Begini Cara Mudah Mengatasi Aplikasi QFIL Error

QFIL ialah program yang berperan untuk flash ulangi HP Android. Tetapi berlainan dengan Mi Flash untuk Xiaomi, atau SP Flashtool untuk Mediatek, QFIL ini lebih diutamakan untuk HP dengan chipset Qualcomm.

Dengan QFIL proses flashing dapat dilaksanakan lewat PC atau netbook, seperti langkah flashing seperti secara umum.

Pada proses flash menggunakan Aplikasi QFIL tidak selamanya berjalan mulus. Bisa jadi ada permasalahan tertentu. Baik itu berbentuk code atau pemberitahuan. Berikut akan diulas langkah untuk menanganinya.

Langkah Menangani Error di Program QFIL

Error pada QFIL dapat ada pada jendela pemberitahuan atau kolom status program. Yang tersering seperti "Sahara Fail" sampai proses flashing berhenti.

Selanjutnya ada pula lainnya, seperti Firehose Fail, No Port Available dan ada banyak kembali. Tiap error itu tentu saja punyai tujuan dan jalan keluar yang berbeda.

1. Yakinkan HP Bisa dibaca Dengan Baik

Pertama, Anda harus pastikan HP telah bisa dibaca di PC atau netbook secara baik. Triknya yakni yakinkan HP telah masuk ke model MTP (Media Transfer Protocol).

Selanjutnya lanjut aktifkan USB Debugging untuk memberi hak administrator ke mekanisme Windows. Jika sudah, silahkan sambungkan HP ke PC atau netbook memakai kabel USB seperti umumnya.

Untuk memeriksa HP telah bisa dibaca atau memang belum, Anda dapat saksikan secara langsung di QFIL.

2. Tukar Firmware

Salah satunya pemicu proses flashing gagal adalah karena Anda menggunakan firmware yang tidak sesuai type HP. Atau juga bisa karena firmware yang Anda gunakan corrupt.

Untuk menangani permasalahan ini ada dua jalan keluar. Pertama tukar firmware yang pas dengan type piranti.

Dan yang ke-2 , jika Anda menggunakan ROM official, coba tukar firmware-nya ke versus lebih baru ataupun lebih lama.

3. Tukar Versus QFIL

Selainnya firmware, Anda harus juga memerhatikan versus QFIL. Makin baru versus QFIL, aplikasinya umumnya akan makin konstan.

Tetapi untuk beberapa type HP kuno, umumnya malah dapat semakin pas menggunakan QFIL versus lama . Maka untuk ini, dapat Anda samakan sendiri ya.

Bahkan juga ada keadaan di mana Anda harus menggunakan versus QFIL tertentu yang pas dengan firmware.

4. Check Kabel dan Port USB

Kabel USB yang error atau port USB yang memiliki masalah bisa juga mengakibatkan HP tidak berhasil flashing dan ada error di QFIL.

Untuk ini dapat Anda tangani dengan pastikan kabel USB yang digunakan masih berperan secara baik. Selanjutnya yakinkan ikatannya tidak goyang.

Selanjutnya check port USB di PC atau netbook Anda. Yakinkan masih normal. Test sambungkan kabel USB ke port lainnya.

5. Install Driver USB Qualcomm di Mekanisme

Untuk beberapa type HP, saat dihubung ke QFIL, Anda harus memasangkan dahulu driver Qualcomm HS-USB QDLoader 9008.

Peranan dari driver ini yakni untuk membikin chipset dari Qualcommnya dapat dibaca. Nach, untuk langkah pasang driver-nya dapat browsing ya.

Langkah flash HP di QFIL sebetulnya tidak sulit. Asal beberapa bahan flash-nya telah sama sesuai semua, dan persyaratan flash-nya tercukupi.

Tetapi jika ada error dengan pemberitahuan atau code tertentu, Anda dapat mencoba beberapa tips sama seperti yang telah diterangkan di atas.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.