Cara Mengirim File dari Laptop ke HP Yang Harus Kamu Tau

Berkat perubahan tehnologi, kita sekarang bisa memindahkan file dari Laptop ke HP dengan sangatlah mudah. Banyak terdapat pilihan cara atau alat, yang dapat dipakai untuk melakukannya.

Seperti yang kita ketahui bersama, beragam jenis perangkat saat ini datang dengan dukungan software atau hardware yang baik sekali. Didalamnya, beberapa pengembang melengkapi mekanismenya dengan utilitas yang paling menolong dan support konektivitas yang makin komplit.

Dengan demikian beberapa pengguna bisa makin mudah memindahkan file dari perangkat satu ke perangkat lainnya, dari  computer dan Laptop ke HP atau kebalikannya. Apa lagi sekarang ini, banyak pula program yang diperkembangkan khusus untuk membantu hal ini.

Secara eksklusif, ada banyak cara yang dapat dipakai sebagai alternatif untuk memindahkan file dari Laptop ke HP. Untuk kamu yang belum tahu, berikut ini caranya:

Cara Mengirim File dari Laptop Ke HP lewat Kabel Data

Cara ini merupakan salah satu alternativ selain dari pada cara mengirim file dari laptop ke HP tanpa bluetooth dan cara mengirim file dari laptop ke HP tanpa shareit

  1. Hubungkan HP dengan Laptop menggunakan kabel data yang sesuai
  2. Tentukan pilihan Transfer files atau MTP dalam menu yang ada di HP saat sukses menyambungkannya (menu ini dapat disaksikan pada USB Options di panel notifikasi)
  3. Buka File Explorer di Laptop dan cari file yang hendak dipindah
  4. Apabila sudah bertemu, copy file itu dengan memilihnya lalu tekan CTRL + C
  5. Masuk ke salah satu folder yang berada di partisi perangkat Android (namanya berbeda untuk tiap perangkat)
  6. Lalu paste file-nya dengan tekan CTRL + V 

Sebagai catatan, langkah di atas hanya dapat dipakai untuk perangkat yang memakai sistem operasi Android. Untuk perangkat lain, pengguna bisa jadi membutuhkan aplikasi tambahan, seperti iTunes untuk perangkat iPhone, iPad, atau iPod.

Cara memindahkan File dari Laptop ke HP Lewat USB Flashdrive

Cara ini merupakan salah satu alternativ selain dari pada cara mengirim file dari laptop ke HP tanpa bluetooth dan cara mengirim file dari laptop ke HP tanpa kabel data

Untuk metode ini, pengguna membutuhkan perangkat tambahan yang disebut dengan USB OTG. perangkat ini sebagai konverter dari USB Tipe-A (connector flash disk umumnya) ke micro-USB atau USB Tipe-C (connector pada handphone).

Untuk memakainya, pengguna perlu mengopi file dari Laptop ke flash disk seperti biasanya, lalu menyambungkan flashdrive itu dengan OTG ke handphone. Bila ada pemberitahuan General USB Drive, tekan tombol OPEN untuk membuka.

Bila tidak tampil atau mungkin tidak ada pernyataan, pengguna dapat membuka partisinya lewat file manager yang ada di perangkat yang dipakai. Selanjutnya, pengguna dapat memindahkan file seperti biasa.

Sebagai catatan, selainnya harus mempunyai perangkat USB OTG, pengguna harus juga memastikan jika perangkatnya memberikan dukungan pilihan OTG didalamnya. Khususnya dalam masalah ini, pengguna yang memakai perangkat-perangkat lama.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Lewat Jaringan Wireless

Cara ini juga merupakan salah satu alternativ selain dari pada cara mengirim file dari laptop ke HP tanpa bluetooth dan cara mengirim file dari laptop ke HP tanpa kabel data

Selain menggunakan perangkat atau kabel tambahan, pengguna bisa juga memakai jaringan wireless, baik bluetooth, WiFi, atau ke-2 nya, untuk memindahkan file dari Laptop ke HP.

