Cara Download Canva di Android, iOS, Mac, dan Windows

Aplikasi Canva adalah salah satu jenis program pengeditan gambar atau cukup banyak dicari. Produk ini memiliki berbagai keunggulan sehingga ada banyak unduhan demi mengedit foto pribadi untuk membuat poster. Aplikasi Canva untuk PC juga cukup banyak di Internet.


Sayangnya aplikasi yang satu ini tidak sepenuhnya disediakan secara gratis oleh pengembang asli. Begitu banyak yang mencari versi lengkap produk Canva meskipun menggunakan versi tidak resmi. Nah, lalu bagaimana cara mengunduh versi lengkap canva di laptop? Mengingat bahwa sekarang ada banyak tempat untuk mengunduh aplikasi di dunia maya. Yuk, lihat ulasan berikut!

Apakah Itu Canva?

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Tidak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui desktop dan perangkat seluler. Dengan demikian, Anda bisa kreatif kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi web ini sebenarnya memiliki dua versi berbayar dan satu versi gratis. Namun, Anda sudah dapat menikmati berbagai fitur tanpa membeli versi premium. Fitur-fitur ini akan dijelaskan di bagian lain dari artikel ini.

Manfaat Canva

Sebelumnya disebutkan bahwa Canva dikenal sebagai aplikasi desain grafis yang dikenal sebagai kemudahan penggunaannya. Namun, keunggulan Canva dibandingkan dengan aplikasi lain tidak hanya itu. Ada berbagai desain yang dapat Anda buat dengannya, termasuk:

  • Logo - Branding adalah salah satu hal terpenting dalam pengembangan kehadiran Anda saat ini - apakah itu blog, toko online, atau halaman arahan. Nah, logo adalah salah satu cara untuk berbelanja. Di Canva, ada berbagai templat yang membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk membuat logo unik.
  • Poster - Ingin membuat iklan untuk suatu produk, layanan, atau acara? Poster adalah salah satu cara yang tepat untuk melakukannya. Dengan Canva, Anda dapat membuat desain poster yang menarik dengan mudah.
  • Blog Gambar Unggulan - Keberadaan gambar unggulan dalam sebuah artikel dapat mempercantik desain blog dan membuat pengunjung merasa lebih nyaman membaca. Untuk membuatnya langsung, Anda dapat menggunakan Canva.
  • Infografis - Untuk konten blog lebih bervariasi, Anda dapat memasukkan artikel dengan infografis. Jenis konten ini rumit dan tidak semua orang dapat membuatnya. Namun, Canva menyulap proses membuat infografis menjadi sangat mudah.
  • Newsletter - Jika pemasaran email ada dalam daftar teknik pemasaran yang Anda lakukan, tentu saja Anda tahu buletin. Nah, dengan Canva Anda dapat menghemat waktu dalam membuat konten email.
  • Konten Media Sosial - Konten Facebook disertai dengan gambar 2,3 kali lebih efektif untuk menarik perhatian netizen. Untungnya, Canva memudahkan Anda untuk merancang berbagai media visual yang cocok untuk media sosial.
  • Thumbnail YouTube - thumbnail atau gambar yang mewakili video YouTube Anda tidak harus menjadi cuplikan dari video. Dengan Canva, Anda dapat merancang thumbnail YouTube yang unik.
  • Desain kemasan produk - Apakah ini pertama kalinya Anda menjual produk? Canva dapat membantu Anda membuat desain kemasan dari berbagai jenis produk, mulai dari label botol ke kotak karton.
  • Faktur - tidak hanya toko di dunia nyata, toko online juga perlu menyediakan faktur atau detail pembayaran untuk pembeli. Untuk membedakan faktur Anda milik toko-toko lain, Anda dapat memanfaatkan kenyamanan yang diberikan Canva.
  • Spanduk Periklanan - Ingin membuat spanduk untuk iklan situs web Anda tanpa keterampilan desain grafis? Ini bisa dilakukan jika Anda menggunakan Canva.

Canva Free Fitur

Hari ini ada banyak perangkat lunak desain grafis yang dapat Anda pilih. Namun, Canva adalah pilihan yang sangat menguntungkan jika dilihat dari banyak fitur yang diperoleh oleh pengguna gratis. Berikut adalah daftar fasilitas yang akan Anda temui dalam versi non-berbayar.

Templates Canva

Sebenarnya, Anda juga dapat membuat desain Anda sendiri dari nol. Namun, berbagai contoh konten ini dapat digunakan untuk mempercepat proses kreatif Anda. Apalagi, setiap contoh mudah disesuaikan. Anda akan belajar bagaimana di bagian lain dari artikel ini.

Kapasitas Penyimpanan Gratis 1GB

Canva memungkinkan pengguna untuk menyimpan kreasi mereka. Fitur ini sangat berguna, terutama jika Anda memiliki format konten yang sering digunakan. Dengan menyimpannya, Anda hanya mengubah desain sesuai kebutuhan ketika dibutuhkannya lagi.

