Cara Install XAPK di HP dan Laptop Untuk Pemula

Banyak orang yang tidak tahu cara memasang XAPK dan apakah itu XAPK di HP Android. Walau sebenarnya file ini penting sekali untuk dimiliki di jaman sekarang, lho!

Ditambah, banyak program dan game yang tidak ada pada Play Store, walau banyak orang yang membutuhkannya dan ingin memainkannya.

Dengan XAPK kalian dapat instal aplikasi dan game yang tidak ada pada Google Play Store dengan sesuka hati. Bagus sekali, bukan ?

Untuk mengetahui lebih jelas, Silahkan Simak mengenai langkah instal XAPK yang dapat kamu ikuti secara lengkap berikut di bawah ini!

Apa Itu XAPK?

Sebelumnya kami informasikan bagaimana cara instal XAPK, kalian perlu mengetahui dahulu apakah itu XAPK dan manfaatnya.

XAPK merupakan jenis file installer baru untuk aplikasi dan game Android yang menyatukan format APK dan OBB menjadi satu kesatuan.

Design ini sengaja dibuat untuk mempermudah pengguna Android dalam memasang aplikasi dan game terbaik dengan menginstal XAPK tanpa perlu memindahkan file OBB.

Kalian sudah jelas kan terkait apakah itu XAPK? Selanjutnyakita akan membahas bagaimana cara memasang XAPK di handphone kalian.

Cara Install XAPK di HP

Cara memasang XAPK di HP sebenarnya lumayan gampang, tapi kalian membutuhkan aplikasi tertentu untuk memasang XAPK namanya XAPK Installer. Aplikasi berikut ini mempunyai ukurannya yang tidak begitu besar, jadi kalian tidak perlu khawatir paket habis untuk mendownload XAPK Installer.

Di bawah ini beberapa langkah instal XAPK di handphone

  1. Download XAPK Installer pada link di atas.
  2. Buka Pengaturan HP > Keamanan dan aktifkan Ijin Install dari Sumber Tidak Dikenali.
  3. Pilih aplikasi yang ingin diinstal melalui antar muka aplikasi ini.
  4. Scan SD Card bila kesusahan untuk menemukan XAPK yang ingin dipasang.
  5. Aplikasi dapat langsung digunakan tanpa harus memindahkan file lainnya

Beberapa langkah di atas bisa juga dicoba diterapkan untuk kamu yang ingin mengetahui cara instal XAPK di Xiaomi, Samsung, atau merk HP yang lain.

Cara Install XAPK di Laptop

Tidak hanya di handphone saja, kamu bisa juga coba langkah instal XAPK PUBG atau lainnya di laptop atau PC. Silahkan download Bluestacks, Amaze File Manager, dan Pure APK Installer.

Langkah-langkahnya mungkin bisa terasa lebih sulit dibanding menginstal di HP, tetapi tetap dapat kamu pahami. Ingin tahu? Simak tutorialnya berikut ini.

1. Cara Install XAPK di Laptop Dengan BlueStacks

Sehubungan aplikasi XAPK installer yang tidak dapat langsung kamu instal di laptop, karena itu kamu memerlukan aplikasi emulator Android.

BlueStacks adalah emulator yang terpopuler dan mudah untuk dipakai.

Catatan: Saat sebelum lakukan cara ini, pastikan kamu telah mempunyai file XAPK Installer yang telah diulas sebelumnya.