Sebagai contoh misalkan di perangkat dengan Windows 10. pengguna perlu melakukan pairing lebih dulu lewat Settings > Devices > Add Bluetooth or other perangkat, lalu mengirim file-nya dengan menekan Show hidden icons (icon anak panah ke atas) > Bluetooth > Send To dan cari file yang hendak dikirimkan.

Sementara di perangkat-perangkat buatan Apple, pengguna dapat manfaatkan feature Airdrop, yaitu sebuah feature share file yang manfaatkan prosedur jaringan wireless baik itu bluetooth atau Wi-Fi.

Cara mengirim file dari Laptop ke HP lewat bluetooth

Cara pertama yang mudah dilakukan ialah memakai tehnologi Bluetooth yang sangat umum pada beragam perangkat gawai, dan cocok dengan semua tipe perangkat lintas merk dan lintas tipe.

Artinya Anda dapat mengirimi photo dari ponsel ke laptop dari perangkat Android ke iOS, Android ke Windows, Windows ke iOS dan kebalikannya. Anda dapat mengikuti cara  berikut :

1. Yakinkan Ke-2  Perangkat Punyai Bluetooth

Anda harus pastikan hp dan laptop punyai jaringan Bluetooth. Sebagian besar hp dibekali dengan Bluetooth, bahkan juga yang cukup kuno sekalipun, tetapi tidak semua laptop punyai Bluetooth.

Untuk laptop yang tidak memiliki Bluetooth, Anda dapat membeli USB dongle Bluetooth, yakni Perangkat Bluetooth seperti flashdisk. Harganya juga bervariatif, ada yang mahal tetapi ada juga yang hanya beberapa puluh ribu saja.

2. Hidupkan Bluetooth

Cara selanjutnya ialah menghidupkan Bluetooth pada ke-2  Perangkat itu.

Pada hp umumnya masuk ke Seting > Bluetooth dan tentukan ON

Pada Laptop yang telah ada Bluetooth, telah aktif semenjak laptop dihidupkan

Pada laptop dengan Dongle, instal dahulu driver Bluetoothnya (umumnya otomatis) dan buka interface Bluetooth-nya.

3. Pair Hp dan Laptop

Cara selanjutnya ialah Pair atau menyambungkan hp dengan laptop lewat Bluetooth. Sesudah menghidupkan Bluetooth, umumnya ponsel akan mencari Perangkat secara automatis. Bila tidak Anda dapat masuk ke Seting > Bluetooth > Search New Device.

Apabila sudah bertemu device yang dimaksud, misalnya ‘My ASUS Laptop' pada laptop ASUS. segera Pair-kan ke-2  Perangkat. Umumnya Anda akan disuruh untuk masukkan code klarifikasi yang perlu dimasukkan ke ke-2  Perangkat.

Code klarifikasi bebas (di antara 1-8 karakter), bahkan juga angka ‘1' cukup. Sesudah terkonfirmasi karena itu status "My ASUS Netbook' tadi jadi ‘Connected".

4. Transfer File

Untuk mengirim file dari laptop ke hp triknya hampir serupa, yakni :

  1. Pertama yakinkan ke-2  Perangkat telah tersambung dan telah Paired. Triknya sama dengan mengirim dari hp ke laptop
  2. Tentukan file dengan membuka Windows Explorer dan masuk ke Folder di mana file diletakkan
  3. Tentukan gambar satu-persatu atau semua dengan ctrl+A, atau dipilih dengan ctrl+ dan click pada file yang akan dikirimkan.
  4. Click kanan dan tentukan Send To > Bluetooth
  5. Anda akan memperoleh pilihan Perangkat yang telah di pair, tentukan nama hpmu dan OK
  6. Proses transfer akan segera jalan diikuti dengan bar biru yang bergerak.

