Cara Mengatasi Advan S5E NXT Blank Nyala Tidak Ada Tampilan

Ada banyak sekali type masalah yang sering terjadi dan dialami oleh pengguna Android. Contohnya saja masalah Android yang Blank tidak ada tampilan, padahal dapat menyala dengan normal yang baru saja saya tangani.



Android Advan S5E NXT ketika dihidupkan normal muncul logo Advan kemudian masuk ke menu tampilan utama namun layar hanya menyala sedikit redup tanpa ada tampilan menu sama sekali. Ketika ditekan tombol power muncul menu-menu dengan normal seperti menu restart dan Power Off.



Tentunya hal ini menandakan bahwa LCD dari Advan S5E NXT yang blank tanpa adanya tampilan sama sekali kerusakannya bukan terletak pada LCD, karena ketika dinyalakan masih bisa muncul logo boot Advan dengan sempurna, begitupun ketika dicoba tekan tombol power selama beberapa detik muncul menu sebagaimana mestinya.



Berdasarkan hal tersebut saya mengambil kesimpulan bisa jadi masalah ini merupakan masalah software, yaitu tidak berjalannya dengan sempurna system android. Biasanya masalah software seperti ini dapat dengan mudah diatasi dengan cara flash ulang.



Untuk Tool  Flash Advan S5E NXT yaitu menggunakan Research Download. Jalankan Aplikasi Research Download kemudian load file Frimware melalui icon Roga Gerigi.



Setelah File terload dengan sempurna ditandai dengan munculnya informasi nama frimware Klick tombol Start.



Dalam Kondisi Power Off hubungkan Advan S5E NXT dengan kabel USB sambil menekan tombol Volume UP dan Down secara bersamaan. Terkadang ada saja kendala pada proses flashing, contohnya seperti sreenshot di bawah ini selalu gagal dan muncul notifikasi Failed: User Cancel dimana Advan S5E NXT masuk ke mode pengisi daya.



Karena beberapa kali saya coba tetap gagal, saya pun memutuskan untuk mencoba file Frimware lain yang sebelumnya sudah pernah saya coba dan tested Work. Awalnya tidak berhasil, berujung kegagalan sama persis dengan sreenshot di atas, kemudian saya coba hanya menekan tombol volume UP ternyata gagal juga, kemudian saya coba lagi hanya dengan menekan tombol Volume Down dan Alhamdulillah Proses Flashing berjalan



Untuk masalah error gagal flash seperti di atas saya belum bisa menyimpulkan penyebabnya, kemungkinan bisa karena file frimeware yang tidak compitable atau salah dalam menekan tombol antara volume UP dan Down yang terkadang pada proses flash ditekan bersamaan dan ada juga yang hanya ditekan salah satu saja.



proses flash sampai dengan selesai, akan muncul notifikasi Passed yang menandakan proses flash selelasai dan berhasil.



Setelah proses flash selesai, cabut kabel USB kemudian coba nyalakan Advan S5E NXT. Alhamdulillah disini Advan S5E NXT yang tadinya Blank tidak ada tampilan menu sudah hidup kembali dengan normal.



Lakukan Setting penyiapan pengguaan device baru after flas sebagaimana biasanya. Pilih Opsi Lewati apabila tersedia agar proses penyiapan lebih cepat selesai.



Mantab Jiwa Mempesona, Advan S5E NXT yang sebelumnya terkendala layar blank hidup tapi tidak ada tampilan normal sudah sembuh dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.



Demikianlah Panduan Tutorial Cara Mengatasi Android Advan S5E Blank Nyala namun tidak ada tampilan menu sama sekali, hanya bercahaya redup dengan cara diflash ulang dapat kembali normal yang bisa kalian coba praktikkan. Untuk file Frimware disini saya tidak menyediakannya, katerana keterbatasan kuota yang saya miliki dan juga penghematan kuota. Bagi kalian yang benar-benar membutuhkan dan enggan mencoba searching google bisa request frimeware melalui fitur chat WhatsApp cukup dengan mengisi kuota untuk keperluan upload saja.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.