Cara Install Windows 7 SP1 Komputer dan Laptop

Seperti yang kita mengetahui Windows 7 mempunyai beragam jenis. Seperti Starter Edition, Home, Professional, Enterprise dan Ultimate. Selainnya versus yang saya sebutkan, Windows 7 mempunyai versus up-date yang kerap disebutkan dengan istilah SP1 atau Servis Pack 1.

Bagi Anda yang belum mengetahui apakah itu SP1 di Windows 7, berikut saya akan terangkan dan langkah memasangkannya. Yok dibaca.

Apakah itu SP1 di Windows 7?

SP1 ialah sebuah kelompok data yang berperan untuk mengupdate feature dan menambahkan program tertentu di Windows 7.

Penyempurnaannya sendiri lumayan banyak, seperti pembaruan bug pada versus awalnya, kenaikan feature dan keamanan mekanisme, optimasi performa dan semacamnya.

Arah ada SP1 ini adalah untuk mempermudah kita sebagai pemakai. Hingga tak perlu memasangkan beberapa file up-date terpisah. Cukup satu file paket saja.

Catatan: SP1 ini cuman ada untuk Windows 7 versus Ultimate dan Enterprise saja.

Langkah Install Windows 7 SP1 Lewat Windows Up-date 

Bila mekanisme Anda belum dipasang Windows 7 SP1, Anda dapat install sendiri lewat Windows Up-date. Berikut beberapa langkahnya.

1. Membuka Windows Up-date

Pertama, silahkan pencet tombol Start Windows. Selanjutnya tulis Windows Up-date di kolom penelusuran. Jika sudah bertemu, click Windows Up-date itu.

2. Click Cek for Up-dates

Sesudah Windows Up-date ada, Anda dapat click tombol Cek for Up-dates untuk memulai cari file penyempurnaan SP1 di mekanisme Windows 7 itu.

3. Nantikan Proses Penelusuran Up-date

Seterusnya nantikan sesaat sampai Windows Up-date mendapati file penyempurnaan.

Contoh nama file-nya seperti Servis Pack for Microsoft Windows (KB976932). Click tombol Install Up-dates bila .

4. Check Instalasi

Sesudah usai lakukan instalasi, Anda dapat re-start PC atau netbook yang digunakan lebih dahulu.

Selanjutnya membuka feature Sistem di Windows search untuk mengecek apa SP1 telah dipasang di Windows 7 Anda atau memang belum. Jika sudah, maka ada nama Servis Pack 1 di kolom Windows Edition.

Langkah Install Windows 7 SP1 Dengan Off-line Installer

Selainnya lewat Windows Up-date, Anda bisa juga lakukan instalasi SP1 secara off-line. Di sini Anda harus mempersiapkan file SP1-nya. Keunggulan pada langkah ini adalah file instalasi itu dapat diletakkan. Hingga jika setiap saat perlu, Anda dapat memasangkan SP1-nya kembali tanpa perlu download ulangi up-date.

Berikut langkah install Windows 7 SP1 dengan off-line installer:

1. Lakukan SP1 Dengan Hak Administrator

Pertama pasti Anda harus telah mempunyai file SP1-nya dahulu. Untuk file-nya dapat Anda mencari di website sah Microsoft.

Jika sudah, silahkan click kanan file itu selanjutnya tentukan Run as Administrator. Jika ada pemberitahuan Pemakai Akun Kontrol, Anda dapat click Yes untuk meneruskan proses instalasi.

Oh ya, yakinkan file SP1 Anda sama sesuai arsitektur mekanisme operasi. Contoh Windows 7 saya arsitekturnya 32 bit, karena itu untuk file up-date-nya SP1 X86.

2. Mulai Instalasi Servis Pack 1

Di sini akan ada kotak diskusi Install Windows Servis Pack. Silahkan click tombol Next dan Install untuk meneruskan penempatan.

3. Nantikan Sampai Proses Instalasi Usai

Tunggu hingga proses instalasi SP1 usai. Umumnya sesaat kok, cuman 3-5 menit saja. Sesudah proses instalasi usai, silahkan re-start mekanisme.

4. Check Versus SP1

Paling akhir, Anda dapat check untuk pastikan jika file up-date telah dipasang di mekanisme atau memang belum.

Triknya silahkan membuka CMD, tulis winver dan pencet Enter. Nanti kotak diskusi About Windows akan ada, dan Anda dapat saksikan bakal ada text Servis Pack 1 didalamnya.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.