Cara Memperbaiki Hardisk External Tidak Terbaca

Hardisk external ialah media penyimpan data yang tidak langsung tersambung dengan piranti computer. Alat ini harus disambungkan lewat kabel yang dicolokkan pada Port USB netbook atau computer.

Seiring waktu berjalan penggunaan hardisk ekternal, ada-ada saja permasalahan yang ada. Mulai lamban, telah dibuka datanya sampai tidak bisa dibaca pada netbook/computer. Karena itu tutorialservis akan membagi panduan membenahi hardisk external tidak bisa dibaca selengkapnya.

Untuk pemakai yang kerap bekerja dengan netbook atau computer, keperluan akan hardisk external ialah penting. Ingat alat ini dapat menolong kita dalam menuntaskan tugas tak perlu susah-payah hidupkan netbook.

Tapi yang bernama alat sering mendadak bermasalah tanpa ada alasan. Sama dengan hardisk external, tiba-tiba tidak bisa dibaca dikomputer. Hingga memunculkan permasalahan yang perlu selekasnya dituntaskan. Berikut panduan membenahi hardisk external tidak bisa dibaca.

  • Yang pertama harus dilaksanakan dengan memeriksa kabel hardisk. Coba mencolokkan kabel hardisk pada 2 netbook secara berganti-gantian. Apa di ke-2  netbook itu tidak bisa dibaca atau disalah satunya bisa dibaca hardisknya. Jika bisa dibaca disalah satunya, karena itu kabel tidak error. Peluang yang hancur ialah port USB pada netbook.
  • Lalu jika kabel tidak ada error atau kerusakan, karena itu check juga pada port USB hardisk. Apa hancur atau terlepas solderan dari pabriknya. Bila hancur, karena itu hardisk external harus dibedah dan diperbarui solderan slots USB nya.

Bila dengan di atas tidak bisa dibaca kemungkinan driver hardisk tidak dukungan pada netbook yang dipakai. Karena itu langkah menanganinya dengan menggunakan netbook lain.

Perhatikan slots USB pada netbook, apa pas dengan slots USB hardisk ekternal. Tujuannya ialah ada slots USB 3.0 dan 2.0. Yakinkan anda betul mencolokkan pada netbooknya.

Selainnya langkah di atas, ada cara-cara lain untuk membenahi hardisk external tidak bisa dibaca. Berikut beberapa langkahnya

Cek Driver Hardisk

Saat mencolokkan hardisk external pada slots USB netbook, windows akan mengetahui piranti hardisk. Kemudian, umumnya akan teridentifikasi hardisk dan terjadi proses instal driver secara automatis pada netbook/computer.

Jika ini tidak ada, terjadi kemungkinan kekeliruan atau error pada driver usb netbook/computer. Karena itu silahkan check driver usb netbook dan melakukan instal memakai CD Driver netbook.

Sesudah di instal, karena itu re-start netbook. Lantas silahkan colokkan kembali hardisk external anda. Driver telah terinstal dan hardiks bisa dibaca kembali.

Gunakan USB Port Lain

Kadang dalam mencolokkan hardisk external tidak langsung bisa dibaca secara baik. Ini bisa saja pada port usb netbook/computer telah hancur. Karena itu langkah yang lain dengan mencolokkan ke port usb lain.

Bila langkah ini tidak dapat membenahi hardisk external tidak bisa dibaca, karena itu belilah Port USB tambahan yang baik di toko computer. Lantas gunakanlah pada netbook/computer anda.

Tambahkan USB Card Pada Computer

Kadang jika sering mencolokkan usb dan asal cabut pada computer akan membuat port itu hancur atau mungkin tidak membaca usb kembali. Karena itu hal yang dapat dilaksanakan dengan memasangkan USB Card yang dapat dibeli ke toko computer.

Sesudah dibeli, karena itu gunakanlah USB card itu pada computer. Matikan lebih dulu computer anda. Sesudah dipasang, karena itu coba untuk mencolokkan hardisk external.

Hardisk Error Keseluruhan/Mati

Jika dengan lakukan beberapa cara di atas tidak dapat membenahi hardisk external tidak bisa dibaca. Kemungkinan, hardisk external telah mati keseluruhan. Ini dapat terjadi seiring berjalannya waktu penggunaan.

Hardisk yang digunakan sekian tahun, pasti turun performanya. Apa lagi tipe hardiksnya ialah HDD bukan SSD. Bisa jadi piringan di dalam HDD tidak berputar-putar kembali atau telah lamban. Langkah menanganinya dengan tukar hardisk baru dan hati-hatilah dalam memakainya.

Demikian panduan langkah membenahi hardisk external tidak bisa dibaca selengkapnya. Mudah-mudahan dapat berguna


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.