Untuk pengguna gratis, aplikasi desain grafis ini menyediakan kapasitas penyimpanan 1GB. Bagi sebagian orang, mungkin kapasitas ini tidak cukup besar - terutama jika dibandingkan dengan penyimpanan 100GB versi Premium Canva.

Namun, Anda dapat langsung mengunduh pekerjaan Anda setelah membuatnya. Dengan demikian, penyimpanan kecil dapat digunakan untuk templat yang paling sering Anda gunakan.

Kustomisasi Teks

Karena Canva juga dapat digunakan untuk membuat presentasi slide, dokumen, dan berbagai media cetak, tentu saja tidak akan lengkap tanpa fitur untuk memasukkan teks.

Fasilitas ini juga mudah digunakan. Pengguna hanya meletakkan kotak teks di bidang yang tersedia. Setelah itu, Anda dapat mengubah jenis font, ukuran teks, dan format lain yang biasa ditemukan dalam perangkat lunak pengolah kata seperti Microsoft Word.

Selain itu, Canva memiliki banyak contoh desain penulisan yang disesuaikan sesuka hati. Fitur ini dapat diandalkan jika Anda ingin menghemat waktu dalam membuat poster atau kartu ucapan.

Ratusan ikon dan ilustrasi

Selain teks, pengguna Canva juga dapat memasukkan ikon dan ilustrasi ke dalam pekerjaan mereka. Berita baiknya, versi gratis dari aplikasi ini menyediakan cukup banyak variasi ikon dan ilustrasi yang mencakup berbagai tema.

Opsi latar belakang yang bervariasi

Dengan canva, latar belakang atau latar belakang pekerjaan Anda dijamin tidak membosankan. Ada berbagai pilihan gambar warna dan gradien yang siap untuk meramaikan desain Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengedit setiap latar belakang yang digunakan. Misalnya, Anda dapat menyesuaikan kontras, meningkatkan intensitas warna, dan menambahkan sketsa ke latar belakang yang dipilih.

Media Pembelajaran

Pernahkah Anda membuat desain grafis sebelumnya? Tidak masalah. Untuk membantu pengguna awam, Canva menyajikan panduan video yang mencakup berbagai topik - dari kiat dan trik Canva untuk menggunakan desain grafis untuk branding bisnis.

Selain itu, Blog Canva juga merupakan bidang sains. Melalui artikel di dalamnya Anda dapat mempelajari berbagai teknik pemasaran yang menggunakan konten visual.

Cara menggunakan Canva

Sesuai dengan yang dijanjikan di awal artikel, Anda akan belajar cara menggunakan Canva. Jika sudah siap, ikuti panduan di bawah ini!

1. Buat Akun Canva

Untuk dapat menggunakan Canva, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Metodenya sangat mudah. Setelah mengakses situs, klik tombol "Daftar" di kiri atau sudut kanan atas layar. Anda dapat mendaftar dengan Google, akun Facebook, atau alamat email. Setelah melakukannya, akun Canva Anda siap digunakan.

2. Buat desain pertama Anda

Setelah akun Canva Anda dibuat, Anda akan dibawa ke halaman utama aplikasi. Untuk membuat desain pertama Anda, klik tombol "Buat Desain" yang ditunjuk oleh panah merah pada gambar di atas, lalu pilih jenis konten visual yang ingin Anda hasilkan. Dalam panduan ini, kami akan membuat spanduk untuk digunakan sebagai artikel blog gambar unggulan.

3. Pilih Latar Belakang

Setelah memilih jenis konten yang ingin Anda buat, Anda akan memasuki halaman Editor Canva. Anda dapat merancang desain dengan bantuan template, tetapi dalam panduan ini kami akan mulai dari nol sehingga Anda dapat lebih memahami fungsi dari berbagai menu editor Canva.

Langkah pertama yang kami lakukan adalah memilih latar belakang. Sebenarnya, ada dua menu yang dapat Anda pilih ketika Anda ingin menentukan gambar untuk latar belakang desain, yaitu "Foto" dan "latar belakang". Tidak peduli menu mana yang Anda pilih. Yang merupakan perbedaan dari keduanya hanyalah opsi yang mereka berikan.

Pada menu "Foto", Anda dapat menemukan berbagai foto dengan gaya yang berbeda. Tidak semua foto ini memiliki orientasi yang sama - beberapa dari mereka horizontal dan yang lainnya vertikal.

Di sisi lain, menu "latar belakang" menyediakan berbagai gradien warna dan gambar dengan gaya minimalis. Semua opsi yang ada dalam menu ini horizontal, seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah ini.

4. Edit Background

Untuk melihat fitur pengeditan gambar yang dimiliki oleh Canva, kami memilih foto yang akan digunakan sebagai latar belakang. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, ukuran foto lebih kecil dari bidang yang ada.

Oleh karena itu, ukuran foto perlu disesuaikan dengan bidang yang ada. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik salah satu dari empat tepi foto, lalu tarik saja. Hasilnya adalah seperti pada gambar berikut.

