Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Review ADOP Supply Side Demand (SSP) Indonesia

    ADOP merupakan salah satu platform periklanan Supply Side Demand (SSP) yang ada di indonesia seperti Geniee SSP Indonesia. Memberikan penawaran kepada Blogger Indonesia untuk dapat memonetisasi website dan meningkatkan pendapatan melalui pemasangan iklan Baner dan Outstream Video. ADOP sendiri merupakan mitra tersertifikasi (Partner) Google AdSense sejak Mei 2014 dan periklanan lainnya seperti Gemscool, PriceArea, Popcorn, dan Kazz, dll.



    Saya sendiri baru satu minggu berjalan terhitung sejak tanggal 24 September 2020 bergabung menjadi publisher ADOP Indonesia. Sebenarnya saya sudah cukup lama mengajukan Blog Berbagi Tutorial untuk bisa dimonetisasi menggunakan Iklan ADOP. Waktu itu tepatnya tanggal 25 Maret 2020 saya mendaftar melalui webiste Official ADOP dan menghubungi TIM ADOP melalui mengirim pesan email seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



    Ajuan saya melalui pesan email direspon baik oleh Bang Rizky Widyanto dan menginformasikan bahwa akan meneruskan ajuan kepada Tim sales untuk dilakukan pengecekan. Sehari kemudian tanggal 26 Maret 2020 saya mendapatkan pesan email dari TIM ADOP yang lain yaitu dari Mis Natalia Jesika yang menginformasikan bahwa telah mendapatkan dari Bang Rizky Widyanto mengenai ajuan saya untuk bergabung dan bekerjasama menjadi publisher ADOP dan menanyakan Nama Blog berikut Nomor Contact WhasApp untuk proses lebih lanjut.



    Namun karena untuk menjadi Publisher ADOP syaratnya cukup berat, Blog Berbagi Tutorial tidak langsung bisa diterima. Butuh waktu dan proses yang cukup lama sampai dengan Blog saya memenuhi syarat yaitu Page View minimal 400k/bulan.



    Selama berbulan-bulan lamanya saya tidak lepas komunikasi dengan Mis Natalia Jesika, beliau terkadang disaat saya sudah mulai lupa dengan keinginan untuk bergabung dengan ADOP secara berkala menghubungi saya, menanyakan prihal perkembangan Blog Berbagi Tutorial.



    Sebenarnya syarat 400k/bulan tersebut tidak murni harus berasal dari traffic satu buah blog, melainkan bisa dihitung dari penjumlahan beberapa blog yang dikelola oleh seorang blogger yang mana pageview dari beberapa blog dijumlahkan, apabila dalam jangka waktu periode 1 bulan Page Viewnya mencapai 400k maka sudah memenuhi syarat dan dipastikan diterima.



    Berhubung saya hanya mengandalkan satu buah Blog Berbagi Tutorial sampai-sampai butuh waktu 7 bulan lamanya, keinginan saya untuk bisa menjadi publisher ADOP baru bisa terwujud. Syukur Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada Mis. Natalia Jesika



    Ada 2 opsi pilihan kerjasama untuk publisher ADOP sebagaimana yang telah disampaikan Mis. Natalia Jesika kepada saya seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



    Setiap Publisher yang akan kerjasama dengan ADOP diberikan 2 pilihan kerjasama yaitu MCM dan SPM, Berikut ini penjelasan dari masing-masing bentuk kerjasama:

    1. SPM (Menambahkan iklan tanpa terkoneksi Adsense)

    Sistem kerjasama ini, hanya disetujui untuk menambahkan iklan (dalam format apapun) tanpa mengkonekkan Adsense milik publisher dengan ADOP, untuk itu kami hanya akan membantu publisher untuk mengecek dan mengoptimalkan iklan yang kami tambahkan saja.

    2. MCM (Menambahkan iklan dengan koneksi Adsense)

    Sistem kerjasama ini, akan diawali dengan mengirimkan link koneksi adsense kepada publisher, setelah publisher menerima undangan koneksi, tim operation mengirimkan publisher script iklan yang diminta oleh publisher.

    Keuntungan untuk publisher sendiri jika koneksi MCM :

    Tim operation ADOP dapat mengecek ecpm adsense publisher agar tim operation bisa memasang ecpm pada iklan adop dengan nilai diatas adsense. Dengan koneksi MCM, tim operation dapat membantu publisher untuk mengecek notifikasi dari adsense, serta membantu jika ada yang salah dari iklan pada website misalnya: ada network jaringan lain yang tidak sesuai dengan ketentuan iklan google pada website. Jika ingin menambah ad network dari ADOP pada iklan yang sudah ada di website (Mediasi), publisher sudah tidak perlu lagi mengirimkan script dari iklan yang akan di mediasi, tapi tim operation bisa mengambil scriptnya langsung (jika publisher sudah setuju untuk mediasi).



