Tutorial Cara Mudah Daftar GrabFood Merchant

Sebelumnya, pastikan untuk Anda yang menemukan dan membaca Artikel ini, bahwa ini adalah cara daftar Grabfood untuk bisnis kuliner (Grab Food Delevivery) seperti restoran atau rumah makan, bukan untuk mendaftar sebagai driver atau kurir GrabFood. Jika Anda mengerti, mari kita lihat untuk melanjutkan.

Sebagai pemilik bisnis kuliner, tentu saja Anda ingin mendapatkan pengunjung dan banyak pembeli, alasannya tidak lain adalah untuk mendapatkan penjualan yang tinggi dengan tingkat keuntungan yang berlimpah. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengundang pelanggan, misalnya dengan beriklan di Aplikasi Media Sosial, memasang Banner di tempat-tempat umum dan lain sebagainya.

Tetapi jika Anda menggunakan metode di atas, itu pasti harus menghabiskan lebih sedikit modal, yang dapat membuat sedikit keuntungan bisnis karena biaya yang dikeluarkan untuk beriklan. Karena itu Anda harus mencari cara lain untuk membuat bisnis kuliner Anda ramai tanpa membuang biaya besar, solusinya adalah mendaftarkan bisnis Anda di Aplikasi GrabFood.



Grab food adalah layanan pemesanan makanan yang cepat dan mudah digunakan untuk pecinta kuliner. Ada berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat dipesan dengan tarif hemat mulai dari Rp. 3.000. Untuk detail lebih lanjut, lihat tutorial cara daftar grabfood di bawah ini.

Grab Food telah  bermitra dengan banyak restoran berkualitas dengan waktu yang cepat dan tepercaya. Ini membuat kehadiran Grab Food menyediakan peluang bisnis yang hebat untuk pemilik restoran, restoran, dan kafe. Membuat penjual tidak perlu repot menjajakan barang dagangan dan melakukan promosi yang membutuhkan waktu dan uang. 

Jika Anda memiliki bisnis restoran dan ingin memasarkannya di aplikasi GRABFOOD, Anda harus melakukan pendaftaran Akun GRABFOOD terlebih dahulu. Begini caranya:

Persyaratan untuk Mendaftarkan Grabfood

Berikut adalah kondisi yang harus dipenuhi sehingga mereka dapat bermitra dengan Grabfood:
  1. Identitas restoran yang mencakup nama, alamat makan, email, dan nomor telepon.
  2. Foto KTP untuk pemilik restoran.
  3. Foto diri dengan memegang KTP di tangan.
  4. Foto NPWP asli, tidak diizinkan untuk memotret NPWP fotokopi.
  5. Daftar foto menu makanan dijual di restoran bersama dengan harga makanan ini.
  6. Foto Aneka Menu Makanan.
  7. Foto-foto restoran terlihat dari luar, pastikan di luar restoran ada spanduk atau apa pun yang menunjukkan nama restoran.
  8. Foto restoran tampak di dalam, pastikan mesin kasir, meja makan, dan dapur dapat dilihat.
  9. Foto logo restoran (jika ada).
  10. Foto buku rekening bank atau juga dapat dengan tampilan e-banking. Pastikan untuk memeriksa nomor akun dengan jelas.

Pajak Restoran dan Rumah Makan

  • Harga tidak memiliki pajak, artinya harganya tanpa penambahan dan pengurangan pajak.
  • Harganya sudah termasuk atau termasuk pajak, yaitu harga akan dikenakan pajak dengan nilai 10. Misalnya harga makanan adalah Rp. 20.000 akan dipotong 10% menjadi Rp. 18.181, sehingga ketika konsumen membuat pesanan yang secara otomatis membayar pajak dengan angka Rp. 20.000.
  • Harga eksklusif atau tidak termasuk pajak, yaitu harga pangan akan ditambahkan dengan pajak yang berlaku oleh restoran.
  • Biaya layanan, artinya harga akan dibagi dengan biaya layanan yang ditentukan oleh restoran jika dibebankan saat membeli makanan.

Koordinat Restoran

A. Cari koordinat melalui browser komputer:

  1. Buka browser pada PC yang terhubung ke Internet.
  2. Akses situs Google Maps di https://www.google.com/maps.
  3. Silakan temukan alamat restoran di Google Maps.
  4. Masukkan nomor jalan yang dapat digunakan sebagai referensi untuk alamat restoran.
  5. Jika Anda telah menemukan lokasi yang diinginkan, klik titik terkait (PIN merah) di Google Maps.
  6. Klik kanan pada saat itu.
  7. Klik apa yang ada di sini atau apa yang salah di sini.
  8. Salin titik koordinat yang muncul di kotak kecil.
  9. Simpan titik koki untuk proses pendaftaran dan isi formulir.

b. Mencari koordinat restoran dari aplikasi Google Maps:

  1. Buka aplikasi Google Maps di ponsel.
  2. Silakan temukan alamat tempat makan yang akan terdaftar di Grabfood di Google Maps.
  3. Jika lokasi telah ditemukan, geser dan tahan (pin merah) hingga informasi "PIN menginstal" muncul atau juga dapat "menjatuhkan pin".
  4. Tekan "Info lebih lanjut" lalu geser halaman ke atas.
  5. Pegang titik koordinat, lalu lepaskan sampai pemberitahuan "koordinat disalin ke clipboard".
  6. Simpan titik koordinat restoran, yang nantinya akan diisi dengan formulir pendaftaran.

