Cara Cetak Info GTK dan SPTJM Penerima Bantuan BSU

Minggu-minggu ini di kalangan tenaga pendidik khususnya Non-PNS sedang boming dan ramai dibicarakan perihal bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020.

Hampir setiap hari saya mendapatkan chat dari guru-guru Non-PNS yang ada di lingkungan saya meminta bantuan untuk cek Info GTK. Bahkan tidak sampai disini kemanapun saya pergi dan berjumpa dengan guru-guru yang kenal dengan saya sudah dipastikan pasti membicarakan masalah info GTK.

Banyak yang mengeluh bahwa untuk bisa mengakses halaman website info.gtk.kemdikbud.go.id sangatlah susah. Sehingga banyak dari mereka yang meminta bantuan kepada saya, barang kali bisa membantu mereka mencetak Info.GTK untuk melihat status akun apakah masuk dalam nominasi penerima bantuan Subsidi Upah (BSU) Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS tahun 2020.

Langsung saja berikut ini saya bagikan tutorial cara cek status akun pendidikan apakah termasuk dalam kategori nominasi penerima bantuan BSU, sekaligus cara Cetak Info GTK dan SPTJM.

Pertama-tama silahkan Akses halaman Website INFO GTK



Pilih Opsi Login langsung ke GTK, kemudian akan muncul jendela Login GTK. Masukkan email dan pasword akun PTK Anda yang sudah terdaftar di Dapodik.



Bagi anda yang tidak mengetahui username (email) dan pasword akun PTK, Anda bisa menanyakan kepada operator sekolah. Klick Login untuk akses Lembar Info GTK



Lakukan Verval Ijazah apabila Anda belum melakukan Verval Ijazah.



Clik Ini untuk Verval Ijazah S1/D4. Maka Akan terbuka halaman jendela tab baru Verval Ijazah seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Silahkan lengkapi data identitas diri Anda sesuai dengan data yang tertera pada Ijazah. Pada tahap verval Ijazah Anda akan diminta untuk mengupload file scan ijazah dengan ekstensi PDF. Scan Ijazah Anda dengan resolusi 200 atau 150dpi agar size file tidak terlalu besar dan mudah untuk diupload.

Setelah selesai verval Ijazah langkah selanjutnya adalah mencetak info GTK. Klick menu cetak di sebelah menu Logout. Maka akan muncul jendela Print File Info GTK. Untuk mendownload file anda bisa mengubah opsi print menjadi save PDF file.



Kemudian gulir halaman ke bawah untuk mencetak Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM). Klick ini untuk mencetak SPTJM



Muncul notifikasi System  Dalam Perbaikan, Klick Close dan ulangi kembali. Apabila notifikasi System Dalam Perbaikan terus muncul, ulangi terus dengan cara klick ulang link cetak SPTJM atau Refresh browser.



Setelah Jendela Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Penerima Bantuan BSU ditampilkan. Klick Menu Cetak yang ada disudut kiri atas.



Print langsung atau save file dalam bentuk PDF dengan cara mengubah device printer aktif menjadi Save AS PDF.



Demikianlah Panduan Tutorial Cara  Mudah Cek Status Akun Pendidikan  nominasi penerima bantuan BSU, sekaligus cara Cetak Info GTK dan SPTJM bagi guru yang sudah dinyatakan layak menerima bantuan Subsidi Upah (BSU) Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.