Cara Membuat Google Drive di Laptop

Apa Itu Google Drive?

Google Drive adalah layanan yang bisa menyimpan file secara online dalam kapasitas yang sangat besar dengan dua tipe Free Account alias Gratis dan Berbayar alias premium account. Layanan ini dapat dijangkau di berbagai perangkat, dimulai dari computer, handphone sampai laptop.

Google Drive bisa diakses melalui situs website atau aplikasi. Aplikasi Google Drive dapat didownload secara gratis  di Google Play Store dan App Store.

Tidak perduli apa yang terjadi pada perangkat Anda, file tetap disimpan dengan aman dalam Google Drive. File tersebut hanya dapat dijangkau oleh pemilik account Google Drive. Tetapi Anda bisa juga membagikannya  dengan orang tertentu menggunakan link.

Google Drive diperlengkapi dengan beragam feature menarik, diantaranya ialah:

1. Membuka Beragam File

Dengan Google Drive, Anda bisa terhubung lebih dari 30 jenis file langsung dalam browser. File ini meliputi video HD, Adobe Ilustrator, dan Photoshop. Ini semua dapat dijangkau walau program itu belum dipasang pada komputer.

2. Akses Secara Off-line

Jika menggunakan Google Chrome, Anda dapat mengaktifkan Drive secara off-line untuk membuat, mengubah, dan memberi komentar Documents, Slides, Gambar, dan melihat Spreadsheet tanpa koneksi internet.

3. Komentar dan Percakapan

Tidak hanya terhubung file, Anda bisa juga terhubung dengan orang lain melalui percakapan langsung dalam Spreadsheets, Documents, dan Slides. Anda bisa juga meninggalkan komentar pada file atau gambar.

Cara Membuat Google Drive Di Laptop

Membuat account google drive sebenarnya sangat mudah. Persyaratan khusus untuk membuatnya adalah anda diwajibkan untuk membuat account gmail lebih dulu

Sebenarnya, anda dapat mengakses dan membuat account google drive dimanapun, di media apa saja. Tidak harus laptop, handphone juga bisa . Maka, langkah berikut ini tidak hanya dapat dilakukan di laptop saja ya.

Adapun beberapa langkah yang perlu anda lakukan adalah:

Membuat Account Gmail Terlebih Dahulu

Ini sebagai persyaratan yang wajib anda penuhi. Konsekuensinya, anda tidak bisa mengakses dan membuat account google drive bila tidak memiliki account gmail.

Log In Account Gmail

Setelah anda sukses membuat account gmail. Langkah yang perlu anda lakukan adalah log in (masuk) ke account gmail anda lebih dulu. Seperti biasanya, silakan masukan sandi dan username anda untuk dapat menggunakan account gmail yang telah anda buat.

Ketik tanda titik berupa segi-empat

Pertanda segi titik segi empat tersebut dapat anda temukan pada bagian sudut kanan atas account gmail anda. Persisnya, tepat di samping kiri photo profile account.

Setelah anda click tanda tersebut. Maka muncul beberapa pilihan drop down. Silakan click ikon yang bertuliskan "drive". Maka anda akan otomatis masuk ke account google drive. Selamat, dengan demikian. Anda telah berhasil membuat  account google drive.

Cara Menggunakan Google Drive di PC / Laptop

Ada 3 poin utama yang perlu Anda pahami dalam Menggunakan Google Drive ini yakni Cara unggah file, membuat folder selanjutnya membagi link Unduh atau Download.

Ini sebagai Kegiatan mendasar yang harus diketahui oleh pengguna berkaitan Cara Menggunakan layanan penyimpanan data berbasiskan online ini. Pada kesempatan ini, saya Menggunakan Google Drive di PC/Laptop. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama: Cara Upload File

Untuk bisa mengupload file ke Google drive Anda harus mempunyai account e-mail Google terlebih dahulu. Bila Anda belum memiliki, silahkan buat Akun Google terlebih dahulu.

  1. Buka browser Anda (contoh: Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan lain-lain) selanjutnya tulis pada kolom link yaitu http://drive.google.com
  2. Silahkan masukan e-mail Anda pada tempat yang ada lalu click tombol Next atau selanjutnya.
  3. Selanjutnya masukan sandi atau password Anda lalu click tombol Next atau selanjutnya.
  4. Setelah berhasil masuk ke halaman utama, cara untuk unggah file yakni dengan pilih New atau bisa dilihat pada gambar yang sudah diberi tanda panah warna merah berikut ini.
  5. Lalu pilih File upload.
  6. Selanjutnya tentukan file yang ingin Anda upload ke Google Drive lalu pilih Open.
  7. Tunggu sampai proses upload file selesai.
  8. File telah sukses di-upload ke Google Drive.

Ke-2 : Cara Membuat Folder

selanjutnya yaitu Cara membuat folder. Adapun peranan dari membuat folder ini adalah supaya file-file yang Anda simpan bisa disimpan pada sebuah folder sehingga lebih rapi dan terpisah sesuai bagiannya atau folder masing-masing.

  1. Pilih New pada halaman utama Google Drive.
  2. Sesudah itu pilih Folder untuk membuat sebuah folder.
  3. Kemudian silahkan buat nama folder yang Anda inginkan lalu tekan tombol CREATE atau BUAT.
  4. Tunggu sampai folder selesai dibuat. Kemudian silahkan click kanan pada satu atau beberapa file yang ingin Anda masukan ke folder yang sudah Anda buat selanjutnya pilih Move to.
  5. Lalu tentukan folder dan click MOVE atau PINDAH.
  6. Agar bisa melihat apa file telah sukses dipindahkan ke satu folder yaitu dengan click 2x pada folder itu.
  7. Bila file yang Anda pilih sebelumnya ada karena itu Cara membuat dan memindahkan file ke satu folder sudah berhasil dilakukan.

Ke-3 : Cara Bagi Link Unduh atau Download

Salah satunya fitur yang ditawari oleh Google Drive yaitu bisa membagikan link Unduh atau Download ke seseorang. Ini bermanfaat jika Anda ingin membagikan file ke seseorang. Caranya Anda hanya perlu membagi link Unduh atau Download ke teman Anda saja, sehingga mereka dapat segera mempunyai akses supaya dapat download file Anda tersebut.

  1. Silahkan click kanan pada file atau folder yang ingin Anda bagikan link untuk download, selanjutnya pilih Get shareable link.
  2. Kemudian, akan ada sebuah link yang bisa Anda bagi ke orang lain pada area yang sudah diberi tanda panah.  Anda bisa menyalin atau copy link tersebut lalu membagikannya ke rekan Anda agar bisa langsung didownload.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara membuat Coogle Drive di Laptop sekaligus Cara Menggunakan Google Drive pada perangkat komputer dan laptop. Mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda. Selalu kunjungi Berbagi Tutorial Online untuk memperoleh info penting dan menarik. Selamat mempraktikkan.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Follow Berbagi Tutorial On Google News atau Follow Berbagi Tutorial On Instagram. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.