5 Cara Mudah Untuk Menghapus Virus pada Laptop

Virus adalah jenis aplikasi jahat yang dapat merusak sistem pada laptop. Jika laptop telah terinfeksi oleh virus maka biasanya akan membuat kinerjanya lambat, ada beberapa atau semua data yang tidak dapat dibuka, ada aplikasi yang tidak dapat dibuka dan bahkan dapat kesalahan, ada folder yang hilang tetapi sebenarnya disembunyikan oleh virus.

Beberapa jenis virus hanya menyerang folder dengan menyembunyikannya, ini adalah semacam pintasan virus atau virus tersembunyi. Ada juga virus yang menyerang sistem operasi dari Windows dengan merusak sistem, jadi kadang-kadang jendela hanya restart secara terus menerus.

Untuk menangani virus kadang-kadang mudah sulit, mengapa? Karena kita harus tahu jenis virus dan harus tahu apa itu antivirus yang benar untuk menghilangkannya dari laptop / komputer.

Cara mudah untuk menghilangkan virus pada laptop / komputer

Indikasi laptop / komputer yang terinfeksi virus:

  1. Laptop menjadi lambat.
  2. Laptop sering restart.
  3. Saat menghubungkan kartu FD atau memori, tiba-tiba semua data hilang. Sebenarnya ini hanya disembunyikan oleh virus.
  4. Starups Windows sudah tua, bahkan tidak ingin mem-boot Windows.
  5. Ada file atau program yang tidak dapat dibuka.
  6. Semua folder berubah menjadi satu program. Seperti semua program menjadi program MS Word.
  7. Tidak dapat membuka Internet, meskipun tidak ada masalah pada koneksi
  8. Semua folder dikonversi menjadi nama aneh terkadang juga nama menjadi yang terbaik. Misalnya awan menjadi Nawa dll.
  9. Tidak dapat mengubah file yang telah disimpan

Setelah mengetahui indikasi laptop yang terinfeksi virus seperti dijelaskan di atas, maka berikut ini adalah cara yang harus dilakukan untuk mengatasi laptop yang telah terinfeksi virus.

Cara 1. Unduh antivirus yang terkenal dan mudah dalam menggunakannya.

Saran tutorialservical untuk antivirus adalah AVG, Avira, Kaspersky, Avast, dan Smadav terakhir.

Sebenarnya masih banyak antivirus serupa, tetapi dalam penggunaannya kadang-kadang membuat kita bingung, dan rumit. Oleh karena itu beberapa antivirus yang direkomendasikan sangat dianjurkan.

Menurut TutorialServer, antivirus yang baik adalah orang yang membersihkan virus, mudah digunakan dan tidak membuat pengguna bingung dalam mengoperasikannya.

Unduh semua antivirus di atas di Internet, ada yang gratis berbayar. Untuk jenis AVG, Avira, Avast dan Smadav tersedia versi gratis. Ini sangat mudah bagi pengguna ketika Anda ingin mengunduh sehingga mereka tidak khawatir membayar atau membeli. Sementara Kaspersky tampaknya hanya menyediakan versi berbayar.

Sebenarnya jika kita punya cukup uang, membeli antivirus akan sangat baik. Karena ini dapat membantu kami untuk mengamankan data penting pada laptop atau komputer kami.

Data penting tentu akan sangat berharga, jika terinfeksi virus maka ini akan membuat otak pusing.

Bagaimana 2. Setelah mengunduh antivirus, silakan instal di laptop atau komputer Anda

Saran untuk Saya berdasarkan pengalaman sejauh ini. Gunakan 2 antivirus dalam 1 laptop / komputer, jangan semua diinstal. Gunakan antivirus lokal dan internasional sehingga laptop / komputer tetap menjadi kinerja yang stabil.

Contohnya menginstal Smadav (antivirus lokal) dan AVG (International Antivirus). Mengapa 2 antivirus harus? Harus lokal dan internasional ?? Karena pengalaman tutorial dalam mengatasi virus pada laptop / komputer adalah ketika pemindaian laptop menggunakan anvirus lokal kadang-kadang ada virus yang keras kepala yang tidak terdeteksi, tetapi setelah dipindai menggunakan antivirus internasional dari virus bandel yang terdeteksi, sebaliknya di sana Adalah virus yang tidak terdeteksi menggunakan antivirus internasional tetapi terdeteksi menggunakan antivirus lokal.

Semua tergantung pada pengguna, ini hanya saran dan mengedit pengalaman. Menginstal 1 Antivirus sudah cukup jika cukup untuk membersihkan virus yang menginfeksi.

Bagaimana 3. Setelah antivirus diinstal, lakukan satu pemindaian di laptop / komputer.

Ketika menginstal 2 pemindaian umpan antivirus pertama kali menggunakan antivirus lokal kemudian setelah baru saja selesai menggunakan antivirus internasional.

Dalam proses pemindaian virus, biasanya virus pintasan akan terdeteksi terlebih dahulu. Virus pintasan adalah virus yang menginfeksi data pada laptop dan diganti dengan file pintas, kadang-kadang karena kita tidak tahu kita tertipu oleh virus pintasan ini.

Ketika Anda virus yang tidak berhasil, cobalah untuk tidak menggunakan laptop / komputer untuk bekerja. Jangan juga pasang perangkat lain ke laptop / komputer. Tunggu sampai proses pemindaian virus selesai.

Cara 4. Mulai ulang laptop / komputer

Setelah proses pemindaian virus selesai, biasanya akan ada permintaan untuk menghapus virus, menghapus virus sampai bersih. Setelah selesai, restart laptop / komputer Anda.

Kadang-kadang ada beberapa virus yang merusak sistem windows, jadi meskipun virus adalah windows bersih tetap menjadi kesalahan kemudian untuk mengatasinya adalah dengan menginstal ulang Windows.

Bagaimana 5. Instal ulang laptop

Jika setelah virus dipindai tetapi Windows tetap menjadi kesalahan, maka langkah terakhir adalah menginstal ulang laptop / komputer. Virus berbahaya terkadang menyerang sistem pada Windows, ini yang menyebabkan sistem lambat, tidak dapat boot, dan hang.

Instal ulang Windows, setelah menginstal ulang kemudian lakukan pemindaian total pada laptop, dan setelah itu menginstal driver dan program yang diperlukan.

Ada jenis virus yang paling berbahaya, salah satunya adalah jenis virus cryptolocker. Virus ini menginfeksi semua data di laptop / komputer Anda. Virus ini akan memberi Anda pesan melalui semua file Anda, Anda harus melakukan pembayaran sehingga data di laptop / komputer Anda dapat kembali normal.

Saran Saya adalah, ketika Anda merasa data di komputer / laptop Anda tidak penting dalam arti bahwa Anda dapat menyalin dari laptop lain, maka abaikan saja. Beberapa tutorial yang dapat dibaca yang telah dibaca tidak benar-benar mengatasi masalah ini. Kemudian langkah terakhir adalah menginstal ulang laptop Anda dan membentuk format semua data di hard drive Anda. Ini tentu sangat menyedihkan, tetapi ini adalah salah satu solusi. Jika Anda kurang percaya, temukan tutorial di Internet untuk mengatasi virus ini.

Tetapi jika data ini sangat penting, salah satu caranya adalah mengikuti kehendak pembuat virus, yaitu dengan mentransfer jumlah uang yang diminta. Biasanya dalam bentuk dolar, untuk beberapa puluh dolar.

Ini adalah pengalaman Saya secara langsung dalam berurusan dengan virus tipe Cryptolocker. Saya akan memberikan tips tentang cara mengobati laptop / komputer sehingga tidak terinfeksi virus.

Cara merawat laptop sehingga tidak terinfeksi virus

  1. Gunakan antivirus yang sudah terkenal dan mudah digunakan.
  2. Jika Anda memiliki cukup uang, beli antivirus yang merupakan versi profesional. Tetapi jika uang biasa-biasa saja gunakan versi gratis.
  3. Perbarui setiap hari antivirus yang telah diinstal pada laptop / komputer sehingga setiap kali ada perangkat atau virus yang masuk yang akan menginfeksi secara otomatis akan terdeteksi dan dihapus.
  4. Berhati-hatilah saat mencolokkan perangkat tambahan seperti flashdisk, kartu memori, kartu SD, dll. Pastikan untuk memindai perangkat terlebih dahulu sebelum digunakan sehingga bersih dari virus dan siap digunakan.
  5. Selalu pindai laptop / komputer Anda setiap hari untuk bebas dari virus.
  6. Ketika antivirus telah kedaluwarsa, segera tingkatkan ke yang baru atau unduh versi terbaru antivirus yang Anda instal.
  7. Jangan datang dari situs web. Karena ada web yang berisi malware ke virus jahat.
  8. Unduh keduanya mp3, video, dll. Di situs yang akrab dan terkenal sehingga setidaknya menghindari virus.
  9. Setiap antivirus memiliki upgrade setiap tahun, pastikan Anda memperpanjang lisensi antivirus.

Dengan demikian 5 cara untuk menghilangkan virus pada laptop / komputer dengan mudah dan efektif. Semoga bermanfaat


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.