Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tool

Melanjutkan Tutorial Sebelumnya Tutorial Cara Membuat Meta Description Blog, pada kesempatan ini Admin akan berbagi cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool. Sebelum kita melanjutkan mari kita ketahui dulu apa sie fungsinya mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tool?

Google Webmaster Tool adalah salah satu website milik google yang menyediakan layanan bagi para blogger untuk mengelola kesehatan blog. Jadi dengan bergabungnya seorang blogger yaitu dengan mendaftarkan blognya ke Google Webmaster Tool akan mendapatkan informasi-informasi penting seputar kesehatan blog. Tidak hanya makhluk hidup ya sobat blogger yang perlu diusahakan dan dijaga kesehatannya, akan tetapi sebuah blog juga harus diusakan kesehatan dan performanya agar blog tersebut mampu beradaptasi dan bersaing di dunia maya pembloggeran. Google Webmaster Tool juga selain berfungi untuk mengecek kesehatan blog ada tidaknya kode HTML blog yang eror atau tidak sesuai, juga sebagai tempat untuk mengindex konten atau artikel sebuah blog agar masuk ke dalam daftar pustaka mesin pencarian google. Dengan terindexnya konten blog secara otomatis akan membuat konten mudah dikenali dan ditampilkan dalam hasil pencarian user google. Tentunya hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap trafik pengunjung blog.

Sekilas kita sudah tau apa fungsi Google Webmaster Tool, sekarang tiba saatnya kita mulai cara mendaftarkan blog kita ke Google Webmaster Tool.

Langkah pertama Ketikkan kata "Google Webmaster Tool" pada tab pencarian browser seperti gambar berikut ini:



Akan tampil hasil pencarian yang berkaitan dengan kata kunci Google Webmaster Tool, langsung saja menuju situs resminya Pilih dan Click Webmaster Tools. Maka kita akan dibawa ke form pendaftaran login




Login dengan Acount Google yang digunakan untuk membuat Blog, apabila belum muncul pada tab login otomatis, maka bisa klick tombol tanda panah kecil disebelah alamat email lalu masukkan emailnya, Klick Berikutnya.



Seperti gambar di atas kita sudah dibawa ke halaman Google Webmaster Tools, saatnya memulai pendaftaran klick Star Now. Kita akan disambut dalam halaman baru "selamat datang di Google Search Consule"



Masukkan alamat website sobat blogger pada kolom Situs URL



Setelah memasukkan alamat URL Blog, Kemudian Klick Tambahkan Properti



Secara outomatis status kepemilikan Blog akan terverifikasi, Kemudian Klick Buka Properti dan kita akan dibawa pada halaman Google Search Consule Klick OK



Kemudian Klick Menu Setelan, maka akan tampil Popup Verifikasi Kepemilikan sukses, pada menu sembulan Setelah Klick OK



Pada halaman Setelan, Pilih dan Clik Tag HTML



Akan Muncul Kode HTML Tag, Copy Kodenya (Kode HTML Blog Biru)



Setelah kita Copy jangan dulu click Verifikasi, Langkah selanjutnyay login ke Blogger, kemudian masuk ke menu Theme, click Edit HTML




Pastekan (letakkan) kode HTML Tag yang sudah kita copy sebelumnya ke Area Kode HTML di bawah kode kemudian Klick Save jika kurang jelas bisa melihat contoh gambar di atas. Kemudian Kembali ke halaman pendaftaran Gogle Search Consule.


Setelah kita meletakkan kode HTML pada Theme Blog, klick Verifikasi. Sampai disini kita sudah berhasil mendaftarkan dan memverifikasi blog kita ke Google Webmaster Tools.



Demikian tutorial cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools (Google Search Consule), semoga mudah dimengerti dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Ingin berlangganan Notifikasi Update Postingan Terbaru? Silahkan Gabung Berbagi Tutorial Online WhatsApp Grup atau Follow Berbagi Tutorial On Google News. Yuk...Subscribe Channel Youtube Berbagi Tutorial Online bagi Kalian yang suka dengan Tutorial dalam bentuk Rekaman Video.