  1. Download dan install BlueStacks dan Amaze File Manager di Laptop melalui link di atas.
  2. Buka folder tempat menyimpan file XAPK Installer
  3. Double-click untuk memasang aplikasi melalui BlueStacks.
  4. Buka aplikasi BlueStacks, masuk pada menu Home, dan tentukan My Games.
  5. Click folder Systems Apps dan pilih Android Settings.
  6. di dalam Android Settings, schrool ke bawah dan pilih Import Windows Files
  7. Cari dan buka file XAPK yang ingin di Install di Laptop.
  8. Buka aplikasi Amaze File Manager di halaman My Games.
  9. Masuk ke dalam folder DCIM > Shared Folder, lalu copy file XAPK yang ingin di-install di laptop.
  10. Di dalam menu My Games di BlueStacks, double-click aplikasi XAPK Installer untuk membuka.
  11. Bila ada jendela ijin akses, pilih Allow.
  12. Install XAPK seperti biasanya

Sayangnya,  tidak semua file XAPK sukses diinstall. Biasanya permasalahan disebabkan oleh perangkat yang tidak cocok dengan game atau aplikasi.

Akan tetapi, kamu tidak perlu cemas karena ada  alternative cara instal XAPK di laptop yang lain berikut ini.

2. Cara Install XAPK di Laptop dengan Pure APK Install

Apabila di metode sebelumnya kamu menggunakan bantuan aplikasi emulator Android untuk dapat memasang file XAPK, karena itu di sini ada cara yang lebih mudah.

Kali ini, kamu akan manfaatkan software namanya Pure APK Install yang dapat kamu download melalui link di atas. Kamu dapat baca artikel mengenai cara instal aplikasi di laptop untuk lebih jelasnya.

Jika sudah di-download,langsung saja ikuti beberapa langkah selanjutnya berikut ini :

  1. Instal Pure APK Install di laptop.
  2. Buka aplikasi Lalu, click tombol Open APK file di halaman utama aplikasi.
  3. Cari dan temukan file XAPK yang ingin diinstall di Laptop
  4. Tekan tombol Install untuk menyelesakan proses Install XAOJ di Laptop
Sayangnya, cara instal XAPK di laptop menggunakan metode ini juga gagal.

Dari semua eksperimen yang di atas,  dapat diambil kesimpulan kita tidak dapat memasang file XAPK di laptop.

Terkecuali, bila kita menggunakan beberapa langkah di atas untuk menginstal file XAPK di HP menggunakan bantuan notebook dengan menghidupkan feature USB Debugging dan Opsi pengembang.

Jika kamu ingin mencoba instal XAPK tanpa aplikasi di HP, kemungkinan cara ini dapat kamu coba.

Keunggulan XAPK

Tipe file installer baru ini mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan instal aplikasi langsung dari Google Play Store maupun dengan file APK. Berikut keunggulannya:

  1. Dibandingkan dengan Google Play Store, aplikasi dan game dengan format XAPK lebih bermacam karena Google melarang tersebarnya beberapa aplikasi dan game.
  2. Disamping itu, banyak pula aplikasi yang tidak berada di Play Store yang dapat kalian download melalui XAPK, seperti aplikasi download video Youtube atau aplikasi lain yang sejenis.

Cara membuka file XAPK dan memasangnya di handphone lebih mudah dibandingkan menginstal file tipe APK yang kadang harus memindahkan OBB secara terpisah.

Kekurangan XAPK

Walau termasuk sebagai tipe installer terbaru, XAPK mempunyai beberapa kekurangan yang perlu kalian perhatikan. Berikut pointnya.

  1. Game atau aplikasi yang terpasang menggunakan XAPK jarang-jarang sekali yang memberikan dukungan fitur up-date. Kerap kali kalian harus memperbaharui aplikasi ini secara manual.
  2. Tergolong bukan aplikasi resmi Google, keamanan dari aplikasi yang diinstall melalui XAPK pun tidak seaman dari Play Store. 
Kalian harus pandai-pandai memilih situs paling dipercaya untuk download file XAP

Penutup

Itulah langkah menginstal XAPK di Android langsung melalui HP atau PC yang dapat kalian lakukan. Lumayan mudah untuk diikuti, kan?

File instaler tipe baru ini kembali viral saat ini karena lebih sederhana cara memasangkannya daripada dengan tipe file lain. Walau memerlukan aplikasi khusus, ukuran aplikasi XAPK installer ini lumayan kecil dan ringan saat dijalankan.


Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.