Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Canon
  • Epson
  • Komputer
  • Laptop
  • MedSos
  • ByPass FRP Tools
  • Berbagi Tutorial in Google News
  • Berbagi Tutorial on Facebook
  • Berbagi Tutorial on Instagram
  • Berbagi Tutorial on Twitter
  • Berbagi Tutorial on Youtube
  • Berbagi Tutorial on Tumbrl
  • Berbagi Tutorial on Wix
  • Berbagi Tutorial on Linkdin
  • Berbagi Tutorial on KASKUS
  • Berbagi Tutorial on MEDIUM
  • List Blog Partner
  • Open Backlink DoFollow
  • Cara Mendaftarkan Blog ke Yandex Webmaster Tools

    Salah satu cara agar blog beserta konten yang ada di dalamnya dikenal dan terindeks oleh mesin Searching Online adalah dengan cara melakukan pendaftaran blog ke Webmaster Tool mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo serta Yandex. 

    Siapakah Yandex? Dan apa fungsi dari Mendaftarkan Blog ke Mesin Pencari Yandex melalui Webmaster.Yandex.com?

    Yandex merupakan sebuah perusahaan internet dari Negara Rusia yang mengoperasikan mesin pencari terpopuler di Rusia dengan persentase penggunaan sekitar 60%. Berdasarkan Informasi yang ada, pada skala Dunia, Yandex menduduki peringkat ke-4 sebagai mesin pencari terbesar yang populer dipakai oleh pengguna Internet berdasarkan Comscore.com dengan lebih dari 150 juta pencarian per harinya. Selain di Rusia, Yandex juga memiliki pengguna besar dari negara Ukraina, Belarus dan Kazakhstan. 

    Penggunaan Browser Yandex di Indonesia mungkin tidak sepopuler  mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo. Namun tidak ada salahnya jika anda mendaftarkan blog ke yandex webmaster tools. Dikarenakan tidak menutup kemungkinan Pengguna Internet sebagai Visitor Blog yang berasal dari Indonesia juga sebagian kecil menggunakan mensin pencari Yandex. Tentunya hal ini akan memberi nilai plus bagi Blog kita yang sudah terindeks pada mesin pencari Yandex. 

    Adapun fungsi dari mendaftarkan blog ke mesin pencari yandex melalui Webmaster Yandex Tools adalah  sebagaimana Admin singgung pada awal mukodimah yaitu supaya blog kita beserta konten yang ada di dalamnya dikenal dan terindeks pada galeri pustaka mesin pencari yandex. Karena secara praktis dapat digambarkan Mesin pencari itu seperti sebuah gudang perpustakaan, secara otomatis buku-buku dengan berbagai macam judul yang ada di dalamnya sudah pasti memiliki kemungkinan untuk dibaca oleh pengunjung perpustakaan. Sementara buku-buku yang masih diluaran sana belum di daftarkan dan masuk ke dalam rak-rak (galery) perpustakaan jelas tidak mungkin akan ditemukan oleh pengjung perpustakaan tesebut. Begitupun juga dengan Blog kita apabila sudah didafkan ke mesin Data Base Mesin pencari online yang ada saat ini seperti Google, Bing Atau Yaho, dan Yandex besar kemungkinan Konten dari Blog kita akan mudah ditemukan. Karena ketika user mengakses suatu mesin pencari misal Google, data yang ditampilkan oleh mesin pencari Google adalah Data Base yang sudah Terindeks dan Tersimpan di dalam Master Data Base Google.

    Berikut ini Tutorial cara mendaftarkan Blog ke Webmaster Tools Google dan Bing Atau Yahoo yang sudah Admin Publikasikan terlebih dahulu: 



    Untuk mendaftarkan blog ke Webmaster Yandex Tools caranya cukup mudah kalian hanya perlu mengakses halaman website Webmaster.Yandex.com. Jika belum memiliki Acount Yandex maka buatlah acount melalui menu Sign atau kalian bisa langsung login menggunakan pilin Log In Via Google. Maka secara otomatis Yandex akan mendeteksi dan menggunakan email yang digunakan Login Acount Google pada browser yang kalian gunakan.



