Cara Install Ulang Windows HP ProLiant ML110 G7

Untuk Pertama kalinya saya mendapatkan Job Install Ulang PC Server HP ProLiant ML110 G7 milik salah satu sekolah tingkat menengah negeri yang berada tidak jauh dari tempat tinggal saya. Pada saat proses Install Ulang saya sedikit kesulitan dimana untuk cara Akses dan Tampilan BIOS sangat berbeda bila dibandingkan Cara Akses BIOS dan Tampilan BIOS Komputer maupun Laptop pada biasanya.

Belum lagi di awal pada saat memulai mencoba proses Install HP ProLiant ML110 G7 tidak mau booting melalui Flashdisk, meskipun sudah saya coba ubah-ubah setting di Biosnya. Untuk dapat mengakses BIOS HP ProLiant ML110 G7 pada saat setelah selesai Kalibrasi tekan saja tombol F9 dan F11 untuk Opsi Boot Priority. Untuk Boot Priority Drive juga bisa disetting pada bios seperti tampak pada foto di bawah ini, untuk mengubah urutan gunakan pilih boot priority kemudian tekan enter.

Jadi diawal saya mencoba menginstall menggunakan bootable Flashdisk, Karena HP ProLiant ML110 G7 tidak mau booting melalui flashdisk, maka saya beralih menggunakan DVD Bootable Windows. Namun ternyata setelah berhasil Booting Installer DVD muncul masalah baru yaitu ada notifikasi:

Windows cannot be installed to this disk. This Computer's hardware may not support booting to this disk. Ensure that the disk's controller is enabled in the computer's BIOS menu

Setelah saya cari informasi mengenai masalah tersebut, banyak yang mengarahkan untuk mengubah SATA Configuration BIOS menjadi AHCI. Namun setelah saya coba dan berulang kali berganti-ganti Master Bootable Windows masalah tesebut selalu muncul kembali.

Setelah berjam-jam dihadapakn pada masalah di atas, akhirnya saya menemukan solusinya. Ternyata untuk PC Server HP ProLiant ML110 G7 belum support UEFI yang artinya system format hardisk yang digunakan adalah MBR bukan GPT dan untuk proses installnya tidak bisa menggunakan metode GPT UEFI. Begitu saya convert hardisk GPT ke MBR dan Enable Sata Legacy Support  proses install dapat berjalan normal sebagaimana biasanya.

Info tambahan: PC Server HP ProLiant ML110 G7 sudah support install menggunakan Master Bootable Flashdisk, apabila kalian mengalami kendala PC Server HP ProLiant ML110 G7 tidak mau booting melalui Bootable Flashdisk, coba cari setting di Bios dan pindahkan flashdiks ke USB Port bagian depan sebelah kanan berdekatan dengan lampu indikator dengan nyala warna kuning.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.