Pada hp, file yang terkirim umumnya langsung akan disimpan secara automatis di folder Bluetooth.

Apabila sudah tersambung, maka transfer file dapat segera dilakukan metodenya dengan :

  1. Masuk ke folder di mana file yang hendak dikirimkan berada, misalnya folder gambar. Anda ingin mengirimi gambar "img001", karena itu masuk ke folder dan select "img001" tadi selanjutnya akan ada simbol Bluetooth di bar atas.
  2. Click dan tentukan Send To. Untuk mengirimi ke laptop, tentukan "My ASUS Laptop" dan click Send. Karena itu transfer segera jalan.
  3. Anda bisa juga transfer file secara massal, metodenya tentukan semua file yang akan Anda kirim dan tentukan Send To > My ASUS Laptop.
  4. Pada laptop, bakal ada pemberitahuan jika gambar pada proses pengiriman. Tentukan folder untuk simpan gambar itu dan click OK. Proses transfer akan segera jalan diikuti dengan sebuah Bar warna biru yang berjalan.

Bila proses transfer telah selesai, matikan Bluetooth pada handphone untuk menghemat daya. Namun, Cara ini mempunyai kekurangan untuk mengirimi file berukuran besar.

Cara Mengirim File dari Laptop ke HP Lewat Email

Jika Anda ingin Mengirim file melalui e-mail dengan bebas lebih baik pakai Laptop atau PC karena kita dapat menelusuri sejumlah fitur yang berada di Gmail secara mudah termasuk feature tambahan file.

Di sini kita akan terhubung situs Resmi Gmail dengan memakai browser di Laptop, dapat memakai browser Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, atau yang lain.

Sebenarnya langkah ini bukan hanya dapat dipakai di Laptop saja tetapi Anda bisa juga mengikutiinya di piranti Android memakai browser.

Ini salah satunya langkah alternative untuk pemakai Android yang malas download Aplikasi Gmail karena di sini kita akan segera membuka websitenya lewat browser.

Oh ya, belakangan ini Gmail juga mengalami peralihan penampilan jadi lebih kekinian. Apa Anda telah memakai Gmail versi terkini?

Bila belum silakan tentukan icon Setelan atau roda gigi di sudut atas kanan selanjutnya tentukan pilihan Coba Gmail baru, tentu saja Anda harus login lebih dulu.

Selain tampilannya lebih fresh, dengan mengaturnya menjadi tampilan versi baru Anda juga bisa lebih mudah mengikuti beberapa langkah yang saya berikan di bawah karena saya juga memakai versi terbaru.

Silakan buka browser favorite Anda selanjutnya ikuti beberapa langkahnya berikut:

  1. Buka halaman Login Gmail di browser Anda selanjutnya tentukan tombol MASUK yang ada di sudut atas kanan halaman.
  2. Kemudian Anda akan ditujukan ke halaman login, silakan login memakai account Google yang Anda punyai. Bila login sukses Anda secara automatis Anda akan ditujukan ke halaman Gmail.
  3. Untuk mengawali menulis e-mail tentukan tombol Tulis yang ada di sudut atas kiri.
  4. Selanjutnya nanti akan ada pop up untuk menulis e-mail  Di situ ada tiga kolom yang penting Anda isi.
  5. Kolom pertama atau Penerima isi dengan e-mail si penerima, misalkan e-mail dosen Anda atau e-mail PT. Bila Anda ingin Mengirim e-mail itu ke lebih satu penerima Anda dapat menulisnya langsung di kolom tersebut.
  6. Pada kolom ke-2  atau Subyek isi sesuai isi e-mail yang Anda kirim, misalkan Lamaran Kerja atau Pekerjaan Tehnologi Informatika. Bila tidak perlu dapat dikosongkan. Tetapi menurut saya kolom subyek itu perlu di isi karena saat sebelum sang penerima buka e-mail Anda, yang pertama kalinya dilihat satu diantaranya ialah Subyek e-mail.
  7. Di kolom paling akhir silahkan isi dengan pesan yang ingin di sampaikan.