    Setelah kalian berhasil membuat acount / login pada Webmaster Yandex Tools, langkah selanjutnya ada menambahkan situs atau blog yang akan di daftarkan dengan cara memasukkan URL Blog pada kolom Indput Site Adress kemudian Klick Add



    Akan muncul peringatan bahwa Blog belum terverifikasi, lakukan verifikasi kepemilikan melalui Meta Tag, salin Kode Meta Taq yang nantinya akan kita letakkan pada kode HTML Theme Blog. 




    Setelah kalian kode Meta Taq Verifikasi, buka Dasboard Blog kemudian masuk menu Theme kemudian pilih Edit HTML. Letakkan kode verifikasi di bawah areah <head> kemudian Klick Simpan Tema. 



    Kemudian kembali ke Tab Webmaste Yandex Tools, Klick Check untuk melakukan Verifikasi Kepemilikan Situs.




    Verifikasi kepemilikan situs berhasil, ditandai dengan munculnya informasi Users Managing the Site.



    Langkah selanjutnya adalah melakukan reques diagnosa Blog yang sudah didaftarkan, melalui menu Troubleshooting - Site Diagnotics. Hal ini bertujuan untuk melakukan chek apakah kondisi kesehatan blog kita bagus atau ada masalah yang memang harus diperbaiki.



    Klick ketiga Tombl Check untuk melakukan Request diagnosa. Seperti informasi yang dicantumkan Webmaster Yandex Tools mememerlukan paling tidak 14 hari untuk melakukan pemeriksaan, kita tunggu saja setelah selesai mendiagnosa kita akan mendapatkan laporan dari Team Webmaster Tools Yandex melalui pesan email. 



    Langkah selanjutnya adalah membuat Sitemap Blog, yang bertujuan agar seluruh konten yang ada pada blog kita dikenali dan terikdeks dengan sempurna. Pilih Menu Indexing, kemudian pilih sub menu Sitemap Files.



    Pada kolom Input Add Sitemap File masukkan URL Blog dengan tambahan kode sitemap.xml diujung URL kemudian klick Add untuk menambahkan. 



    Sampai disini Kita sudah berhasil membuat Sitemap File, langkah selanjutnya adalah melakukan check status URL Blog kita apakah benar-benar sudah terindex.


    Pilih menu Indexing kemudian pilih submenu Check URL Status, pada kolom Input Check URL Status masukkan URL Blog kalian kemudian klick Check. 



    Hasilnya seperti tampak pada Screeshot di bawah ini sudah dapat dipastikan URL Domaian Blog kita berhasil terdaftar dan terindex di mesin pencari Yandex.



    Untuk mengaktifkan pesan pemberitahuan update atau laporan kesalahan pelacakan melalui email. Pada halaman Summary disamping Kolom Input alamat email Klick Subcribe




    Lakukan juga pengecekan Sitemap File yang sebelumnya sudah dibuat melalui sub menu Sitemap Validator yang berada pada menu Tools. Masukkan URL Sitemap kemudian klick Check.



    Akan muncul laporan hasil check Valdiasi Sitemap, itu tandanya kita telah berhasil membuat Sitemap File Blog kita pada Webmaster Yandex Tools. 



    Untuk mendaftarkan Blog lainnya yang belum terdaftar dalam Webmaster Yandex Tools Klick menu Plus pada Halaman Home Page Yandex Webmsater. 



    Seperti langkah awal yang sudah Admin jelaskan di atas, daftarkan Blog menggunakan Alamat URL, buat SiteMap dan lakukan pengecekan Status Index URL dan Validasi Sitemap. Pada tutorial selanjutnya Admin akan membahas Cara Melakukan Submite Postingan Blog pada Yandex Webmaster Tools

    Demikianlah Tutorial Cara Mendaftarkan Blog ke Yandex Webmaster Tools, semoga bermanfaat bantu suport Blog Tutorial Online dengan cara Share kepada teman-teman kalian. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.
    Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News
    Artikel Terkait: