya.


Konfirmasi printah dengan memilih menu sebelah kiri, kalau tidak salah ada dua kali perintah konfirmasi yang akan muncul.


Tunggu beberapa saat sampai dengan proses load dan read frimeware selesai dan proses flash akan berjalan dengan sendirinya. Namun apabila Error dan Gagal perhatikan Versi Frimeware yang ditunjukkan di Mi PC Suite. Bisa jadi Frimeware Updaternya tidak sesuai, sesuaikan dengan versi frimeware yang ditampilkan pada dialog error Mi PC Suite.


Seperti contohnya disini saya sebelumnya menggunakan Frimeware Redmi 6A dengan update V.11, ternyata tidak cocok (Tidak Compitable), muncul intruksi untuk menggunakan Frimeware dengan update V.10. Hasilnya dengan menggunakan Frimeware Udate V.10.3.8.0 Proses Flash dapat berjalan.


Tunggu Hingga Proses Flash Selesai, dan pastikan koneksi  jaringan internet stabil jangan sampai terputus ketika proses Update.


Pada saat Proses Flash Update Frimeware, pada layar Redmi 6A Cactus akan muncul tampilan Proses Update MIUI, setelah proses update selesai maka Redmi 6A akan restart dengan sendirinya.


Pada proses penanganan Redmi 6A Cactus yang stuck di Recovery ini saya mengalami kegagalan. Dimana ketika proses flash update frimeware selesai melalui Aplikasi MI PC Suite, Redmi 6A Cactus justru mengalami kerusakan system dan muncul notifikasi The System has been Destroyed.


Redmi 6A Cactus yang saya tangani ini merupakan operan dari teman saya yang terlebih dahulu sudah mencoba melakukan flash ulang menggunakan SP Flash Tool dan tidak berhasil alias gagal. Akibatnya Redmi 6A Cactus error dan Stuck di Recovery. Kemungkinan Frimeware yang digunakan untuk Flash langsung menggunakan Versi Global Stabil sementara Redmi 6A dalam kondisi belum Unlock Bootloader.

Dari sini saya mengambil kesimpulan dan perkiraan bahwa proses Flash menggunakan Mi PC suite yang saya lakukan gagal kemungkinan ada kaitannya dengan apa yang pernah sebelumnya diterapkan oleh teman saya. Apabila sebelumnya langsung di Flash menggunakan Frimeware Versi Developer China menggunakan MI PC Suite saya yakin hal ini tidak akan terjadi.

Demikianlah Panduan Tutorial Cara Flash Ulang Redmi 6A Cactus Non UBL menggunakan Aplikasi MI PC Suite tanpa memerlukan Auth. Silahkan coba praktikkan saja tutorial ini, semoga anda beruntung. Tidak perlu takut, tutorial ini sudah banyak dipraktikkan oleh para teknisi yang berbagi tutorial melalui youtube dan terbukti berhasil. Hanya saja mungkin pada kasus ini belum merupakan Rezeki saya dan juga saya sedang tidak hoky.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.