    Karena Blog berbagi Tutorial Online sudah menggunakan Iklan Google AdSense, Mis. Natalia Jesika merekomendasikan saya untuk menggunakan Opsi MCM. Berkaitan dengan tawaran tersebut, saya tidak memberikan jawaban persetujuan secara langsung. Jujur saja saya lebih menginginkan metode SMP seperti yang pernah saya lakukan ketika bergabung menjadi publisher Geniee SSP.

    Saya pun memberanikan diri untuk terus terang dan jujur kepada Mis. Natalia Jesika mengenai bentuk kerjasama yang sebenarnya saya inginkan, dan Alhamdulillah ternyata diterima dan disetujui, tanpa ada diskusi yang rumit.



    Kemudian tepatnya tanggal 22 September 2020 Team ADOP yaitu Mis. Ken Laksmi Satyaningtyas yang mungkin bertugas khusus di bidang pengiriman kode Iklan ADOP menghubungi saya. Beliau mengirimkan Kode Iklan percobaan Hybrid dan Display ADS melalui pesan email untuk segera dipasang di Blog Berbagi Tutorial. Setelah saya amati Code Sript iklan yang dikirim diperuntukkan untuk Blog Non-AMP.



    Karena Blog Berbagi Tutorial menggunakan Template AMP, saya pun menginformasikan hal tersebut kepada Mis. Ken Laksmi Satyaningtyas untuk meminta kode Script Iklan yang dikhususkan untuk Blog AMP. Berikut ini tampilan Iklan type Banner ADOP yang sudah saya aplikasikan di Blog Berbagi Tutorial:



    Iklan Banner dari ADOB sangat bervariasi, mengingat ADOP sendiri merupakan patrner dari beberapa Platform Pengiklan besar yang ada saat ini seperti AdSense. Iklan-iklan yang berasal dari Platform selain dari pada AdSense aman untuk disandingkan dengan Iklan AdSense. Menurut saya Iklannya cukup menarik, tidak seperti iklan-iklan dari platfom pengiklan lain yang terkadang tidak masuk akan, contohnya saja MGID, ADNOW, AdsKeeper, Galaksion, Geniee SSP, dan lainnya. Dibawah ini adalah contoh iklan ADOP SSP Indonesia type Banner Display:



    Satu hal lain yang special yang saya rasakan dari ADOP, selain iklannya bervariasi, masuk akan dan cukup menarik. Nilai dari CPM dan CPCnya juga bisa dibilang lumayan cukup tinggi bila dibandingkan dengan nilai CPM dan CPC dari iklan-iklan lain yang pernah saya coba. Untuk lebih jelasnya perhatikan screenshot Grafik pendapatan saya dalam kurun waktu 1 minggu berjalan berikut ini:



    Perkiran Pendapatan dari Iklan ADOP sebesar Rp. 15.000,-an, dalam kurun waktu 2 minggu cukup lumayan dengan traffik blog Berbagi Tutorial yang bisa dibilang masih rendah. Apabila ini bisa dipertahankan apalagi naik dari waktu ke waktu ADOP benar-benar bisa jadikan penghasilan tambahan atau sampingan AdSense. Bahkan tidak menutup kemungkinan penghasil dari ADOP bisa melebihi AdSense, semua itu bisa saja terjadi. Dimana terkadang nilai Klick Iklan AdSense tidak jarang hanya senilai ratusan rupiah saja.

    Bagi kalian yang merasa tertarik dan ingin mencoba bergabung dan bekerjasama dengan ADOP indonesia, dapat secara langsung mendaftarkan Blog kesayangan kalian memuli Website Official ADOP indonesia atau dapat juga melalui FasnPage ADOB Indonesia kalian juga dapat secara langsung menghubungi Bang Rizky Widyanto melalui pesan email. Untuk Minimum Payout adalah sebesar Rp. 100.000,- dibayarkan setiap bulan.

    Demikianlah ulasan perjuangan saya mendaftar menjadi Publisher ADOP Indonesia berawal dari harapan, untuk kemudian menjadi kenyataan. Bagi kalian yang memiliki pengalaman menarik seputar kerjasama dengan ADOP bisa berbagi cerita melalui komentar. Sampaikan pengalaman kalian selama bekerjasama dengan ADOP Indonesia agar dapat menjadi sumber referensi bagi teman-teman Blogger yang lain yang mungkin belum begitu mengenal ADOP Indonesia.
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: