Panduan Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Laptop

Aplikasi pertemuan online yang paling banyak diperhatikan dalam periode pandemi sebelumnya adalah zoom. Tidak hanya digunakan oleh pekerja kantor yang diharuskan bekerja dari rumah tetapi juga oleh dosen dan siswa untuk melakukan pembelajaran online.

Bahkan aplikasi ini juga digunakan oleh aktivis seminar online atau umumnya disingkat oleh webinar. Sebelum mendiskusikan cara menggunakan zoom, ada yang baik, kami akan mengenali lebih banyak tentang zoom dan fitur Saka apa.

Apa Itu Zoom?

Zoom adalah aplikasi komunikasi menggunakan video dan dapat digunakan di berbagai perangkat seluler atau desktop. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk tatap muka secara online dengan jumlah peserta tatap muka online yang cukup banyak.

Sejarah Aplikasi Zoom

Zoom didirikan oleh Eric Yuan, yang saat ini merupakan CEO Zoom Technologies, Inc. Gagasan memulai startup konferensi video dimulai dari waktu Eric duduk di perguruan tinggi dan memiliki hubungan jarak jauh dengan pacarnya.

Jarak mereka dipisahkan oleh 10 jam dengan kereta api. Pada tahun 1997 Eric pindah ke Silicon Valley dan diterima untuk bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang Video Conferencing, WebEx. 10 tahun kemudian perusahaan ini diakuisisi oleh Cisco dan Eric diangkat sebagai salah satu wakil presiden.

Yuan kemudian memberi tahu ide untuk membuat aplikasi konferensi video. Gagasan itu ditolak oleh pejabat Cisco sehingga Eric akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Pada 2011 Eric Yuan secara resmi didirikan zoom.

Fitur Aplikasi Zoom

Banyak fitur yang tersedia pada aplikasi zoom ini, di antaranya

Video dan Audio HD

Menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas gambar dan suara yang dihasilkan karena aplikasi ini telah didukung oleh high definition atau kualitas HD.

Alat kolaborasi Default

Pengguna dapat berbagi layar bersama-sama dan bergabung dengan catatan penting dari hasil pertemuan untuk pertemuan yang lebih interaktif dengan alat kolaborasi default.

Keamanan

Keberadaan fitur enkripsi end-to-end yang dapat digunakan dalam semua pertemuan melalui aplikasi zoom membuat keamanan pengguna tidak perlu ditanyai lagi. Anda bisa mendapatkan keamanan tambahan dari kata sandi yang hanya Anda ketahui

Catatan dan transkrip.

Peserta rapat juga dapat mencatat pertemuan yang dilakukan melalui zoom kemudian menyimpan rekaman pada setiap perangkat atau pada akun cloud.

Fitur Penjadwalan

Di aplikasi zoom Anda dapat menjadwalkan konferensi video yang akan Anda lakukan. Anda juga dapat memulai konferensi video atau rapat melalui akun Outlook, Gmail, atau ICA yang Anda miliki.

Tim CHAT.

Mengobrol dengan peserta rapat yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda juga dapat dengan mudah menemukan riwayat percakapan, berbagi file terintegrasi dan data dapat disimpan selama 10 tahun. Fitur ini tentu membuatnya lebih mudah untuk bertemu peserta untuk melakukan panggilan antara sesama peserta atau membuat panggilan kelompok.

Untuk menggunakan aplikasi zoom, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, berikut adalah cara menggunakan zoom di laptop, cara menggunakan aplikasi zoom meeting di laptop, dan cara membuka zoom di laptop:

Cara Menggunakan Zoom di Laptop:

  1. Cari dan temukan rapat zoom cloud di browser (browser) atau buka https://zoom.us/
  2. Untuk mengadakan sesi rapat dalam zoom klik menu 'Host' di kanan atas.
  3. Klik 'Sign-In' untuk masuk.
  4. Anda diharuskan memiliki akun zoom atau dapat menghubungkannya ke akun Gmail Anda.
  5. Anda akan diarahkan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi zoom di laptop Anda
  6. Jika Anda ingin bergabung dengan sesi rapat, mintalah ID rapat (ID rapat) dan kata sandi, dan klik menu 'Gabung'
  7. Isi kode ID dan kata sandi rapat
  8.  Sesi panggilan zoom segera dimulai

 Cara Menggunakan Zoom di Ponsel Android

  1. Carilah aplikasi Zoom Cloud Meeting di PlayStore (untuk pengguna Android) dan App Store (untuk pengguna iOS)
  2.  Unduh atau instal aplikasi di ponsel Anda
  3.  Aplikasi Zoom berhasil diinstall dan siap digunakan
  4.  Masuk menggunakan akun zoom atau akun gmail Anda
  5. Jika Anda ingin mengikuti sesi rapat, klik menu 'Gabung' dan masukkan ID Meeting dan kata sandi yang telah disediakan
  6. Untuk membuat Meeting, pilih 'Start Meeting'
  7. Masukkan pengaturan kemudian temukan ID Meeting dan kata sandi pribadi. Bagikan tautan atau Meeting ID dan kata sandi kepada peserta yang akan mengikuti pertemuan virtual
  8. Untuk menjadwalkan rapat baik pertemuan dan secara berkala, pilih Opsi Schedule
  9. Fitur Upcoming  dapat digunakan untuk mengubah jadwal Anda.
Demikianlah Panduan Tutorial Cara menggunakan Aplikasi Zoom di Smart Phone, Komputer dan Laptop yang bisa Anda Coba Praktikkan.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.