Tested Working Cara Mengatasi Kendala Error Flash SPC L60

Untuk Pertama Kalinya saya mengalami kesulitan yang cukup membuat saya pusing tujuh keliling dalam pengerjaan Flashing perbaikan Android. Pasalnya pada proses pengerjaan flashing Android SPC L60 yang mengalami kendala BootLoop Stuck Mentok di Logo ada saja error pada saat proses flashing.



Untuk type error yang saya alami pada saat proses flashing diantaranya: 
  1. Error NV_LTE
  2. ProdNV_
  3. PhaseCheck
  4. Failed Wait Input Time Out
  5. Not Enabled Write Flash
  6. FDL 2=Incompatible Partition
  7. NV Data In Device Is Crashed
  8. NV_WCN=Failed Uart Send Error
  9. NV_W=Write Flash Failed
Masalah Error tersebut di atas silih berganti setelah saya mencoba menerapkan cara untuk mengatasi masing-masing error yang terjadi misalnya saja dengan skip opsi Backup Flash Modem dan IMEI, ganti komputer, serta berganti versi SPD Tool Flasher. Adapun Error terakhir mentok di FDL 2= Incompatible Partition. Berikut ini dokumentasi error pada saat flashing SPC L60 hingga sampai 2 hari proses pengerjaannya:



Android SPC L60 tersebut sempat saya kembalikan ke konter yang oper service ke saya, namun karena saya merasa penasaran setelah saya tanyakan ternyata belum diambil pemiliknya di pagi harinya saya ambil lagi untuk saya coba eksekusi. Percoban hari kedua cukup melelahkan dari pagi hingga siang hari tidak membuahkan hasil meskipun sudah berganti-ganti SPD Flashtool seperti tampak pada screenshot di bawah ini:



Karena beban moral dimana Android tersebut Mati Total sesetelah saya eksekusi dan sebelumnya masih hidup meskipun hanya stuck di logo saya tetep berusaha bagaimana caranya agar bisa hidup lagi minimal kembali ke keadaan asalnya. Saya sempat bertanya di Grup Teknisi Facebook dan direspon senior teknisi yang memvonis emmc:



Setelah berulang kali gagal dan saya tetep mencoba melakukan flash, akhirnya usaha keras saya terbayarkan. Android SPC L60 bisa kembali hidup meskipun hanya mentok di Logo. Alhamdulillah paling tidak sudah mengurangi beban mental saya kepada Konter dan Pemilik HP:



Rasa penasaran semakin menggebu-gebu, logikanya Android SPC L60 ini sudah divonis emmc dan saya hampir menyerah dimana kondisinya menjadi mati total. Ternyata setelah diflash dengan cara di atas bisa hidup kembali, berarti masih ada harapan Android SPC L60 ini bisa kembali menyala normal dan bukan emmc yang bermasalah.



Saya pun terus mencoba dengan berganti-ganti SPD Flash Tool baik itu SPD Research Upgrade Download Tool dan SPD Factory Download Tool serta frimware SPC L60 itu sendiri. Ahamdulillah pada akhir akhirnya SPC L60 bisa kembali hidup menyala dengan normal.



Namun ada masalah baru dimana sinyal tidak muncul meskipun kartu terdeteksi terpasang, dan setelah saya cek IMEI muncul namun tidak sesuai dengan bawaan HP. Mungkin hal ini disebabkan karena sebelumnya saya sempat format total yang mengakibatkan SPC L60 mati total dan IMEI terhapus.

Sampai disini sudah cukup lega, tapi rasa pusing dibuatnya belum sembuh dimana masalah ini harus saya selesaikan. Akhirnya setelah saya cari-cari tutorial cara rewrite IMEI untuk Android Chipshet Spectrum, IMEI yang tidak sesuai bisa saya atasi seperti tampak pada sreenshot di bawah ini:



Setelah IMEI berhasil saya perbaiki sesuai dengan bawaan HP ternyata masalah sinyal belum teratasi, sinyal tetap hilang meskipun IMEI sudah muncul dan Valid. Saya pun terus berusaha mencari solusinya via searching google dan youtube. Ada satu tutorial yang membahas tentang penanganan kasus sinyal SPC L60 yang hilang after flash. Cara mengatasinya adalah dengan flash menggunakan File khusus dan file ini tidak geratis alias berbayar.



Saya sudah mencoba mencari tutorial lain, barang kali ada cara lain atau ada yang membagikan file tersebut secara geratis. Namun setelah beberapa kali saya coba tidak satupun saya temukan solusinya, Mau tidak mau saya harus mencoba tutorial berbayar tersebut demi mengobati rasa penasaran dan juga mengatasi sinyal yang hilang setelah flash ulang.



Setelah saya coba praktikkan flash ringan menggunakan file berbayar sebagaimana video rekaman di atas, Alhamdulillah SPC L60 sudah fix 100% kembali normal bisa dipakai sebagaimana mestinya. Dengan rumitnya proses pengerjaan flash SPC L60 yang bootloop ini, tentunya tarif service saya naikkan biayanya.



Frimware SPC L60 V.03 download di link berikut: https://bit.ly/3nRhhL6
Frimware SPC L60 V.05 download di link berikut: https://bit.ly/39fmA34
SPD Flash Tool tested download di link berikut: https://bit.ly/3fuSlWO
Tool Re-Write IMEI SPD/Spectrum Chipset: https://bit.ly/2V0oiwI


Khusus File Fix Sinyal SPC L60 berbayar, bisa request via WhatsApp Chat: 085156414804 

Kesimpulan:
Android yang menggunakan chipshet Spectrum dimana dalam proses flashnya menggunakan SPD Research Download Tool dan SPD Upgrade Download Tool ketika mengalami error gagal flashing apalagi sampai mati total belum tentu emmcnya yang bermasah. Bisa jadi disebabkan karena Versi Frimware yang tidak compitable dan versi update SPD Flash Tool yang tidak tepat. Kedua hal ini sangat berpengaruh, apabila kalian mengalami kasus yang sama seperti yang saya alami cobalah untuk ganti-ganti Frimware dan juga SPD Flash Toolnya.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.