Langkah Mengisi Informasi Pajak Google AdSense

Beberapa hari yang lalu muncul notifikasi Penting: Periksa apakah Informasi Pajak tambahan diperlukan dari Anda. Semua kreator dan partner YouTube wajib mengirimkan informasi pajak untuk memastikan bahwa pajak yang berlaku pada pembayaran Anda telah akurat. Untuk menerima pembayaran dari Google, pastikan Anda memberikan informasi pajak. Proses ini memerlukan beberapa menit seperti tampak pada sreenshot di bawah ini:
Dari notifikasi tesebut yang juga muncul di Jendela pembayaran mengisyaratkan bahwa ada kewajiban untuk setiap Kreator dan Partner YouTube dalam hal ini juga blogger yang menggunakan Google AdSense untuk segera mengirimkan informasi pajak yang merupakan salah satu syarat untuk menerima pembayaran dari Google. Awalnya saya mengabaikan notifikasi ini, namun karena pada jendela pembayaran juga muncul dengan diserta tanda warning dan block warna merah, sepertinya memang harus segera ditanggapi dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Berikut ini dokumentasi pengisian informasi Pajak Google Andse pada akun saya pribadi, meskipun saya bukan tergolong wajib pajak Amerika Serikat. Langkah Pertama Klick Opsi Tambahkan Info Pajak, maka akan terbuka jendela baru pengisian Info Pajak Amerika Serikat, pilih Perorangan.
Klick Berikutnya kemudian Pilih Jenis Akun, Pilih Saja Perorangan bagi kalian yang mengelola Blog secara personal. Pilih Opsi Tidak untuk pernyataan warga negara Amerika Serikat, pada Opsi Pilih Jensi Formulir Pajak W-8 Pilij yang Opsi Pertama. Alasannya dengan adanya informasi bahwa Formulir pertama paling sering digunakan oleh Individu Non-AS.
Klick Mulai FORMULIR W-8BEN, Kemudian Isi Nama, Negara berdasarkan kewarganegaraan yaitu Indonesia, dan Alamat sesuai dengan Identitas Kartu Penduduk (KTP).
Klick Berikutnya apabila semua data yang diinput sudah sesuai dan lengkap.
Isi Nama Lengkap Anda yang nantinya tercantum pada kolom tanda tangan, konfirmasi pernyataan kebenaran data kemudian klick Berikutnya.
Pada Opsi Pernahkah Individu atau entitas yang disebutkan melakukan aktivitas dan layanan apapun untuk Google di AS? pilih saja Opsi ke 2 yaitu Tidak, yang menyatakan bahwa layanan yang diberikan kepada Google atau afiliasinya akan dijalankan sepenuhnya di luar AS. Pada Opsi Apakah Anda memberikan Info Pajak untuk Profil Pembayaran baru atau yang sudah ada yang belum menerima pembayaran, atau profil pembayaran yang sudah ada yang sebelumnya menerima pembayaran? Pilih Opsi pertama untuk Anda yang belum pernah sama sekali mendapat pembayaran dari Google AdSense dan Pilih Opsi kedua bagi Anda yang sudah pernah menerima pembayaraan dari Google AdSense.
Klick Kirim, untuk mengirimkan Info Pajak tambahan Google AdSense, kemudian pada Jendela Kelola Info Pajak akan ditampilkan status Formulir Info pajak yang Anda kirim.
Demikianlah Panduan Tutorial Cara Mengisi Informasi Pajak Tambahan yang diperlukan untuk menerima pembayaran dari Google AdSense. Semoga bisa menjadi reverensi bagi teman-teman yang bingung dengan cara-cara atau prosedur pengisiannya, apabila ada yang salah mohon cantumkan di kolom komentar sebagai koreksi bagi saya secara pribadi dan untuk teman-teman yang lain yang mungkin belum mengisi Informasi Pajak Tambahan Google AdSense.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.