Cara Mengatasi Laptop Asus X441M Sering Mati Sendiri

Beberapa hari yang lalu ada salah satu user pelanggan saya yang mengeluhkan dimana laptopnya Asus X441M sering mati sendiri setelah penggunaan dalam jangka waktu agak lama dan sering mengalami error your device ran into a problem and needs to restart seperti tampak pada foto di bawah ini:

Selain itu juga user juga mengelukan bahwasannya Laptop Asus X441M miliknya juga sering masuk mode Automatic Repair seperti tampak apda foto berikut ini:

Berdasarkan pengalaman saya pribadi hal tersebut disebabkan oleh Windows yang tidak berjalan sebagaimana mestinya dikarenakan adanya error system pada windows itu sendiri, sehingga secara otomatis windows akan masuk mode repair dan untuk mengatasinya langkah pertama yang bisa diterapkan adalah dengan diinstall ulang.

Laptop Asus X441M milik user tersebut saya coba install ulang, dalam proses install ulang tidak ada kendala apapun, proses install ulang windows berjalan dengan lancar. Namun setelah laptop diambil pemiliknya dan dinyakan tidak lama kemudian terjadi eror kembali. Padahal selama Laptop masih di rumah saya kondisinya normal tidak ada kendala.

Berhubung Laptop tersebut belum sempat digunakan dalam jangka waktu 1 x 24jam saya pun memberikan garansi satu kali install ulang. Proses install ulang kedua berjalan lancar dan tanpa ada kendala sama sekali. Lagi-lagi Laptop Asus X441M milik user tersebut setelah diambil dan ditest untuk menonton film dengan durasi 1,5 jam secara tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Dari sini bisa disimpulkan bahawasannya Laptop Asus X441M milik user dengan keluhan di atas bisa jadi disebabkan oleh adanya kerusakan pada hardware seperti Hardisk dan atau RAM yang lemah atau komponen lain yang sudah aus sehingga terjadi overhead (panas yang berlebih) yang mengakibatkan laptop auto mati sendiri.

Saya pun meminta kepada user untuk mengatar kembali Laptop Asus X441M miliknya untuk dilakukan chek lebih dalam dan setela hsaya coba bongkar casenya beginilah kondisinya:

Jika dilihat dari kondisi mesin yang kotor dan berdebu seperti tampak pada foto diatas kemungkinan terjadi overhead (panas berlebih) karena adanya banyak debu yang menempel pada komponen laptop seperti kipas yang merupakan pendingin utama mesin.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengangkat mesin PCB Laptop dan membersihkannya dari kotoran debu yang menempel, barang kali debu-debu tesebutlah penyebab mesin laptop cepat panas karena sirkulasi udara kurang lancar.

Bisa dilihat disini mesin Laptop Asus X441M hanya mengandalkan pendingin dari kipas, tidak ada plat pendingin seperti pada laptop-laptop keluaran lama pada umumnya. Bisanya untuk laptop type lama yang sering overhead yang saya lakukan adalah membersihkan komponen pendingin dan menambahkan pasta processor, sepertinya untuk Laptop Asus X441M hal tesebut tidak bisa diterapkan.

Karena penasaran, saya mencoba menyalakan laptop dan mencoba mengintip bagaimana pergerakan Kipas pendingin apakah berfungsi dengan normal atau abnormal. Biasanya Kipas Pendingin Laptop sering mengalami kerusakan lemah putaran karena termakan usia atau bahkan mati total kipas tidak berfungsi sama sekali. Dan ternyata benar sekali dugaan saya, Kipas Pendingin pada Laptop Asus X441M user yang dikelukan sering mati sendiri tampak tidak lagi menunjukkan kehidupan seperti tampak pada video berikut ini:

Seharusnya kipas tersebut hidup dan menunjukkan pergerakan ketika laptop dihidupkan. Paling tidak bergerak sebentar ketika pertama kali dihidupkan kemudian stanby mati dan baru menyala berputar ketika kondisi suhu PCB sudah mulai panas. Jadi disini dapat disimpulkan untuk mengatasi Laptop Asus X441M yang sering mati sendiri karena Rusaknya Kipas Pendingin adalah dengan mengganti Kipas Pendingin Laptop Asus X441M dengan unit kipas baru.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.