Dalam langkah ini kita akan mengawali menambahkan tambahan file.

Caranya, silahkan tentukan icon Lampirkan file selanjutnya mencari file yang ingin dikirim lewat e-mail jika Anda ingin Mengirim lebih satu file pencet tombol Ctrl selanjutnya tentukan semua file yang ingin dikirim.

Yakinkan semua file yang hendak dikirimkan ada di folder yang serupa, namun bila file-file itu berbeda folder dapat di lampirkan satu demi satu.

Bila file telah dipilih silakan pilih Open.

Tunggu hingga proses unggah usai, apabila sudah usai check lebih dulu sisi e-mail yang menerima, subyek, dan isi e-mail sudahkah betul.

Bila semua sudah benar tentukan tombol Kirim.

Jika e-mail sukses dikirimkan nanti akan ada pemberitahuan "Pesan Sukses Dikirimkan" atau Anda bisa juga melihatnya di menu Terkirim.

Mengirim File Melalui E-mail Gmail di HP Android

Untuk Anda yang tidak punyai piranti Laptop atau sedang malas ke warnet, Gmail datang di Android Anda dapat download Aplikasi Gmail di Play Toko.

Sebenarnya Anda bisa juga ikuti langkah di atas dengan memakai browser namun saya lebih merekomendasikan Anda memakai Gmail di Android bila memang Anda ingin mengirimnya melalui HP karena penampilannya lebih simpel.

Disamping itu jika ada balasan e-mail dari seorang Anda bisa juga ketahuinya secara cepat karena nanti akan ada di pemberitahuan handphone Anda seperti seakan ada SMS masuk.

Silakan unduh lebih dulu Aplikasi Gmail untuk Android di Play Toko tunggu hingga Aplikasi sukses dipasang.

Apabila sudah, ikuti beberapa langkah berikut:

1. Membuka Aplikasi Gmail di HP Anda. Umumnya saat Anda membuka Gmail akan automatis login memakai e-mail Google yang sudah Anda gunkanan di Play Toko. Bila belum silakan login lebih dulu.

2. Jika Anda sukses login maka terlihat penampilan awalannya seperti gambar di bawah paling kiri, tentukan icon pensil yang ada di sudut kanan bawah monitor untuk membikin pesan baru.

3. Kemudian Anda akan ditujukan ke halaman tulis pesan 

Silakan isi kolom ke dengan e-mail sang penerima misalkan e-mail dosen atau peruResmiaan, kemudian isi sisi subyek selanjutnya pada kolom paling akhir isikan dengan pesan yang ingin Anda berikan.

4. Bila semua sudah di isi baru kita masukkan tambahan file, triknya tentukan icon clip yang ada pada bagian atas monitor selanjutnya tentukan pilihan Lampirkan file.

5. Kemudian Anda akan ditujukan ke halaman arsip, silakan tentukan file yang ingin Anda kirim.

Jika di Laptop kita dapat memilih langsung semua file yang ingin dikirim namun di Android Anda tidak bisa memilih file lebih satu, bila memang Anda ingin Mengirim lebih satu file pilih saja satu demi satu.

6. Jika file telah sukses di unggah check lebih dulu semua isi pesan yang ingin dikirim sudahkah selaras ataukah belum, apabila sudah tentukan tombol Kirim pada bagian sudut atas kanan layar  samping kanan.

7. Untuk memastikan apakah e-mail telah sukses dikirimkan atau memang belum silakan kembali lagi ke halaman awalnya Gmail selanjutnya tentukan icon garis tiga "☰" yang ada di sudut atas kiri monitor selanjutnya tentukan menu Terkirim.

Jika pesan Anda sukses dikirimkan maka ada pada bagian pesan terkirim seperti gambar di bawah samping kanan.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.