Cara Mendaftar Grabfood

1. Isi formulir pendaftaran

Kunjungi Pendaftaran Grab Merchant. Isi formulir data bisnis seperti nama toko, restoran, restoran, kafe atau toko yang ingin dimasukkan dalam grabfood, alamat lengkap, alamat email, dan lainnya seperti yang dinyatakan pada formulir pendaftaran. Setelah menyelesaikan formulir pendaftaran, tunggu email verifikasi.





Verifikasi adalah salah satu tahapan penting untuk daftar Grabfood. Oleh karena itu, pastikan untuk memverifikasi kurang dari 72 jam sejak mendaftar. Jangan melebihi waktu ini karena nanti akan diminta untuk mengisi formulir lagi

2. Isi informasi tentang restoran

Setelah berhasil memverifikasi pendaftaran bisnis Rumah Makan, nantinya akan diminta untuk memasuki halaman "Bantuan" di situs web resmi untuk mengisi formulir pendaftaran. Namun, pendaftaran di sini adalah pendaftaran untuk restoran terperinci yang akan dipasang di Grabfood.

Isi informasi tentang bisnis Rumah Makan dalam formulir termasuk nama restoran, jadwal operasional bisnis, jenis, konten, dan menu makanan dijual bersama dengan harga menu dan foto dari menu makanan yang akan dimasukkan dalam Aplikasi Grabfood.

3. Penandatanganan Kontrak Grabfood

Kontrak Grabfood akan dikirim melalui email balasan. Silakan tanda tangani kontrak kerja sama sebagai tanda akan bermitra dengan ambil.

4. Verifikasi outlet e-mail

Informasi tentang restoran yang telah diisi dan dikirim melalui formulir akan diperiksa oleh Team Grab. Setelah ditinjau dan disepakati, Anda akan mendapatkan pesan email verifikasi.

Verifikasi sebelum waktu yang diberikan adalah 72 jam sejak awal menerima email dengan mengklik tautan yang telah dilampirkan pada email balasan yang diterima. Jika verifikasi telah berakhir sebelum memverifikasi, verifikasi outlet telah gagal. Tetapi dapat meminta email verifikasi ulang dengan menghubungi tim telesales dari Grabfood.

5. Proses Integrasi OVO

OVO adalah cara pembayaran yang diberikan oleh Grabfood dalam bentuk pembayaran menggunakan uang elektronik. Untuk alasan ini, sehingga daftar Grabfood berhasil, lakukan proses ovo terlebih dahulu.

Proses ini berisi aktivasi pengguna OVO yang terkait dengan membuat rekening penjual dan proses aktivasi. Proses OVO akan dilanjutkan dengan tahap validasi antara akun ovo dan restoran yang terdaftar.

6. Mendapatkan Pelatihan

Setelah semua langkah daftar GRABFOOD dilakukan, itu akan menerima email yang berisi pelatihan dalam bentuk materi pelatihan tentang cara menggunakan Grabfood di Ambil aplikasi dan akun yang akan diaktifkan.

Keuntungan bergabung dengan Grabfood

1. Tingkatkan Penghasilan
Saat ini, pengguna grabfood telah menyebar ke mana saja, baik di kota maupun di luar kota. Jumlah konsumen Grabfood akan membuat pendapatan penjual meningkat.

2. Jangkau lebih banyak konsumen
Sebelum Bisnis Rumah Makan Anda terdaftar di Grabfood, dapat dipastikan konsumen Anda hanyalah orang-orang berada atau tinggal di sekitar Rumah makan Anda. Jika telah bergabung dengan Grabfood, seorang penduduk terpencil pun yang jauh dari Lokasi Rumah Makan Anda dapat membeli makanan yang Anda Promosikan Penjualannya di Grabfood.

3. Tidak perlu mengirimkan pesanan
Penjual tidak harus menyampaikan makanan, tetapi hanya melayani sesuai dengan pesanan pada Kurir Grab untuk alamat tujuan. Konsumen juga perlu menunggu pesanan dan membayarnya.

Dengan demikian, cara mendaftarkan Grabfood online terbaru yang dapat dilakukan untuk dapat bermitra dengan GrabFood Merchant. Jika semua cara daftar GrabFood di atas telah diikuti, hal yang harus dilakukan adalah Anda hanya menunggu sampai ada pemberitahuan lebih lanjut melalui kontak yang Anda miliki input saat mengisi formulir pendaftaran. Biasanya hanya beberapa hari dan restoran Anda sudah ada di aplikasi Grab. Semoga bermanfaat.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.