Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows

Cara menampilkan keyboard di layar laptop. Keyboard atau papan ketik yang merupakan salah satu bagian dari komponen computer ataupun laptop mempunyai peran yang sangat penting sekali saat kita hendak melakukan banyak hal atau pekerjaan mengetik. Adanya kendala atau masalah Keyboard rusak tentunya akan membuat pengguna  kesulitan untuk saat menggunakan Laptop ataupun komputer, karena tidak dapat lagi digunakan untuk menulis pada beragam aplikasi program.

Suatu keyboard dapat rusak kapan pun, tetapi untungnya sistem operasi Windows menyediakan feature untuk menampilkan keyboard pada layar. Sehingga dapat kamu gunakan pada kondisi darurat dan dapat menggunakan mouse untuk memilih tiap personalitasnya.

Windows menyebut feature virtual keyboard ini sebagai OSK (On-Screen-Keyboard) yang mana sudah ada sejak lama. Tetapi beberapa pengguna kemungkinan masih kebingungan bagaimanakah cara mengaktifkannya tanpa harus menggunakan keyboard kembali, dan hanya menggunakan mouse saja. Tidak perlu cemas, karena artikel ini akan mengulas bagaimana mengaktifkan feature itu.

Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop

Ada kalanya dua langkah untuk menampilkan keyboard pada layar tanpa harus menggunakan keyboard kembali . Maka keadaan ini lebih diutamakan untuk perangkat yang tidak mempunyai keyboard atau mengalami kerusakan, hingga hanya dapat menggunakan mouse saja. Silahkan ikuti beberapa langkahnya berikut:

  1. Click kanan pada Taskbar.
  2. Selanjutnya click pilihan Show Touch Keyboard Button.
  3. Selanjutnya akan muncul icon keyboard di bagian Toolbar.
  4. Click 2x pada icon itu untuk munculkan keyboard pada layar.

Pada intinya langkah di atas menerangkan mengenai mengaktifkan touch keyboard, yang mana feature ini lebih dicocokkan untuk perangkat layar sentuh. Tetapi itu sama seperti seperti OSK, hanya mempunyai ketidaksamaan, di mana keyboardnya tidak melayang seperti OSK.

Cara Menampilkan On Screen Keyboard Melalui Pengaturan

Jika kamu tidak suka dengan feature touch keyboard karena menutupi halaman lumayan lebar dan tidak dapat dipindahkan-pindahkan, itu berarti yang kamu perlukan ialah feature OSK ini. Dan untuk mengaktifkannya juga cukup mudah, berikut langkah selengkapnya:

  1. Click START dan click icon pengaturan.
  2. Lalu click dalam menu Ease of Akses.
  3. Selanjutnya tentukan menu Keyboard.
  4. Dan tahapan akhir adalah aktifkan pada pilihan Use the On-Screen-Keyboard.
  5. Saat itu juga keyboard langsung akan tampil pada layar laptop

Saat keyboard sudah tampil, janganlah sampai menekan tombol close (X) dan cukup di-minimize saja. Karena bila sampai ditutup, kamu harus mengulang kembali cara di atas untuk mengaktifkannya lagi.

Di antara Touch Keyboard dan On-Screen-Keyboard mempunyai kekurangan dan kelebihan semasing. Tetapi yang umum dipakai ialah On-Screen-Keyboard karena lebih mudah dalam operasionalisasi menggunakan mouse dan ukuran yang responsif hingga kamu dapat mengatur besar dan kecil tampilannya sesuai kenyamanan.

Sementara itu Touch Keyboard lebih dicocokkan pada perangkat layar sentuh karena kemudahan tombol yang besar hingga mudah untuk dijangkau. Karena itu, silahkan tentukan mana saja sesuai keperluan kamu dalam menggunakan keyboard pada layar.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.