Anda mungkin juga perlu mengedit latar belakang sehingga teks yang akan ditambahkan akan lebih mudah dibaca. Gambar yang kami pilih misalnya, dapat dikatakan terlalu terang untuk digunakan sebagai latar belakang. Untuk mengeditnya, klik tulisan "Sesuaikan" yang ditandai dengan kotak merah pada gambar di bawah ini.

Seperti yang Anda lihat, menu "Sesuaikan" berisi beberapa slider yang dapat Anda geser ke kiri atau kanan untuk mendapatkan hasil edit yang diinginkan. Misalnya, kami akan mengurangi kecerahan, kontras, dan saturasi dari foto. Hasilnya seperti di bawah ini.

Harap dicatat bahwa semua perubahan yang Anda lakukan pada desain dapat dibatalkan dengan mengklik tombol undo (yang diilustrasikan oleh lambang panah ke kiri) yang ditampilkan dengan kotak merah di gambar di atas.

5. Tambahkan Teks

Untuk menambahkan teks ke desain Anda, klik menu "Teks" yang ditunjukkan oleh kotak merah di gambar berikut.

Ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk memasukkan teks. Pertama, Anda dapat memilih dari berbagai templat yang disediakan oleh Canva. Metode ini lebih praktis karena pengguna hanya mengubah tulisan yang ada pada template.

Namun, Anda dapat secara manual memasukkan teks jika tidak tertarik pada variasi templat yang ada. Untuk melakukan ini, klik salah satu dari tiga model penulisan di atas daftar template, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Tidak peduli model apa yang Anda pilih, karena nanti Anda dapat mengubah ukuran, warna, dan gaya penulisan dengan mengklik pada teks yang ingin Anda sesuaikan. Berbagai opsi pengaturan teks ditunjukkan oleh kotak merah dalam gambar berikut.

Selain mengubah tulisan, Anda juga dapat memindahkannya. Anda hanya perlu mengklik garis luar kotak teks dan menggeser ke bidang yang diinginkan. Hasilnya seperti pada contoh di bawah ini.

6. Unduh atau bagikan Desain Anda

Jika tidak ada hal lain yang ingin Anda tambahkan, desain Anda selesai. Karena Canva memiliki fitur Simpan Otomatis, pekerjaan Anda telah disimpan secara otomatis di folder penyimpanan yang disebutkan sebelumnya.

Hal yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah mengunduh desain atau membagikannya ke platform lain, seperti situs web media sosial. Bahkan, Anda juga dapat mentransfer desain Anda ke alat penyimpanan online seperti Google Drive dan Dropbox.

Untuk mengunduhnya, klik tombol "Unduh" di sudut kanan atas layar. Atau, Anda dapat mengklik tombol panah bawah di sebelahnya untuk memunculkan opsi lain. Agar lebih jelas, lokasi kedua tombol ditunjukkan oleh panah merah pada gambar berikut.

Setelah menekan tombol "Unduh" Anda dapat memilih format file yang akan Anda gunakan - termasuk PNG, JPG, dan PDF. Jika sudah ditentukan, cukup klik tombol unduh biru seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Cara Mendownload Canva di Android, iOS, Mac, dan Windows

Untuk mendapatkan Aplikasi Canva caranya sangat mudah, Anda bisa langsung mendownloadnya secara geratis melalui website Canva. 

Cara Download Canva di Android

  1. Kunjungi Website Canva.com
  2. Pilih Menu Features > Download > Canva for Android
  3. Setelah selesai Download, langsung saja Jalankan Installer Canva.apk
  4. Anda juga dapat mendowload Canva.apk secara langsung di Google PlayStore

Cara Download Canva di iOS

  1. Kunjungi Website Canva.com
  2. Pilih Menu Features > Download > Canva for iOS
  3. Setelah selesai Download, langsung saja Jalankan Installer Canva.apk
  4. Anda juga dapat mendowload Canva.apk secara langsung di App Store

Cara Download Canva di Mac

  1. Kunjungi Website Canva.com
  2. Pilih Menu Features > Download > Canva for Mac
  3. Setelah selesai Download, langsung saja Jalankan Installer Canva.apk
  4. Anda juga dapat mendowload Canva.apk secara langsung di App Store

Cara Download Canva di Windows

  1. Kunjungi Website Canva.com
  2. Pilih Menu Features > Download > Canva for Windows
  3. Setelah selesai Download, langsung saja Jalankan Installer Canva
  4. Anda juga dapat mendowload Canva.apk secara langsung di Google PlayStore

Setelah mendownload dan menginstall Canva di perangkat yang Anda gunakan, langkah selanjutnya adalah membuat Akun Canva, Anda bisa langsung memilih Login menggunakan Akun Google, atau membuat Akun Canva secara manual menggunakan email. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai Aplikasi Canva dan Cara Download Canva Gratis di Android,  iOS, Mac, dan Windows. Bagaimana cara menggunakan Canva. Mudah kan? Selain membuat spanduk blog, Anda dapat menggunakan langkah-langkah di atas untuk membuat berbagai jenis desain grafis lainnya.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.